FAQ

Apa manfaat dari olahraga diving?

Manfaat Rekreasi :
Mungkin anda sudah pernah menikmati keindahan panorama ditempat-tempat seperti pegunungan, pantai, lereng bukit, padang pasir, hutan belantara, namun belum lah dasar laut yang begitu indahnya. Dengan kemampuan SCUBA DIVING, anda akan bebas menjelajahi dunia bawah air yang begitu mengagumkan, dari mulai menjelajahi kapal karam (shipwreck), gugusan karang yang ditumbuhi coral aneka warna, aneka warna terumbu karang, berenang dikedalaman laut bersama kumpulan ikan dsb. Scuba Diving akan membawa anda pada pengalaman ke dunia baru, mahluk hidup beraneka ragam, serta tekstur alam yang menakjubkan.

Manfaat Relasi :
Siapa bilang hobby diving adalah hobby individu?. Diver juga memiliki komunitas dan komunitas tersebut pastilah ada di kota anda, tentunya keterampilan anda ber-scuba-diving akan menambah pertemanan. Anda akan bertemu dengan para penghoby diving dari seluruh penjuru dunia.

Manfaat Kesehatan :
Tentu saja bergerak didalam air lebih berat dari pada diluar hal ini dikarenakan air lebih berat dari udara. Jika Anda seorang perenang, anda pasti tahu bahwa berenang membangun otot-otot di bahu dan paha sedangkan diving seluruh tubuh anda berada didalam air, bergerak didalam air akan melatih membangun otot-otot seluruh tubuh kita.

Olahraga scuba diving banyak hubungannya dengan pernapasan, seperti dalam kondisi mengambang dikedalaman air (neutral bouyancy) anda akan merasakan tubuh terangkat ketika anda menarik napas dan tubuh terasa turun ketika anda menghembuskan nafas. Hal ini dikarenakan paru anda akan berfungsi seperti pelampung alami anda untuk kontrol daya apung tubuh anda. Ketika anda keluar dari dalam air, pernafasan anda akan terasa sangat lega. Pernafasan yang baik akan membuat paru anda menjadi lebih sehat.

Manfaat paling penting adalah ketenangan jiwa. Siapa di dunia ini yang tidak stress? Penelitian telah menunjukkan bahwa melihat ikan di akuarium membantu bersantai dan menghilangkan stres. Bayangkan dalam satu akuarium besar yaitu laut dan anda berenang dengan semua kehidupan didalamnya. Ketenangan anda dalam berolahraga sambil menikmati keindahan pemandangan bawah laut dapat menurunkan tingkat stress anda akibat kesibukan sehari-hari.

Apakah beresiko olahraga diving ?

Hampir semua aktifitas kehidupan mengandung resiko tinggi, seperti naik sepeda motor di jalan raya, menyebrang jalan raya, bahkan sepakbola pun rawan cedera. Semua aktifitas dalam kehidupan memiliki resiko cedera yang tinggi oleh karena itu untuk menghindari serta meminimalkan resiko kecelakaan/cedera maka dapat dilakukan dengan tindakan pencegahan dalam melakukan aktifitas tersebut. Demikian pula dengan aktifitas menyelam, anda diwajibkan memahami hal-hal dasar yang berkaitan dengan resiko penyelaman beserta pencegahannya.

Kondisi tubuh yang tak layak (gejala flu, batuk, kurang tidur dll) untuk menyelam dapat menjadi sumber yang menyebabkan hal-hal yang membahayakan saat penyelaman. Instruktur anda akan menjelaskan hal-hal penting yang harus anda siapkan berkaitan dengan kondisi yang layak untuk menyelam (download form tes kesehatan diver).

Gambaran singkat dari resiko penyelaman adalah berkaitan dengan perubahan tekanan saat turun dan naik terhadap rongga-rongga udara didalam tubuh, dimana bila tidak dilakukan dengan benar dapat menyebabkan SQUEEZE dan pengembangan yang mengakibatkan luka pada jaringan tubuh. Selain itu juga menyebabkan resiko terbentuknya gelembung udara dalam sistem tubuh peselam (DEKOMPRESI) saat naik kepermukaan.

Penyelaman di laut perlu dipertimbangkan kondisi lingkungan seperti gelombang ombak, arus air, kondisi jarak pandang (visibility), aneka kehidupan bawah air yang dapat menyebabkan bahaya atau melukai anda dan resiko-resiko lainnya. Untuk penyelaman dikedalaman 5 meter anda tidak perlu kuatir terhadap resiko-resiko tersebut diatas. Apalagi ketemu hiu di kolam renang? mungkinkah? Ayo buruan coba belajar scuba diving bersama teman-teman.

Siapa saja yang bisa ikut SCUBA diving?

Baik laki-laki atau perempuan asalkan memenuhi syarat dibawah ini :
  1. Sebaiknya umur diatas 15 tahun.
  2. Sehat jasmani dan rohani, sebaiknya konsultasikan kondisi kesehatan anda apakah layak untuk diving kepada dokter pribadi anda.
  3. Stamina yang prima (tidak kelelahan, kurang tidur, dan tidak sakit).
  4. Memiliki ketrampilan atau kemampuan dasar air seperti berenang. 
  5. Tidak memiliki trauma terhadap air.
  6. Bebas narkoba 2 tahun terakhir.
Susahkah belajar SCUBA diving?

Untuk memulai belajar maupun kursus diving tidaklah mahal (silahkan baca harga belajar diving dan harga diving course), hanya saja perlu sedikit meluangkan waktu anda. Untuk mengikuti kursus selam/diving course, tidaklah rumit seperti banyak dibayangkan orang. Diving course dapat anda tempuh hanya dalam waktu 2 hari 1 malam (2H1M) saja dalam sebuah liburan akhir pekan di Pasir Putih Situbondo, dimana anda akan menjalani akhir kursus diving yang sesuai dengan standard kurikulum internasional. Sedangkan untuk PAP dan LKK dapat anda jalani setiap hari sepulang kerja. Setelah anda lulus menjadi seorang Certified Scuba Diver maka anda siap untuk memulai petualangan baru anda yaitu menyelam ditempat yang anda hendaki dimanapun diseluruh penjuru dunia. Belajar Menyelam sama sekali tidak sulit, ibarat kita belajar mengendarai sebuah mobil. Awalnya pasti sedikit menakutkan, namun akhirnya begitu menyenangkan. Kita hanya perlu sedikit waktu untuk menyesuaikan diri dengan dunia bawah air dengan peralatan SCUBA.

Mahalkah olahraga diving?

Semua aktifitas memerlukan biaya yang besarnya tergantung dari seberapa antusias anda menjalankannya. Demikian juga Scuba Diving yang memerlukan biaya yang setara dengan kegiatan-kegiatan yang lain seperti Tennis, Bulu tangkis, Off Road, Fitness, Golf, Air Soft Gun, Surfing, dll. Yang pasti, Scuba Diving akan membawa banyak manfaat dalam kehidupan anda sehari-hari. Worth it dengan apa yang anda investasikan.

Apakah saya harus menjadi seorang atlit untuk kursus SCUBA diving?

Kesehatan yang baik jelas diperlukan, orang sakit tentu tidak boleh menyelam namun stamina prima seperti atlet jelas sama sekali tidak diperlukan. Kita adalah fun diver, tidak memerlukan stamina yang luar biasa untuk belajar diving. Jika anda mampu berjalan kaki sejauh 1,6 km dalam waktu kurang dari 20 menit, berarti anda sudah tergolong orang yang sehat dan memenuhi persyaratan untuk mengikuti pelatihan Scuba Diving.

Saya seorang wanita dengan tubuh yang kecil, apakah tidak bermasalah untuk diving?

Kenapa tidak? Cewek atau cowok berpotensi untuk belajar menyelam. Seorang diver wanita pada satu sisi lebih menguntungkan dibanding pria, rata-rata (average) diver wanita bisa menggunakan udara tangki jauh lebih irit ketimbang pria, oleh karena itu biasanya kaum wanita bisa menyelam lebih lama ketimbang pria. Secara fisiologis, satu-satunya kondisi yang melarang seorang wanita untuk menyelam scuba adalah kondisi kehamilan (Pregnancy). Di Jepang, berdasarkan data statistik menyebutkan bahwa penyelam wanita disana lebih mendominasi ketimbang penyelam pria. Peralatan diving yang berat akan terasa seperti mengangkat rangsel sekolah ketika kita pakai diluar air namun terasa jauh lebih ringan lagi ketika kita didalam air.

Telinga saya terasa sakit ketika saya berenang ke dasar kolam renang?

Itu adalah gejala yang normal, sebagai efek daripada perubahan tekanan air. Tubuh manusia dapat menyesuaikan diri terhadap perubahan tekanan udara didalam rongga telinga, sehingga kita dapat menyelam di dalam air tanpa mengalami rasa sakit sedikit pun. Kita hanya perlu belajar, bagaimana caranya melakukan ekualisasi tekanan dalam telinga sehingga kita tidak mengalami rasa sakit sedikit pun sewaktu menyelam. Jangan sekali-sekali menggunakan penutup telinga ketika anda berenang ke dasar kolam renang.

Bagaimana dengan keganasan hiu?

Hahahahaha .... Tentu saja tidak ada ikan hiu di kolam renang. Namun bagaimana dengan dilaut? Apakah anda pernah mendengar seorang penyelam dimakan oleh ikan Hiu? Keganasan ikan hiu yang anda ketahui hanyalah untuk konsumsi di televisi. Memang ada berita tentang kejadian bahwa penyelam dimakan ikan hiu, namun kejadian tersebut sangatlah jarang terjadi. Biasanya serangan ikan hiu terjadi pada aktifitas  peselam yang memberi makan kepada ikan hiu, atau melakukan spear fishing (menembak ikan dengan peralatan spear gun/senapan khusus dalam air), dimana darah yang dikeluarkan ikan yang tertembak akan merangsang selera makan ikan hiu. Kejadian-kejadian shark attack juga umumnya hanya terjadi di daerah iklim sub-tropik, bukan di perairan tropis seperti di Indonesia. Justru yang selalu kami alami adalah bila para peselam melihat ikan hiu melintas tiba -tiba ikan hiu tersebut sudah menghilang ditelan birunya air laut.

Seberapa dalam kita menyelam?

Untuk belajar diving di kolam renang kita hanya mencapai kedalaman 5 meter saja. Sedangkan untuk fun diving, kedalaman maksimal absolut seorang adalah 40 meter atau 130 feet. Peselam pemula (One Star SCUBA Diver) dibatasi untuk tidak melebihi kedalaman 18 meter / 60 feet. Terlepas dari batas-batas kedalaman tersebut, biasanya coral dengan warna warni yang indah dan terang sudah didapatkan pada kedalaman rata-rata 18 meter saja.

Bagaimana bila saya berkacamata minus dan ingin menyelam?

Ada 3 alternatif bagi para penderita mata minus yang hendak mengikuti Diving Course yaitu :
  1. Bila minusnya tidak cukup besar, artinya anda masih dapat melihat normal dalam jarak yang dekat, maka anda dapat mengabaikan mata minus anda selama menyelam. 
  2. Menggunakan Soft Lens, tentunya dalam membuka mask dibawah air nanti anda harus extra hati-hati dan memejamkan mata anda. 
  3. Menggunakan correction lens pada Mask anda, hubungi Dive Shop anda untuk mendapatkan corretion lens khusus untuk kaca masker anda.
Bagaimana bila saya tidak mahir berenang tapi ingin belajar diving?

Anda dapat mencoba program belajar diving dahulu sebelum mengambil kursus diving, untuk sekedar belajar diving minimal anda bisa berenang satu gaya. Sambil berjalannya waktu anda dapat belajar berenang bersama kami. Ikutlah kursus diving bila anda sudah percaya diri pada kemampuan dasar berenang anda. Untuk kursus diving minimal anda memiliki kemampuan dasar air yaitu berenang 200 meter nonstop, berenang sejauh 12 meter dibawah air (apnea) dan mengapung diatas air minimal 10 menit tanpa bantua alat.

Apa beda paket belajar diving dengan paket kursus diving?

Belajar diving dikhususkan bagi anda yang hanya ingin sekedar mencoba untuk :
  1. Rekreasi dalam kota yang murah melepas kejenuhan karena aktifitas harian yang monoton bersama para teman sekolah, kuliah ataupun teman kerja.
  2. Sudah pernah futsal, berenang, hiking, gowes, flying-fox, panjat tebing, crafting, saatnya sekarang coba scuba diving.
  3. Melatih kekompakan dengan tim kerja atau teman-teman sekolah dan kuliah.
Kursus diving dikhususkan bagi anda yang memang ingin untuk :
  1. Menjadi seorang SCUBA diver.
  2. Mengunjungi taman wisata laut dive resort untuk fun-dive.
  3. Ingin menikmati keindahan panorama laut lebih dari kedalaman 5 meter.
  4. Menekuni olahraga selam.
Bagaimana bila saya tinggal di luar Surabaya, akan sangat susah untuk mengikuti PAP dan LKK di Surabaya?

Saat ini memang banyak diving club yang menawarkan kemudahan bagi anda yang tidak bisa meluangkan waktu untuk mengikuti PAP dan LKK. Namun bagi kami syarat kelulusan yaitu mengikuti seluruh kegiatan PAP dan LKK adalah mutlak harus diikuti. Kami akan selalu bantu mengatur jadwal se-fleksibel waktu anda. Keselamatan jiwa anda adalah perhatian utama kami.

Mengapa memilih LPT di lokasi Pasir Putih Situbondo?

Tidak ada keharusan melaksanakan LPT di Pasir Putih Situbondo, anda dapat melakukan LPT di tempat selain Pasir Putih. Silahkan hubungi kami kapan saja.

Banyak Dive Center yang memberikan kemudahan dan kemurahan pada kursus diving, mengapa kami tidak?

Pilihan ada pada anda. Buat kami keselamatan anda nomer satu.

Bagaimana cara bertransaksi di www.scubadivingsurabaya.com?

Untuk lebih jelasnya anda dapat klik link berikut ini : Cara Pembayaran.

Apakah uang yang kami bayarkan via transfer dijamin 100% tidak hilang?

Hahahahahahaha..... pertanyaan ini pasti muncul dibenak anda!. Kami jamin 100% tidak hilang, kami pengelola www.scubadivingsurabaya.com exist seperti yang tertulis di website ini (tentang kami).