Jumat, 20 April 2012

Sertifikasi Open Water Scuba Diving

Scuba Diving - Jika anda ingin mencoba scuba diving atau bahkan menjadi seorang penyelam maka sebaiknya anda mengikuti Program Sertifikasi Open Water terlebih dahulu. Sertifikasi open water atau biasa disebut sebagai kursus selam (sertifikasi diving) adalah rangkaian aktifitas pelatihan untuk menjadi seorang penyelam bersertifikat dengan standar internasional. Saat ini sudah banyak Badan Sertifikasi Scuba Diving yang menawarkan untuk pelatihan keterampilan dan standar operasional prosedur yang dibutuhkan untuk menyelam dengan aman secara mandiri. Aktifitas menyelam mandiri adalah menyelam tidak bersama penyelam profesional/dive master (bukan diartikan dengan berangkat menyelam sendirian). Artikel ini akan membahas inti dari materi yang diajarkan ketika anda mengikuti Sertifikasi Open Water Scuba Diver tahap awal di badan sertifikasi diving manapun.

Sertifikasi Open Water / Latihan Perairan Terbuka
Setiap lembaga sertifikasi scuba diving memiliki gaya pelatihan yang berbeda-beda. Ada yang santai tapi serius seperti Program Kursus Diving yang kami miliki dan ada juga yang sangat serius. Tetapi pada intinya semua lembaga tersebut mengajarkan materi yang mirip dan untuk tahapan sertifikasi open water lebih terfokus pada keterampilan dasar menyelam. Berikut ini materi umum praktek dan pelatihan yang selalu diajarkan pada Sertifikasi Open Water Diver :
Persiapan Open Water
  1. Teknik snorkeling dan free diving.
  2. Membuat perencanaan penyelaman tanpa dekompresi.
  3. Perakitan peralatan scuba untuk persiapan menyelam. 
  4. Pembongkaran dan perawatan peralatan scuba pasca menyelam.
  5. Prosedur buddy system untuk pemeriksaan keselamatan sebelum menyelam. Pastikan bahwa anda dan buddy telah bekerjasama dengan baik untuk memeriksa semua peralatan scuba satu sama lain telah terpasang dengan benar dan berfungsi dengan baik.
  6. Hands signal standar untuk digunakan komunikasi dibawah air dengan buddy terutama untuk kondisi darurat.
  7. Metode water entry - Metode Wading Entry, Metode Giant Stride, Metode Backroll dll.
  8. Regulator Clearing - Teknik untuk melepas regulator anda dibawah air.
  9. Masker Clearing - Teknik untuk membersihkan masker dari pengembunan lensa di bagian dalam masker ketika di bawah air.
  10. Penggunaan sumber udara alternatif (octopus) milik Buddy. Skenario untuk kerusakan alat regulator ketika di bawah air mulai dari hand signal kepada buddy, mengambil octopus milik buddy dan naik kepermukaan bersama buddy dengan aman.
  11. Buddy Breathing - Pernapasan bersama buddy dengan satu sumber udara (moutpiece atau octopus). Simulasi situasi darurat untuk berlajar berbagi satu sumber udara dengan buddy dan belajar untuk naik dengan aman saat melakukan buddy breathing.
  12. Bouyancy Control - Teknik untuk mengatur daya apung ketika di dalam air dengan menggunakan BCD (Bouyancy Compensator Device) dan tanpa BCD/secara alamiah ketika situasi inflator tidak berfungsi dengan baik.
Wading Entry
Ikuti Program Belajar Diving dan Sertifikasi Open Water Scuba Diver di Surabaya. Dapatkan internasional sertifikat diving dan kemampuan menemukan kenyamanan menyelam ketika dibawah air.


Jika artikel ini bermanfaat, silahkan isikan alamat email Anda untuk berlangganan artikel scubadivingsurabaya.com secara gratis melalui email :


0 comments:

Posting Komentar

Komentar anda akan dimoderasi oleh admin.