Minggu, 15 April 2018

Nudibranch, Siput Laut, Sapi Laut atau Kelinci Laut

PADI Underwater Macro Photography - Hewan ini memiliki banyak nama bagi scuba divers khususnya sangat disukai oleh penyelam yang menyukai underwater macro photography karena tubuhnya berwarna-warni. Badannya yang lunak menyebabkan mereka digolongkan ke dalam gastropoda molusca. Ada yang menyebut siput laut tanpa cangkang, ada yang menyebut juga sapi laut karena ada jenis spesiesnya yang berwarna putih dengan corak hitam dan tentakelnya tampak seperti tanduk sapi (Trapania euryeia), ada juga yang menyebut kelinci laut atau sea rabit karena berbulu putih corak hitam dan tentakelnya tampak seperti telinga kelinci (Jorunna parva). Tapi nama aslinya adalah Nudibranch dari bahasa latin NUDUS artinya telanjang dan bahasa Yunani BRANKHIA artinya insang yaitu kelompok hewan bawah laut yang memiliki insang tampak mata alias diluar tubuh mereka.

Jorunna Parva (Baba 1938)


Keunikan dan hewan ini adalah memiliki tentakel yang sangat sensitif terhadap sentuhan, rasa, dan bau. Hermaprodite alias berkelamin ganda dan bertelur (sering kali telur ditata melingkar seperti spiral di karang). Karnivora dan kanibal, memakan hewan seperti spons, anemon, hydroid, teritip, telur nudibranch lain, dan berbagai organisme mikro lain. Bahkan juga memakan sesama jenisnya. Nudibranch melumat mangsanya dengan lidah bergerigi tajam yang disebut radula.

Trapania Reticulata (Rudman, 1987)
Ada 2 jenis Nudibranch yaitu jenis Dorid Nudibranch dan jenis Aeolid Nudibranchs (lebih dikenal dengan nama flabellina). Gambar berikut ini adalah anatomi dari 2 jenis Nudibranch yang disebut diatas (disadur dari artikel di seaslug.org.uk).

Anatomi Dorid Nudibranch
Rhinophores adalah sepasang tentakel dibagian kepala sebagai sensor, terdiri dari 2 kata dari bahasa Yunani yaitu RHINO = hidung dan PHORE = pembawa jadi artinya organ sebagai sensor bau zat kimia di air laut sekitar mereka. Untuk jenis Dorid bisa menarik rhinophores masuk ke kepala untuk berkamuflase dari predator.

Mantle diseluruh bagian tubuh jenis dorid, motif dan warna mantle sering kali digunakan untuk mengidentifikasi jenis species Dorid tersebut dan bisa mengeluarkan senyawa kimia untuk pertahanan diri dari predator.

Anatomi Aeloid Nudibranch / Flabellina
Gills dan Cerata adalah insang sebagai organ pernafasan yang paling penting walaupun pertukaran gas juga terjadi dari seluruh permukaan tubuh. Gills pada Dorids berada di dekat anus mirip seperti bulu dengan warna berbeda tiap spesies. Gills pada beberap Dorids bisa disembunyikan masuk ke badan dan ada yang juga tidak bisa disembunyikan. Cerata pada Flabellina berfungsi sama dengan Gills di Dorids.

Oral Veil dan Oral Tentacle adalah tentakel dibagian mulut yang berfungsi untuk mengidentifikasi makanan berdasarkan rasa dan sentuhan. Ada beberapa species seperti Dendronotus frondosus memiliki oral veil bercabang

Bagi anda penyelam scuba yang ada di Surabaya dan sekitar untuk belajar underwater macro photography terdekat ada di laut Pasir Putih Situbondo. Anda bisa mengambil Program kursus PADI Underwater Macro Photography bersama kami yang terdiri dari :

  • Kelas Teori - 2 jam di Surabaya 
  • Kelas Workshop - 2 sd. 4 jam di Surabaya
  • Kelas Laut - One Day Trip 3 dives di Pasir Putih Situbondo
Apa saja yang dibutuhkan untuk ikut kursus PADI Underwater Macro Photography bersama kami :
  • Anda sudah memiliki Diver lisensi yang berlaku internasional minimal PADI Open Water Diver atau dari agensi lain (SSI, POSSI CMAS, RAID dsbnya) yang setara.
  • Menguasai teknik Peak Performance Buoyancy.
  • Sebaiknya sudah memiliki Dive Computer (tidak wajib)
Apakah Anda harus memiliki Camera Underwater lengkap sebelum mengikuti kursus PADI Underwater Macro Photography?
  • Jika Anda sudah memiliki full set camera underwater itu baik 
  • Tapi jika belum kami akan menyediakan semua secara lengkap (camera underwater, macro wetlens hingga strobes (double or single)
Berapa minimum jumlah peserta di kelas kursus PADI Underwater Macro Photography
  • Minimum 1 diver dan maksimum 3 divers.
  • Jumlah peserta sedikit membuat proses pengajaran sangat efektif.

Berikut adalah foto - foto Nudibranch yang ada di Dive Spot Pasir Putih Situbondo hasil jepretan PADI instruktur kami.

Phyllidiella Pustulosa (Cuvier, 1804)

Goniobranchus Fidelis 

Pteraeolidia Semperi (Bergh, 1870)

Hypselodoris Maculosa (Pease, 1871)

Tenellia Sibogae (Berg, 1905)

Goniobranchus Coi (Risbec 1956)

Goniobranchus Reticulatus (Quoy & Gaimard, 1832)

Goniobranchus Kuniei (Pruvot-Fol, 1930)

Dermatobranchus Ornatus (Bergh, 1888)

Glossodoris Cincta (Bergh, 1888)

Trapania Reticulata (Rudman, 1987)

Thorunna Halourga (Johnson R.F & Gosliner, 2001)

Pteraeolidia Semperi (Bergh, 1870)

Notodoris Serenae / Aegires Serenae (Gosliner & Bahrens, 1997)

Add caption

Goniobranchus Geometricus (Risbec 1928)

Flabellina sp.

Tenellia Sibogae (Berg, 1905)
Untuk tanya jawab dan konsultasi langsung tentang program kursus PADI Underwater Macro Photography silahkan hubungi via phone atau whatsapp dengan sdr. Deddy (08113307034).

#BeDiver
Twitter Follow us @ScubaSby
Facebook Page Belajar Diving Surabaya 
Instagram @ScubaDivingSurabaya

Jika artikel ini bermanfaat, silahkan isikan alamat email Anda untuk berlangganan artikel scubadivingsurabaya.com secara gratis melalui email :

0 comments:

Posting Komentar

Komentar anda akan dimoderasi oleh admin.