Selasa, 17 Oktober 2017

Kapan Waktunya Mengambil Kursus PADI Rescue Diver

Kebanyakan setelah seorang diver merasa nyaman sebagai penyelam dan sudah mulai terbiasa pergi menyelam sendiri atau telah menemukan komunitas yang cocok dengan gaya pergaulannya sehingga mereka akan lebih sering menyelam lagi dimanapun tempatnya, saat itu biasanya mereka akan mempertimbangkan untuk mendapatkan kursus sebagai Rescue Diver. Mereka akan memperluas pengetahuan yang telah Mereka dapatkan dari kursus sebelumnya yaitu kursus PADI Open Water Diver dan kursus PADI Advanced Open Water Diver.

Indicator diatas masih kurang obyektif. Sebenarnya yang paling tepat untuk mengambil kursus PADI Rescue Diver adalah ketika seorang diver sudah lulus kursus PADI Advanced Open Water Diver Course dan setidaknya sudah memiliki 20-25 log. Lebih cepat akan lebih baik, bila perlu setelah selesai PADI Advanced Open Water Course dan telah menguasi teknik buoyancy hingga Peak Performance Buoyancy dengan weightless.

Instruktur PADI kami akan selalu menawarkan setiap diver untuk mengambil kursus PADI Rescue Diver Course langsung ketika mereka baru saja selesai kursus PADI Advanced Open Water Course. Apakah ini tentang teknik penjualan kursus saja? jawaban adalah ini masalah keselamatan Anda. Ingat Emergency Situation comes without knock the door, kondisi darurat terjadi bisa kapan saja sewaktu-waktu terjadi tanpa peringatan lebih dulu. Jadi yang terbaik adalah melatih Anda skill penyelamatan diri (self-rescue) dan memberi wawasan Anda untuk mendeteksi dan mengenali masalah serta membiasakan diri Anda untuk peduli pada keamanan.

Menjadi Rescue Diver sering digambarkan sebagai tanggungjawab berat sebagai diver penyelamat dimana akan selalu menjaga memiliki tugas tambahan menjaga diver lain. Ini adalah pemahaman salah kaprah, justru dengan Anda mengikuti kursus PADI Rescue Diver adalah Anda mempersiapkan diri Anda sendiri dari bahaya yang ditimbulkan oleh orang lain. Siapkah Anda jika tiba-tiba ada diver yang tidak Anda kenali mendekat dari belakang dan mengambil alternate air source milik Anda dalam kondisi diver tersebut panik sehingga tergesa-gesa ? atau ekstreme nya adalah dengan panik dia mengambil primary second stage regulator yang sedang Anda gunakan? Atau Siapkah Anda ketika di surface ada diver yang tiba - tiba dari belakang menaiki Anda karena dia tidak bisa mengembungkan BCD-nya sendiri?


Program PADI Rescue Diver Course akan mengajarkan Anda banyak hal, termasuk penyebab utama dari diver stress dan akan menyebabkan keadaan darurat, bagaimana mengenali jika ada diver yang membutuhkan bantuan, bagaimana mengelola situasi darurat, prosedur penyelamatan menyelam, bagaimana cara mengobati luka dengan persediaan pertolongan pertama dan peralatan penyelamatan seadanya, dan bagaimana menjaga diri Anda tetap di zona aman ketika ada situasi darurat.

Dijamin ketika Anda lulus PADI Rescue Diver Course maka Anda akan lebih percaya diri ketika diving dan membuat Anda lebih perhatian terhadap keamanan menyelam (safety dive). Anda memiliki kebiasaan lebih bagus dan Anda akan lebih paham resiko - resiko tentang diving. Mengantisipasi dan menyiapkan diri dari segala hal terjadinya kondisi darurat adalah lebih baik daripada mengelola kecelakaan yang sudah terjadi.

#BeDiver
Twitter Follow us @ScubaSby
Facebook Page Belajar Diving Surabaya 
Instagram @ScubaDivingSurabaya

Jika artikel ini bermanfaat, silahkan isikan alamat email Anda untuk berlangganan artikel scubadivingsurabaya.com secara gratis melalui email :

0 comments:

Posting Komentar

Komentar anda akan dimoderasi oleh admin.