Selasa, 17 Oktober 2017

Kursus PADI Rescue Diver di Surabaya

Scuba Diving Surabaya Academy sebagai PADI Dive Center resmi yang berada di kota Surabaya memiliki program kursus PADI Rescue Diver. Tujuan utama Program Kursus PADI Rescue Diver adalah meningkatkan kepercayaan diri diver ketika di air, memberikan pemahaman tentang safety dive, dan bagaimana menghadapi keadaan darurat yang mungkin terjadi secara tiba-tiba.

Kursus ini terdiri dari 3 tahapan yaitu tahap pertama kelas teori selama 6 jam dan dilanjutkan dengan ujian tulis (closed book). Tahap kedua adalah kelas kolam untuk mempraktekan 9 skills dengan berbagai skenario dan dilanjutkan dengan ujian praktek 3 skenario. Tahap ketiga adalah Open water atau ujian laut untuk praktek skenario emergency dari awal hingga akhir langsung di laut.


Diver akan dipaksa fokus di berbagai skenario dan keterampilan memecahkan masalah. Bekerja sebagai sebuah tim adalah suatu keharusan dan diver diperkenalkan beberapa peralatan baru seperti pocket mask dan emergency Oxygen sehingga membuka mata kita ke hal baru. Biarpun kursus PADI Rescue Diver ini dilakukan dengan konsentrasi dan kerja keras, sangat digaransi para diver tetap bisa mengikuti dengan senang, memainkan berbagai peran (Penyelamat atau korban) di setiap skenario baik dipermukaan air maupun di dalam air.

Salah satu elemen kunci dari kursus ini adalah belajar bagaimana menyelamatkan penyelam yang tidak responsif, memberikan napas bantuan dan melepaskan peralatan saat keluar dari air ke boat atau ke pantai. Diver akan mempraktikkan setiap skenario berulang-ulang sampai semua teknik dilakukan dengan benar dan diakhiri dengan diskusi santai tentang potensi masalah yang bisa muncul dari keteledoran.

Siapa saja yang seharusnya mengambil kursus PADI Rescue Diver ?

Para lulusan PADI Rescue Diver Course selalu menceritakan bahwa kursus level ini adalah kursus paling menantang namun paling bermanfaat yang pernah mereka lakukan. Mengapa? Karena Anda belajar mencegah dan mengelola permasalahan di permukaan air maupun di dalam air, Anda akan menjadi lebih percaya diri, dan Anda dapat membantu orang lain jika dibutuhkan.

Selama kursus, Anda belajar menjadi Buddy yang baik dan terlatih mempraktekkan keterampilan mendeteksi dan memecahkan masalah berulang kali hingga menjadi bagian dari kebiasaan Anda. Kursus ini berjalan dengan sangat menyenangkan - serius, namun tetap fokus dan banyak tawa dan canda di waktu pembelajaran.


Diver yang bisa mengambil kursus ini memiliki persyaratan sebagai berikut :
  1. Minimal PADI Advanced Open Water Diver (Junior) atau agency lain yang berusia minimal 12 tahun dan telah menyelesaikan Underwater Navigation Adventure Dive. 
  2. Anda juga harus sudah menjalani pelatihan BLS atau Emergency First Response Primary and Secondary Care (CPR and First Aid) dalam 24 bulan terakhir.
  3. Anda juga harus sudah memiliki lisensi tentang Emergency Oxygen Provide. 
Scuba Diving Surabaya Academy (SDS Academy) juga menyediakan program paket untuk no 2 dan 3 langsung jadi satu dengan PADI Rescue Diver Course atau program terpisah-pisah jika Anda sudah pernah mengikuti Kursus berlisensi internasional Basic Life Support dan Emergency Oxygen Provide.

Apa saja yang akan anda pelajari di Kursus PADI Rescue Diver Course ?

Program PADI Rescue Diver mempersiapkan Anda untuk menghadapi keadaan darurat atau emergency ketika penyelaman, baik kondisi darurat ringan maupun sangat bahaya dengan menggunakan berbagai teknik penyelesaian. Anda belajar apa yang harus dicari dan bagaimana meresponsnya setiap masalah dengan cara latihan skill dasar penyelamatan diri dan dikembangkan menjadi berbagai skenario berbahaya yang komplek, meliputi:
  1. Penyelamatan diri.
  2. Mendeteksi dan mengelola stres pada penyelam lainnya.
  3. Manajemen penggunaan peralatan darurat.
  4. Menyelamatkan penyelam yang panik.
  5. Menyelamatkan penyelam yang tidak responsif.
Peralatan selam apa yang akan Anda gunakan selama kursus PADI Rescue Diver ?

Anda akan menggunakan peralatan scuba standart dan hanya memerlukan pocket mask untuk berlatih nafas bantuan di permukaan air dan mengintegrasikan dengan Emergency Oxygen. Selama latihan Anda juga akan berlatih dengan menggunakan unit oksigen, pelampung, pelampung marker dan manekin CPR (resusitasi jantung dan paru). Instruktur PADI akan menjelaskan peralatan yang Anda butuhkan dan mungkin menyarankan perlengkapan tambahan, seperti P3k untuk pertolongan pertama yang harus Anda miliki sendiri, dan akan berguna sepanjang perjalanan menyelam Anda.

#BeDiver
Twitter Follow us @ScubaSby
Facebook Page Belajar Diving Surabaya 
Instagram @ScubaDivingSurabaya

Jika artikel ini bermanfaat, silahkan isikan alamat email Anda untuk berlangganan artikel scubadivingsurabaya.com secara gratis melalui email :

0 comments:

Posting Komentar

Komentar anda akan dimoderasi oleh admin.