Rabu, 11 Oktober 2017

10 Alasan Orangtua Bersertifikat EFR

Tidak peduli berapa banyak pengetahuan yang telah Anda baca - seminar yang Anda pernah anda ikuti, buku yang Anda sudah baca, artikel yang sudah anda dapatkan di google - semuanya belum benar-benar mempersiapkan Anda untuk menjadi orangtua.

Pengalaman sederhana seperti luka lutut akibat jatuh pada diri anda dan anda bisa membersihkan dan memperban sendiri, suatu saat bisa menjadi mimpi buruk saat terjadi pada anak anda sendiri. Pertanyaan akan terus datang. Berikut ini adalah 10 alasan setiap orangtua sebaiknya bersertifikat Basic Life Support / Emergency First Responder.


1. Percaya Diri Untuk Menolong - Pertolongan pertama yang terbaik adalah perawatan yang diberikan dengan tenang dan dengan percaya diri. Anda akan merasa mudah setelah Anda mengikuti Pelatihan EFR. Anda akan belajar metodologi dan langkah demi langkah untuk menilai situasi dan bertindak sesuai prosedur medis tanpa stres atau panik.

2. Penanganan Darurat - Apakah Anda tahu apa yang harus dilakukan dalam situasi darurat? Pelatihan EFR/BLS akan mempersiapkan Anda untuk menghadapi keadaan darurat medis baik ringan atau darurat hingga mengancam jiwa.

3. Pencegahan Kecelakaan - Survey di beberapa negara maju  lebih dari 3,4 juta anak mengalami cedera rumah tangga yang tidak disengaja setiap tahun, dimana 2.300 berakibat fatal.

4. Menurunkan Angka Statistik Cedera Fatal - Penyebab utama luka anak di rumah antara lain tersedak, mati lemas, tenggelam, terjatuh, kebakaran/luka bakar, senjata tajam dan keracunan. Apakah Anda tahu bagaimana menangani setiap situasi ini dan bisakah Anda melakukannya dengan tenang dan penuh percaya diri? Semua skenario ini akan dibahas selama kursus BLS/EFR. Anda akan belajar bagaimana bereaksi, bagaimana tetap tenang dan bagaimana memberikan langkah perawatan yang tepat.

5. Belajar Bersama - Mengapa tidak belajar bersama keluarga Anda? Program EFR tidak hanya untuk orang tua, belajar bersama anak-anak Anda dan berbagi pengalaman akan menjadi momen baik untuk pendidikan anak. Tidak hanya akan membangun ikatan antara Anda dengan anak, Anda juga bisa mempraktikkan keterampilan dan skenario di rumah. Pencegahan yang terbaik adalah mempersiapkan lingkungan anda dengan pengetahuan yang baik.

6. Cedera Yang Tidak Tampak - Tulang yang patah, luka memar bisa mudah dilihat, tahukah anda bagaimana cara menilai anak anda saat mereka sakit dan penyebabnya tidak begitu jelas? Di Pelatiham EFR, Anda akan belajar melakukan penilaian penyakit dan mengumpulkan informasi penting yang relevan untuk diteruskan ke pelayanan darurat medis.

7. Gunakan Peralatan yang Tepat - Apakah Anda memiliki peralatan untuk pertolongan pertama di rumah? Apakah Anda tahu apa yang ada di dalamnya dan bagaimana menggunakan masing-masing item? Selama pelatihan EFR, Anda akan mempelajari apa saja yang harus disertakan dalam alat bantu pertolongan pertama Anda dan penggunaan setiap item.



8. Di Luar Rumah - Keterampilan yang Anda pelajari selama kursus EFR Anda dapat diterapkan dalam berbagai situasi kehidupan nyata di dalam dan di luar rumah. Anda tidak akan selalu memiliki peralatan pertolongan pertama ketika terjadi kecelakaan. Tahukah Anda bahwa sebuah majalah bisa digunakan untuk membalut patah tulang? Atau t-shirt atau handuk bisa digunakan untuk menerapkan tekanan langsung pada pendarahan? Anda akan belajar berimprovisasi secara efektif ketika sumber daya dalam kondisi terbatas.

9. Belajar Prioritas Penanganan Kecelakaan - Bayangkan sebuah situasi di mana lebih dari satu orang terluka, atau satu orang memiliki banyak luka. Siapa atau apa yang akan Anda tangani lebih dulu? Pelatihan EFR akan mengajarkan cara mengevaluasi situasi dan bagaimana memprioritaskan apa yang harus dilakukan terlebih dahulu. Anda akan diajari bagaimana tetap tenang dan membuat keputusan penting ini.

10. Jangan diintimidasi - Pernahkah Anda memperhatikan alat yang bernama AED (Automatic External Defibrillators) di bandara pesawat udara, stasiun bus lokal atau di mal-mal? Apakah Anda tahu apa itu dan bagaimana memanfaatkan perangkat bantu pertolongan darurat ini? Pelatihan BLS Emergency First Response mengajarkan kapan dan bagaimana penggunaan AED, Instruktur EFR akan membuat berbagai skenario dalam pelatihan sehingga membuat anda menjadi tidak takut dan tidak ragu mengambil keputusan jika terjadi dalam kehidupan nyata langsung di depan anda.

Jika anda belum pernah mengikuti pelatihan BLS maka segera daftarkan diri anda pada pelatihan basic life support di Surabaya. Bahaya bisa datang kapan saja, dimana saja dan kepada siapa saja disekitar kita. Untuk lebih detail baca artikel Pelatihan Basic Life Support di Surabaya dan 5 alasan mengapa pengetahuan dasar tentang pertolongan pertama adalah penting.

#BeDiver
Twitter Follow us @ScubaSby
Facebook Page Belajar Diving Surabaya 
Instagram @ScubaDivingSurabaya

Jika artikel ini bermanfaat, silahkan isikan alamat email Anda untuk berlangganan artikel scubadivingsurabaya.com secara gratis melalui email :

0 comments:

Posting Komentar

Komentar anda akan dimoderasi oleh admin.