Rabu, 11 Oktober 2017

5 Alasan Mengapa Pengetahuan Pertolongan Pertama Penting

Artikel akan menjelaskan secara singkat tentang 5 alasan mengapa pengetahuan dan prosedur pertolongan pertama kecelakaan adalah penting. Ada banyak alasan mengapa orang tidak mengikuti program pelatihan Basic Life Support atau biasa dikenal dengan peltihan BLS yaitu
  1. Mereka terlalu sibuk
  2. Mereka tidak tahu lokasi pelatihan
  3. Mereka berpikir bahwa mereka sudah memiliki cukup pengetahuan, 
  4. Mereka berpikir bahwa kecelakaan terjadi pada orang lain bukan pada mereka atau teman, keluarga dan kolega mereka.
Coba tanyakan kepada orang yang telah memiliki sertifikat Basic Life Support bahwa Apakah penting mengikuti program pelatihan pertolongan pertama atau Basic Life Support? dan jawabannya adalah "Ya!". Memiliki pengetahuan dasar tentang pertolongan pertama sangat penting dan inilah 5 alasan mengapa.


Lebih Dari Sekedar Menyelamatkan Nyawa

Memang benar bahwa memiliki pengetahuan pertolongan pertama pasti untuk membantu menyelamatkan nyawa. Tidak selalu demikian, memberikan pertolongan pertama yang tepat dapat membantu mengurangi waktu pemulihan seseorang dan membuat perbedaan antara pasien yang memiliki cacat sementara atau jangka panjang (permanen). Anda akan belajar bagaimana tetap tenang dalam situasi darurat dan Anda akan belajar cara mengingat langkah-langkah yang perlu Anda ambil. Pelatihan Basic Life Support akan membuat Anda lebih percaya diri dan karena itu lebih efektif dan terkendali saat Anda melakukan tindakan pertolongan pertama pada korban kecelakaan di depan anda.

Memungkinkan Meningkatkan Kenyamanan Pasien.

Tidak semua korban kecelakaan, terluka atau sakit memerlukan perjalanan ke rumah sakit, namun bukan berarti cederanya tidak menimbulkan rasa sakit dan penderitaan pada korban. Seorang anak menangis karena siku yang memar atau merasa menderita ketika demam. Dengan mengetahui bagaimana melakukan tindakan - bahkan hanya dengan menggunakan teknik sederhana seperti menerapkan kompres es dengan benar, atau menggunakan perban yang sesuai, dapat membantu meringankan rasa sakit mereka. Anda juga akan memberikan dukungan emosional dengan tetap tenang yang akan membuat mereka merasa lebih aman dan mengurangi tingkat kecemasan dan ketakutan si korban atau keluarga korban. Hal ini akan membantu proses penanganan cedera yang benar.

Anda Mencegah Agar Situasi Tidak Menjadi Lebih Buruk.

Dalam beberapa situasi jika pasien tidak menerima perawatan pertolongan pertama dengan segera bisa membuat situasi menjadilebih buruk dengan cepat. Perawatan dasar dengan cepat dapat menstabilkan kondisi pasien sampai layanan profesional medis tiba. Anda akan belajar bagaimana menggunakan barang-barang rumah tangga sebagai alat bantu pertolongan pertama jika tidak tersedia alat bantu medis yang benar sehingga Anda dapat mengatasi dibanyak situasi.

Anda juga akan dilatih bagaimana mengumpulkan informasi dan data tentang apa yang terjadi dan kondisi pasien. Informasi ini akan diteruskan ke layanan profesional medis sehingga menghemat waktu proses pertolongan dan Anda masuk dalam mata rantai yang berharga dalam rantai kelangsungan hidup (the chain of survival).



Menciptakan Kepercayaan Diri Untuk Peduli.

Memiliki pengetahuan dan keterampilan Basic Life Support atau pertolongan pertama (first aid) berarti Anda akan yakin dengan kemampuan penanganan pertolongan pertama. Dengan mengikuti pelatihan pertolongan pertama, ada baiknya Anda merenungkan diri untuk membayangkan bagaimana reaksi Anda dan orang lain ketika terjadi situasi darurat atau kecelakaan di depan Anda. Memiliki pengetahuan dan keterampilan Basic Life Support akan meningkatkan kepercayaan diri Anda dalam menghadapi berbagai situasi sehari-hari sebelum datangnya petugas medis.

Mendorong Hidup Sehat dan Aman.

Salah satu hal pertama yang akan Anda pelajari selama pelatihan pertolongan pertama adalah Anda harus menjaga diri sendiri dan memastikan keamanan Anda sebagai prioritas utama. Hal ini bukan merupakan tidakan yang egois tapi adalah tindakan praktis. Menjaga diri anda tetap aman berarti anda berada dalam posisi untuk membantu orang lain daripada terjebak dalam situasi yang sama dengan korban sehingga membutuhkan bantuan untuk diri anda sendiri. Anda juga akan belajar tentang pentingnya hidup sehat dan bagaimana kebiasaan dan pilihan gaya hidup dapat meningkatkan atau mengurangi risiko Anda terhindar seperti penyakit jantung koroner. Memiliki pengetahuan ini membuat Anda lebih sadar akan kesehatan Anda sendiri dan waspada terhadap potensi bahaya yang ditimbulkan oleh lingkungan sekitar Anda.

Program Emergency First Secondary Care memberikan pelatihan pertolongan pertama yang komprehensif yang akan mempersiapkan Anda untuk berbagai situasi dan memberi Anda kepercayaan dan pengetahuan tentang bagaimana mengatasinya dengan cepat, benar dan efisien.

Jika anda belum pernah mengikuti pelatihan BLS atau Basic Life Support maka segera daftarkan diri anda di Scuba Diving Surabaya Academy. Bahaya bisa datang kapan saja, dimana saja dan kepada siapa saja disekitar kita. Baca artikel lain tentang 10 alasan orangtua mengikuti Pelatihan BLS dan Pelatihan Basic Life Support di Surabaya.

#BeDiver
Twitter Follow us @ScubaSby
Facebook Page Belajar Diving Surabaya 
Instagram @ScubaDivingSurabaya

Jika artikel ini bermanfaat, silahkan isikan alamat email Anda untuk berlangganan artikel scubadivingsurabaya.com secara gratis melalui email :

0 comments:

Posting Komentar

Komentar anda akan dimoderasi oleh admin.