Rabu, 11 Oktober 2017

Pelatihan Basic Life Support di Surabaya

Pelatihan Basic Life Support adalah pelatihan tentang bantuan dasar untuk menolong korban kecelakaan yang bisa saja terjadi dimana saja (tidak harus kecelakaan akibat diving). Sebagai contoh orang laki yang sedang fitnes tiba-tiba kena serangan jantung, patah tulang akibat jatuh dari sepeda, kecelakaan lalu lintas dsb-nya.

Scuba Diving Surabaya Academy mengadakan pelatihan Basic Life Support menggunakan materi dan lisensi internasional dari Emergency First Response (EFR). Dilatih oleh Instruktur berpengalaman dan memegang Sertifikat Instruktur EFR dan menggunakan material resmi dari EFR serta alat peraga lengkap (manekin, AED, Emergency O2) sesuai standart internasional.

Pelatihan BLS ini dalam bentuk workshop yaitu peserta akan mengikut 3 tahapan yaitu kelas teori (2 jam) langsung dilanjutkan praktek (3-4 jam) dengan alat peraga lengkap (manekin dewasa, anak dan bayi beserta AED for training) dan diakhir workshop langsung ujian tulis (1 jam) dengan standart nilai kelulusan adalah 80. Setelah lulus peserta akan mendapatkan Emergency Responder License Card yang berlaku secara internasional resmi dikeluarkan oleh Emergency First Responder.


Siapa yang seharusnya mengikuti pelatihan Basic Life Support ?

Pelatihan Emergency First Response fokus membangun percaya diri pada orang umum dan menumbuhkan keberanian mereka untuk merespons saat menghadapi langsung keadaan darurat medis. Peserta dengan mudah mengikuti langkah-langkah untuk teknik pertolongan darurat kepada korban. Siapapun bisa mendaftar pelatihan BLS ini tanpa syarat khusus.

Pelatihan Basic Life Support di Surabaya yang diselenggarakan Scuba Diving Surabaya Academy memenuhi persyaratan pelatihan CPR dan pertolongan pertama untuk kursus PADI Rescue Diver atau untuk semua orang awam (non diver). Sebagian besar instruktur kami adalah Instruktur PADI yang berpengalaman dan juga merupakan Instruktur resmi dari Emergency First Responder. Kursus EFR atau BLS didasarkan pada pedoman medis yang diakui secara internasional untuk perawatan/pertolongan darurat.

Apa yang akan anda pelajari pada kursus Basic Life Support di Scuba Diving Surabaya Academy?

Primary Care (CPR/Cardiopulmonary resuscitation/RJP/Resusitasi Jantung Paru) - Kursus ini mengajarkan tentang langkah dan teknik untuk menangani keadaan darurat yang mengancam jiwa. Anda akan berlatih delapan keterampilan wajib dan satu keterampilan tambahan untuk membantu pasien yang tidak bernafas, jantung berhenti berdenyut, cedera tulang belakang dan pendarahan serius. Anda juga akan belajar bagaimana melakukan CPR (resusitasi jantung dan paru) secara manual dan juga dengan AED (Automated External Defibrillator) hingga detail prosedur untuk memantau pasien yang sudah tertolong, sehingga kondisi pasien tetap terpantau selama menunggu layanan medis darurat (ambulance) tiba.

Secondary Care (First Aid/Pertolongan Pertama) - Pada kehidupan nyata banyak kondisi medis yang tidak mengancam jiwa dan layanan medis darurat biasanya sangat tertunda atau bahkan tidak tersedia, kursus ini mengajarkan kepada Anda bagaimana memberikan pertolongan pertama untuk meringankan rasa sakit dan mengurangi risiko bahaya lebih lanjut akibat salah penanganan. Anda akan belajar untuk menilai berbagai luka dan gejala penyakit hingga berlatih membalut luka terbuka maupun patah tulang.

Care for Children - Kursus Basic Life Support ini untuk belajar, berlatih dan menerapkan keterampilan pertolongan/perawatan darurat yang khusus untuk membantu bayi dan anak-anak dalam keadaan darurat medis. Ini dirancang bagi mereka yang bekerja dengan anak-anak atau cenderung harus menanggapi keadaan darurat yang melibatkan anak. Kursus ini sering jadi satu paket dengan program Primary Care (CPR) dan Secondary Care (First Aid).

CPR & AED - Kursus CPR dan AED ini berfokus pada pelatihan teknik CPR dengan menggunakan AED (Automated External Defibrillator). Kebanyakan licens ini adalah kebutuhan persyaratan untuk kerja atau persyaratan dari pemerintah untuk kantor atau usaha tertentu. Kursus ini sering jadi satu paket dengan Primary Care dan Secondary Care di tempat kerja.

EFR Refresh - Pelatihan ini adalah mengulang atau pelatihan penyegaran keterampilan pertolongan pertama Anda setiap 24 bulan sekali. Pelatihan ini bertujuan untuk membuat para pemegang lisensi Emergency Responder tetap terlatih/tidak lupa dan tetap up-to-date sehingga siap memberi bantuan saat dibutuhkan.

Kapan diadakan pelatihan Basic Life Support di Surabaya ?

Pelatihan Basic Life Support yang diselenggarakan oleh Scuba Diving Surabaya Academy tidak memiliki jadwal khusus dan tidak ada jumlah minimum peserta. Ini artinya anda bisa mendaftarkan diri sewaktu-waktu dan menentukan jadwal sendiri sesuai waktu luang anda dan tidak ada kuota peserta minimum. Pendaftaran untuk kelas private dan pengajuan untuk kelas group juga akan dilayani.

Jika anda belum pernah mengikuti pelatihan BLS maka segera daftarkan diri anda. Bahaya bisa datang kapan saja, dimana saja dan kepada siapa saja disekitar kita. Baca artikel 10 alasan orangtua mengikuti Pelatihan BLS dan 5 alasan mengapa pengetahuan dasar tentang pertolongan pertama adalah penting.

#BeDiver
Twitter Follow us @ScubaSby
Facebook Page Belajar Diving Surabaya 
Instagram @ScubaDivingSurabaya

Jika artikel ini bermanfaat, silahkan isikan alamat email Anda untuk berlangganan artikel scubadivingsurabaya.com secara gratis melalui email :

0 comments:

Posting Komentar

Komentar anda akan dimoderasi oleh admin.