Selain rekreasi, kegelapan juga menciptakan bahaya tambahan. Tapi dengan mempelajari segala resiko night diving dan berlatih teknik menyelam malam hari serta dengan beberapa panduan khusus dapat mencegah munculnya resiko penyelaman malam hari. Seperti telah disebutkan pada artikel diving malam hari, aktifitas night diving menggunakan alat bantu senter selam, salah satu resiko yang mungkin terjadi adalah senter selam rusak atau tidak menyala ketika dikedalaman tertentu.

Tidak berfungsinya senter selam akan mengganggu kemampuan melihat (visibility) peselam untuk mengetahui kondisi sekitar, resiko kegagalan buddy system dan gangguan membaca instrumen dive comp maupun console regulator. Gangguan membaca dive comp menyebabkan kita tidak bisa menjalankan dive plan sesuai perencanaan sedangkan gangguan membaca console regulator menyebabkan kita tidak bisa mengetahui kedalaman yang kita capai saat itu serta kondisi udara didalam tabung. Untuk mengantisipasi resiko ini yaitu dengan selalu menyelam berdekatan dengan buddy anda. Ketika senter selam anda rusak anda dipastikan masih dapat melihat penerangan yang ditimbulkan dari senter selam milik rekan anda. Jika saat itu rekan penyelam anda tidak berada didekat anda, hal pertama yang perlu anda lakukan adalah tidak panik. Setelah itu dekati rekan penyelam anda dengan melihat sumber cahayanya.

Pedoman Khusus Night Diving
  1. Penyelaman malam harus dilakukan secara aman. Para peselam harus diatur dengan benar.
  2. Penyelaman malam harus dilakukan di kedalaman terbatas atau perairan dangkal (kurang dari 20 meter / 66 kaki).
  3. Area turun harus memiliki tali atau kurang dari 10 meter / 33 kaki.
  4. Lokasi menyelam harus dilindungi dari perahu atau tidak dilalui perahu. Penggunaan pelampung khusus di permukaan untuk menandai area penyelaman.
  5. Ketika merencanakan sebuah night dive, visibilitas (jarak pandang) dilokasi menyelam harus yang terbaik (air tidak keruh).
  6. Jangan pernah menyelam malam hari di lokasi di mana anda belum pernah menyelam di siang harinya.
  7. Semua penyelam harus menguasai teknik menyelam malam hari dan dan memahami tanda sinyal menyelam.
  8. Semua penyelam harus mentaati dive plan yang telah dibuat.
  9. Selalu menyelam berpasangan dengan teman yang sudah dipasangkan ketika dipermukaan.
  10. Hindarkan cahaya sinar senter selam anda ke mata penyelam lain.
  11. Jauhkan cahaya senter selam anda dari peselam lain dan mematikannya ketika ditanya oleh pemimpin kelompok.
  12. Setiap peselam wajib memiliki kompas.
  13. Selalu membawa senter cadangan.
  14. Selalu melacak posisi visual dari teman anda dengan melihat cahaya senter selamnya.
  15. Selalu berkomunikasi secara konstan dengan pasangan menyelam anda.
  16. Bila penyelaman menggunakan perahu: pengemudi perahu harus mengetahui dive plan anda, pengetahuan menyelam malam hari dan juga memiliki memiliki senter untuk mengirim sinyal kepada peselam.
  17. Hindari penyelaman di gua.
  18. Mengetahui kondisi permukaan air laut dengan menggunakan mercusuar.



Jika artikel ini bermanfaat, silahkan isikan alamat email Anda untuk berlangganan artikel scubadivingsurabaya.com secara gratis melalui email :