Sabtu, 29 Oktober 2011

SCUBA Diving

Apakah SCUBA Diving Itu?

Scuba Diving dianggap sebagai metode nomor satu untuk menjelajahi keajaiban dunia bawah laut. Penyelam bernafas menggunakan udara dari tangki atau silinder yang dibawa di belakang mereka untuk masuk di kedalaman air dengan waktu lebih lama dari pada menggunakan teknik menahan nafas seperti yang digunakan pada snorkeling dan menyelam bebas (free diving/skindiving). Teknik ini memberikan lebih banyak kebebasan bergerak dibandingkan dengan teknik dari SNUBA (udara untuk bernafas diambil dari tank pada boat di permukaan yang disalurkan ke penyelam dengan menggunakan selang panjang).

Apa Yang Membuat Orang Sangat Menyukai SCUBA Diving?

Perasaan petualangan dan berbagai warna-warni karang dan organisme laut lainnya adalah yang membuat para orang menyukai SCUBA Diving. Industri penyelaman termasuk dari beberapa industri bisnis yang berkembang dengan cepat dan mampu menarik jutaan orang setiap tahunnya.

Kata menyelam berhubungan dengan berenang di dalam air, dan scuba adalah singkatan untuk "self-contained underwater breathing apparatus". Seringkali kata SCUBA diartikan dengan "equipments" atau "aparatus". Jadi, kita bisa mengartikan "Scuba Diving" dengan  berenang dibawah air menggunakan peralatan khusus.

Belajar Menyelam

Saat ini olahraga Scuba Diving lebih aman dan lebih mudah untuk dilakukan. Hal ini dikarenakan para penggiat Scuba Diving harus mengikuti program sertifikasi diving terlebihdahulu, namun untuk tujuan  belajar diving atau sekedar pengenalan keajaiban di kedalaman air dengan kedalaman kurang lebih 5 meter / 15 kaki dapat dilakukan tanpa sertifikasi. Sudah banyak pasangan, keluarga, anak-anak dan orang tua yang sudah menikmati dunia scuba diving. Tetapi banyak orang yang takut menyelam dan tidak bersedia untuk mencoba hobi ini, karena berbagai alasan pribadi dan bahkan phobia atau trauma. Percaya atau tidak sekali anda mencoba, selanjutnya anda akan merencanakan liburan untuk menyelam bahkan anda juga akan ingin memiliki peralatan sendiri. "Scuba diving is an amizing activity".

Peralatan Scuba Diving 

Pasti banyak yang akan berpikir terlalu banyak barang bawaan, tapi Scuba Gear tidaklah terlalu berat. Beberapa Peralatan yang dibutuhkan untuk menyelam adalah sebagai berikut :

Perlengkapan Dasar Selam :


Masker adalah  alat ini membantu anda untuk dapat melihat dengan mudah didalam air. Masker penyelam berbeda dengan kacamata renang yang tidak menutupi lubang hidung.
Snorkel adalah alat ini untuk membantu anda untuk bernafas mengambil udara ketika berenang dipermukaan air.

Wetsuit adalah pakain menyelam, saat ini dipasaran terdapat beberapa macam model dan merk pakaian selam. Ketebalan pakain selam mulai dai 0,5mm hingga 6mm yang semuanya memiliki tujuan masing-masing. Untuk penyelaman didaerah tropik seperti Indonesia, sebaiknya menggunakan wetsuit dengan ketebalan 0,5mm hingga 2,5mm. Tentunya semakin tebal wetsuit, anda akan semakin susah bergerak. Fungsi wetsuit untuk menghindari cedera akibat kontak langsung dengan benda laut seperti karang, bulu babi, ubur dll.

Fins atau orang lebih banyak mengenak dengan kata kaki katak. Alat ini akan membantu anda bergerak secara efisien dan efektif ketika didalam air. Jenis fins dipasaran ada 2 macam yaitu jenis open heel - OH (seperti pada gambar) dan jenis full foot - FF (belakang tumit tertutup seperti sepatu). Fins OH lebih banyak digunakan untuk Scuba Diving karena memiliki karakter kuat dan tenaga dorong yang besar. Sedangkan fins FF lebih banyak digunakan untuk Free-Diving atau Skindiving.

Hood adalah penutup kepala, alat tidak wajib untuk dimiliki tapi alangkah lebih baik jika anda memilikinya. Fungsi dari alat ini adalah melindungi kulit wajah dan leher dari kontak hewan laut seperti ubur-ubur. Bagi anda yang memiliki rambut panjang, sangat disarankan untuk menggunakan hood.

Booties atau Coral Boot adalah peralatan tambahan yang biasa dipakai peselam dengan fins OH. Apabila anda menggunakan fins FF maka anda tidak perlu  menggunakan alat ini. Booties sangat membantu bagi anda yang melakukan penyelaman dengan metode beach entry (penyelaman dari pantai).
Gloves Scuba adalah sarung tangan penyelam. Alat ini berfungsi untuk melindungi kulit anda dari kontak langsung dengan kehidupan dibawah air seperti memegang bintang laut, menyentuh karang, menyentuh terumbu-karang dsb.

Knife Scuba adalah pisau penyelam. Kadangkala banyak peselam yang me-nomor duakan alat ini namun sebaiknya anda memiliki alat ini juga. Alat ini akan banyak membantu dari hal-hal yang tidak terduka ketika penyelaman seperti terjerat tali di dalam air dsb.

Peralatan Scuba Diving :


Tabung / Scuba Tank adalah alat untuk menyimpan udara yang akan digunakan oleh peselam Scuba ketika bernafas didalam air. Tabung ini terbuat dari baja atau alumunium. Tabung dari alumunium memiliki berat lebih ringan dari tabung dari baja namun tabung dari alumunium memiliki daya tahan terhadap tekanan lebih lemah dari baja. Selain lebih ringan keuntungan lain adalah perawatannya mudah karena terbebas dari karat.

BCD (Bouyancy Compensator Device) adalah rompi jaket penyelam yang berfungsi untuk mengikat tabung Scuba dan sebagai alat untuk mengatur daya apung penyelam dibawah air. Ketika penyelam berada dipermukaan air BCD akan difungsikan sebagai pelampung.

Regulator adalah alat untuk merubah tekanan udara tinggi dari tabung Scuba menjadi udara bertekanan sesuai dengan kebutuhan kita (mouthpiece dan octopus), juga menyalurkan udara dari tabung Scuba ke BCD dan sebagai petunjuk kondisi udara didalam tapung dan kedalaman penyelaman kita (console).

Weight Belt atau sabuk pemberat adalah alat yang membantu anda untuk tenggelam didalam air. Percaya atau tidak ketika anda menggunakan seluruh peralatan Scuba tanpa weight belt untuk penyelaman di laut maka bisa dipastikan anda akan kesusahan untuk tenggelam.

Para Diver tidak selalu memiliki peralatan diatas. Umumnya mereka hanya memiliki Masker, Snorkel, Fins FF (Fins OH + Coral Boot), Gloves dan Wetsuit. Untuk peralatan Scuba mereka akan menyewa di persewaan alat selam dekat dengan dive resort yang akan mereka kunjungi. Kami merekomendasikan anda untuk mencoba mendalami Scuba Diving secara perlahan-lahan saja. Awalnya coba diving di kolam renang di kota anda untuk sekedar having fun saja. Lakukan secara berkala 1 minggu sekali atau 1 bulan sekali bersama teman-teman. Setelah anda yakin untuk mendalami lebih jauh lagi, anda dapat mengambil program sertifikasi scuba diving di kota anda. Setelah anda memiliki diver license, selanjutnya "lets dive in dive resort". Jangan lupa mulailah menabung untuk membeli peralatan dasar selam terlebihdahulu.

Ingat bahwa diving memiliki batasan dan risiko olehkarena itu belajarlah kepada penyelam profesional yang berpengalaman (Dive Master).  Penyelaman antara 5 sampai 20 meter / 16-66 kaki bisa menunjukkan dunia baru yang indah seperti yang dieksplorasi oleh Cousteau. Kedalaman ini memiliki keuntungan yang menyediakan penyelam dengan cahaya yang lebih baik, warna dan kehidupan laut. Pada penyelaman dangkal anda akan bernapas dengan udara yang lebih sedikit dari tangki, yang menyebabkan membuat wakktu penyelaman relatif lebih lama dan lebih aman.

Resources : http://www.scubadivingsurabaya.com/2011/10/scuba-diving.html



Jika artikel ini bermanfaat, silahkan isikan alamat email Anda untuk berlangganan artikel scubadivingsurabaya.com secara gratis melalui email :


0 comments:

Posting Komentar

Komentar anda akan dimoderasi oleh admin.