Sabtu, 03 Maret 2012

Hidup Berkarir Sebagai Penyelam Scuba

Scuba Diving Surabaya - Apakah Anda pernah berpikir bahwa keterampilan SCUBA bisa anda manfaatkan untuk kehidupan anda daripada hanya sekedar untuk rekreasi? Nah, jika Anda seorang penyelam bersertifikat internasional (internasional diving license) dengan jam terbang menyelam yang tinggi, ada banyak cara agar anda benar-benar bisa memanfaatkan pengalaman anda untuk membantu orang lain, serta menjadi sumber pendapatan anda. Banyak orang di seluruh dunia yang sudah menentukan hidupnya dan memilih berkarir sebagai penyelam SCUBA.

Instruktur Scuba Diving

Kebanyakan orang pertama kali akan berpikir menjadi seorang Instruktur Scuba Diving. Alternatif lainnya adalah menjadi pemandu selam (dive guide) di resort sekitar dive spot, membuka toko alat selam maupun rental alat selam di sekitar dive spot, dan pelatihan sertifikasi diving. Jika anda kebetulan memiliki pengalaman dan kemampuan fotografi bawah air, ditambah kemampuan SCUBA Diving maka bisa menjadikan anda sebagai juru foto bawah air. Segala macam media mempekerjakan penyelam scuba mengambil foto atau video untuk bahan artikel pada majalah mereka, dan juga membutuhkan orang yang bisa menjadi nara sumber untuk kehidupan bawah laut, jadi mengapa tidak anda menjadi yang mereka butuhkan?

Rental Alat Selam
Jika anda memiliki pengetahuan atau gelar dalam bidang ilmu biologi, maka anda bisa membantu untuk proyek penelitian ilmiah. Para ilmuwan secara terus-menerus meneliti kehidupan dunia bawah laut dan sebanyak mungkin untuk mengeksplorasi organisme yang ada di dunia bawah air tersebut. Tentu saja mereka juga tidak hanya membutuhkan orang yang paham terhadap ilmu pengetahuan, namun juga memiliki kemampuan sebagai penyelam scuba. Banyak penelitian profesional tentang kehidupan laut yang membutuhkan kemampuan penyelam profesional yang juga mengetahui pentingnya pelestarian biota laut sehingga dapat membantu proses observasi dan pengumpulan data penelitian tersebut yang memainkan peran utama dalam menentukan baik buruknya hasil penelitian tersebut.

Welding Di Bawah Air
Mungkin juga Anda memiliki latar belakang kemampuan di bidang konstruksi (seperti menge-las) maka jika dilengkapi dengan kemampuan scuba diving bisa menjadikan anda sebagai pekerja bawah air untuk pekerjaan konstruksi bawah air. Bidang konstruksi bawah air juga mempunyai permintaan yang cukup tinggi untuk penyelam SCUBA yang terlatih untuk membantu membangun struktur bawah air dan perbaikan kapal. Pengalaman teknis menyelam sangat dibutuhkan di sini, karena tugas-tugas yang ada akan sangat terfokus dan dikejar target waktu selesai. Bidang ini juga selalu membutuhkan pekerja bawah air untuk pemeliharaan rutin yang diperlukan pada perawatan struktur bangunan bawah air yang sudah ada, dan proyek baru bawah air juga akan selalu bermunculan. Penyelam yang tertarik untuk jenis pekerjaan ini harus menyadari bahwa ada bahaya yang terjadi di konstruksi bawah air, dan besaran gaji juga cukup bervariasi, tapi itu juga bukan berarti pekerjaan bawah air tidak akan memuaskan buat anda.

Welding Bawah Laut
Industri di dunia kita terus berkembang, memungkinkan ada kecelakaan atau kejadian yang sangat tidak diharapkan seperti tumpahnya bahan kimia atau limbah ditempat yang bukan seharusnya. Penyelam SCUBA juga memainkan peran kunci dalam membantu untuk menilai dan memperbaiki kerusakan lingkungan, baik laut, danau, atau bahkan saluran pembuangan akibat kecelakaan yang menyebabkan polusi lingkungan air tersebut. Pekerjaan penelitian ini memiliki risiko terbesar, sebagai penyelam berurusan dengan bahan beracun dan bisa saja terjangkit penyakit menular, sehingga penggunaan peralatan khusus akan sangat dijaruskan. Apapun itu yang pasti penyelam scuba juga memegang peranan penting dalam menjaga perairan dunia tetap aman dan bersih untuk semua bentuk kehidupan.



Artikel ini hanya menjelaskan beberapa pandangan yang dapat anda lakukan untuk berkarir di dunia scuba diving. Lakukan riset analisa yang benar sebelum memutuskan anda mau berkarir dimana, tapi yang pasti anda harus menemukan pekerjaan yang dapat memberikan kesejahteraan hidup dan tentu saja sangat anda sukai. Apapun profesi yang berkaitan dengan dunia bawah air yang akan anda tekuni, tentu saja harus mengikuti kursus diving dengan sertifikasi standart internasional dahulu untuk  menjadi sebagai scuba diver terlebih dahulu. Anda bisa mengikuti Kursus Diving di Surabaya. Bahkan bila anda masih belum bisa berenang maka sebaiknya mengawali dengan mengikuti Belajar Diving di Surabaya terlebih dahulu. Selanjutnya setelah menjadi seorang scuba diver saatnya untuk menggambil sertifikasi penjurusan untuk berkarir sebagai penyelam scuba.


Jika artikel ini bermanfaat, silahkan isikan alamat email Anda untuk berlangganan artikel scubadivingsurabaya.com secara gratis melalui email :


0 comments:

Posting Komentar

Komentar anda akan dimoderasi oleh admin.