Senin, 12 Maret 2012

Menyelam SCUBA dengan payudara implan


Seorang siswi kursus diving surabaya pernah bertanya "Apakah dada saya akan meledak ketika menyelam?". Dia merasa khawatir karena baru saja menerima pengarahan tentang dampak tekanan air pada tubuh manusia. Zat yang terkompresi (seperti udara) dipengaruhi oleh peningkatan tekanan di bawah air, namun tidak pada zat non-kompresible (seperti air). Seorang penyelam belajar bahwa pada saat dia turun, dia harus menyamakan tekanan pada telinga, masker serta paru-parunya. Sesekali beberapa siswi yang sedang belajar diving bertanya apakah mereka bisa menyelam dengan dada implan yang terpasang?. Dalam kebanyakan kasus, jawabannya adalah ya. Jangan pernah khawatir, implan payudara tidak akan meledak karena tekanan. Dada anda bisa dikatakan aman.





Implan payudara bukan merupakan kontradikisi untuk menyelam, tetapi...

Kuesioner medis dalam SCUBA diving tidak menyebutkan implan payudara dalam daftar kontradiksi menyelam. kuesioner ini merupakan dokumen hukum yang disusun sedemikian rupa dengan tujuan mencegah cedera dalam aktivitas SCUBA diving. Fakta ini menyiratkan bahwa menyelam dengan implan payudara, aman untuk dilakukan.

Perhatikan bahwa di dalam kuesioner terdapat beberapa pertanyaan tentang operasi. Setelah menjalani operasi implan payudara, berkonsultasilah dengan dokter sebelum melakukan penyelaman. Seseorang yang akan melakukan aktivitas selam harus sepenuhnya pulih dari komplikasi paska operasi. Waktu yang dianjurkan untuk bisa kembali menyelam bisa bervariasi. Beberapa dokter menyarankan untuk menunggu selama Enam bulan, sedangkan dokter lain hanya merekomendasikan menunggu beberapa minggu. Perbedaan anjuran ini tentu saja disebabkan oleh jenis operasi pembesaran yang dilakukan.

Apakah tekanan air bisa mempengaruhi implan payudara?

Peningkatan tekanan bawah air saat SCUBA diving tidak mempengaruhi implan payudara. Saat penyelam turun, telinga, masker dan paru-paru terisi dengan udara yang terkompresi. Seorang penyelam harus menyamakan ruang udara didalam tubuhnya, karena udara bersifat kompresible dan dipengaruhi oleh tekanan air. Sebagian besar dari tubuh manusia terisi dengan darah. Darah merupakan zat cair dan bisa dikategorikan sebagai fluida inkompresible dalam dunia SCUBA diving. Untuk alasan ini, tangan, kaki, dan bagian tubuh lainnya tidak merasakan perubahan tekanan di kedalaman. Implan payudara biasanya diisi dengan garam atau gel silikon. Larutan garam memiliki kepadatan yang mirip dengan air garam alami, memiliki sifat sama dengan air dan tidak mengalami kompresi pada saat di kedalaman. Gel silikon sebenarnya lebih padat dibandingkan air garam.

Apakah implan payudara meningkatkan resiko terjadinya penyakit dekompresi?

Jawabannya adalah tidak. Pada penyelaman bersifat rekreasi, implan payudara tidak meningkatkan resiko penyelam terkena penyakit dekompresi. Baik garam ataupun gel silikon menyerap nitrogen dalam jumlah yang sangat sedikit. Gel silikon menyerap lebih banyak nitrogen dibandingkan larutan garam. Namun jumlah nitrogen itu bisa diabaikan, dan setiap nitrogen yang terjebak dalam implan payudara perlahan akan keluar tanpa memberikan resiko pada penyelam.

Akankah implan payudara mempengaruhi daya apung?

Apakah implan payudara akan membuat Anda mengapung? Tidak, bagaimanapun juga tergantung pada jenis implan payudara yang dilakukan. jenis implan Saline (garam) biasanya bersifat netral dengan daya apung, dan juga selama lemak dalam tubuh serta komposisinya tidak berubah, seorang Penyelam yang memiliki implan payudara Saline (garam) tidak menyadari terjadinya perubahan daya apung. Implan payudara berjenis gel silikon bersifat lebih padat daripada air, dan bisa menyebabkan penyelam susah untuk mengapung. Ketika akan kembali menyelam setelah melakukan operasi, seorang penyelam harus memeriksa kembali berat badan serta membuat penyesuaian jika diperlukan.

Selama ini tidak ada laporan yang memberitakan tentang resiko implan payudara dalam SCUBA diving, bahkan bisa menjadi keuntungan. Semua penyelam yang memiliki sertifikat internasional mengetahui bahwa semua benda akan terlihat lebih besar 1/3 ketika berada di bawah air. jika Anda baru saja melakukan operasi pembesaran dada dan tertarik dengan SCUBA diving, kunjungilah kursus diving surabaya!. Anda akan merasa lebih bahagia, karena payudara baru itu tampak lebih besar lagi ketika berada di dalam air.



Jika artikel ini bermanfaat, silahkan isikan alamat email Anda untuk berlangganan artikel scubadivingsurabaya.com secara gratis melalui email :


0 comments:

Posting Komentar

Komentar anda akan dimoderasi oleh admin.