Senin, 16 April 2012

Nama - Nama Metode Equalisasi

Teknik Diving - Apa itu equalisasi? Equalisasi adalah membuka ujung saluran eustachio sehingga udara masuk ke rongga telinga untuk melawan tekanan udara dari luar ketika anda menyelam lebih dalam dan agar terhindar dari rasa sakit nyeri di telinga. Teknik equalisasi adalah teknik pertama yang harus anda pelajari ketika mengikuti Program Belajar Diving atau Sertifikasi Diving. Jika anda adalah seorang penyelam pemula, maka sebaiknya membaca artikel sebelumnya terlebih dahulu yang membahas tentang 10 Tips Equalisasi Sempurna Untuk Diver Pemula. Artikel ini membahas tentang nama - nama metode equalisasi untuk teknik equalisasi ketika menyelam antara lain valsalva Maneuver, Toybee Maneuver, Lowrey Technique, Edmonds Technique, Frenzel Meneuver, Voluntary Tubal Opening.
Organ Telinga Manusia
Valsalva Maneuver

Valsalva Maneuver adalah metode yang paling sering digunakan dan diajarkan kepada para penyelam pemula atau yang baru pertama kali belajar diving. Jepit hidung dengan jari telunjuk dan ibu jari anda, tiup perlahan-lahan melalui hidung. Tekanan udara yang dipaksakan tersebut akan mengakibatkan udara dari tenggorokan mengalir ke saluran Eustachio. Metode Valsava Manuver memiliki masalah utama yaitu metode ini tidak menggerakkan otot-otot organ telinga untuk membuka saluran Eustachio tapi membukanya dengan tekanan paksaan. Jika perbedaan tekanan udara di luar dengan rongga telinga sudah terlalu tinggi (akibat gagal equalisasi bertahap tapi tetap masuk menyelam dengan menahan nyeri) maka akan sulit untuk melakukan equalisasi dengan teknik ini. Jika dipaksakan meniup udara dengan keras maka aliran udara yang besar akan membuat rasa nyeri berlebihan di telinga anda dan akibatnya rasa sakit hingga kerusakan pada organ telinga anda.
Ilustrasi Terjadi Equalisasi
Toynbee Maneuver

Toynbee Maneuver adalah metode equalisasi dengan teknik menjepit hidung dengan jari telunjuk dan ibu jari kemudian lakukan gaya menelan. Gaya menelan akan membuka saluran eustachio saat menggerakan lidah dan melakukannya dengan hidung tertutup akan mengkompresi udara ke saluaran eustachio dengan lembut.
Ilustrasi Saluran Eustachio
Lowrey Technique

Teknik ini adalah kombinasi dari Valsava Maneuver dan Toynbee Maneuver yang dilakukan secara bergantian. Tutup hidung dengan jari telunjuk dan ibu jari, lakukan gaya menelan sambil diimbangi dengan tiupan udara melalui hidung dengan lembut.Teknik ini akan lebih aman bila dibandingkan dengan teknik equalisasi dengan metode murni Valsalva Maneuver.

Frenzel Maneuver

Metode equalisasi ini dilakukan dengan menjepit hidung dan menutup tenggorokan bagian belakang yang seolah-olah anda sedang berusaha untuk mengangkat beban yang berat (isitilah jawanya ngeden) kemudian membuat bunyi huruf "K". Hal ini akan memaksa lidah bagian belakang anda bergerak ke atas dan mengkompresi udara untuk membuka saluran Eustachio.

Edmonds Technique

Teknik equalisasi ini dilakukan menegangkan otot tenggorokan pada jaringan lunak di bagian belakang atas mulut dan mendorong rahang ke depan dan ke bawah, sambil diimbangi dengan melakukan metode Valsava Maneuver.

Voluntary Tubal Opening


Tegangkan otot-otot tenggorokan sambil mendorong rahang ke depan dan ke bawah seolah akan menguap. Otot-otot ini akan membuka saluran Eustachio dengan lembut. Metode ini memerlukan banyak latihan, tetapi beberapa penyelam pemula ada yang sudah bisa mengontrol otot-otot tenggorokan untuk membuka saluran eustachio mereka secara konsisten.

Berlatih Hingga Sempurna

Penyelam yang memiliki kesulitan melakukan equalisasi, mungkin perlu untuk mencoba dan menguasai beberapa teknik equalisasi. Banyak teknik diving yang sulit dipraktekkan sehari-hari, tapi untuk teknik equalisasi ini adalah salah satu teknik scuba yang dapat dilatih di mana saja. Cobalah berlatih di depan cermin supaya anda dapat melihat pergerakan otot tenggorokan anda.

Kapan Melakukan Equalisasi

Lakukan teknik equalisasi secepat dan sesering mungkin. Ada beberapa orang yang merekomendasikan untuk melakukan equalisasi setiap turun 1 meter/beberapa kaki. Pada tingkat penyelaman yang lambat seperti 2-4 detik per meter cara itu masih bisa dilakukan, namun untuk penyelaman yang cepat maka equalisasi harus dilakukan secara terus-menerus. Pastikan anda melakukan teknik equalisasi secara konsisten dan lakukan sebelum telinga anda sakit.

Ikuti Program Kursus Diving Surabaya atau Program Belajar Diving Surabaya sebelum anda benar-benar melakukan diving di perairan laut terbuka. Meskipun diving adalah olahraga yang aman namun bukan berarti tidak beresiko. Jadi sebaiknya ikuti kursus diving dengan instruktur yang sudah berpengalaman.


Jika artikel ini bermanfaat, silahkan isikan alamat email Anda untuk berlangganan artikel scubadivingsurabaya.com secara gratis melalui email :


0 comments:

Posting Komentar

Komentar anda akan dimoderasi oleh admin.