Senin, 16 April 2012

Kram Ketika Diving

Teknik Diving - Saat anda sedang menyelam menikmati keindahan taman terumbu karang sambil sekali - kali mengejar ikan yang berenang kesana kemari, tiba-tiba "ADUH" anda merasakan nyeri yang luar biasa dan susah untuk menggerakan kaki anda. Nyeri tersebut disebabkan karena otot tegang/kontraksi dalam posisi yang seharusnya relaksasi, biasa disebut dengan istilah kram otot (cramp). Seringkali terjadi di bagian otot telapak kaki, betis, dan paha pada saat menyelam. Sebuah rasa sakit akibat otot kram dapat memberikan kejutan dan kepanikan hingga berdampak kelelahan fisik. Ketika terjadi kram, anda juga tidak bisa serta merta berenang naik kepermukaan air karena ada resiko dari dekompresi. Anda juga tidak bisa hanya pasrah menerima rasa nyeri yang akan membatasi gerak dan mobilitas anda selama waktu menyelam yang tersisa. Ada beberapa teknik sederhana untuk mencegah dan mengatasi kram saat anda sedang menyelam. Artikel ini membahas tentang bagaimana teknik mencegah dan menangani kram saat diving. Pastikan anda mendapatkan materi dasar penanganan kram ketika mengikuti program sertifikasi diving atau program kursus diving.

Teknik Penanganan Kram Ketika Diving
Tindakan Pencegahan Kram

Pastikan untuk melakukan gerakan pemanasan secukupnya sebelum memulai aktifitas menyelam. Apakah gerakan pemanasan olahraga sudah cukup menghindarkan anda dari serangan otot kram? Mungkin saja masih bisa terjadi. Ada beberapa pendapat tentang hubungan antara kram dan kondisi cairan tubuh, bahkan ada beberapa studi yang mengatakan bahwa seseorang yang menderita kram selama melakukan aktifitas fisik yang berat akibat dari kekurangan sebagian cairan mineral khususnya natrium, kalium, magnesium, dan kalsium. Semua mineral ini adalah termasuk elektrolit yang diperlukan untuk mengatur keseimbangan cairan dalam tubuh anda. Cobalah untuk mendapatkan mineral melalui makanan dan minuman (bukan melalui obat-obatan) seperti air mineral, buah pisang dsbnya.
Kram/Cramp
Tindakan Penangan Kram

Apa yang bisa anda lakukan? "JANGAN PANIK", yang paling penting untuk dilakukan pada saat pertama kali merasakan sakit kram ketika diving adalah tetap konsentrasi bernafas melalui mulut dan rileks. Teori ini sangat berlawanan dengan cara tubuh anda merespon rasa sakit yang ditimbulkan akibat otot kram, tapi cobalah untuk benar-benar berkonsentrasi agar tetap tenang dan bernafas dengan rileks. Beri kode kepada Buddy anda, sehingga ia dapat mengetahui permasalahan anda (jangan pernah menyelam jauh dari jangkauan buddy). Akan lebih membantu jika anda bisa duduk di dasar laut saat penanganan otot kram berlangsung. Namun pastikan dahulu bila dasar laut adalah pasir bukan karang, karena menduduki karang akan menimbulakan resiko lain untuk tubuh anda. Bila tidak memungkinkan duduk di dasar laut pertahankan posisi anda dengan teknik bouyancy yang sempurna.
Teknik Penanganan Kram Dengan Tetap Mengapung
Penanganan pada kram betis: Luruskan kaki yang kram ke depan anda, dan tarik ujung fin ke arah dada anda dan tahan. Tunjukan posisi otot anda yang kram agar buddy anda dapat memijat dengan perlahan-lahan.

Teknik Penanganan Kram Di Pinggir Kolam

Penanganan pada kram telapak kaki: Lepaskan fin dan booties dari kaki anda. Tarik jari-jari kaki ke arah anda, dan beri tahu Buddy anda untuk mengosok (seperti mengurut tapi tanpa tekanan) secara vertikal di sepanjang otot-otot telapak kaki anda secara perlahan-lahan, jangan di pijat karena akan menimbulkan rasa sakit yang luar biasa.

Penanganan pada kram paha: Kram pada paham jarang sekali terjadi tapi bila terjadi bisa lebih parah dan lebih lama. Lemaskan dan regangkan kaki ke arah depan Anda, dan minta buddy anda untuk menggosok bagian paha tersebut secara perlahan-lahan. Jika rasa sakit tidak kunjung hilang minta buddy anda untuk naik kepermukaan secara perlahan-lahan sesuai prosedur perencanaan penyelaman yang telah anda buat. Sebaiknya sembuhkan kram otot paha anda sebelum memulai aktifitas penyelaman kembali.
Saling Membantu Adalah Buddy System
Scuba Diving adalah aktifitas yang menentang mekanisme alami dari tubuh kita, sehingga sangat penting untuk mempersiapkan tubuh kita sebelum menghadapi tantangan menyelam. Pertahankan kondisi kebugaran fisik anda sebelum melakukan penyelaman (jangan paksa menyelam bila diri anda sedang tidak fit). Makan secara teratur dan minum air mineral secukupnya (jangan terlalu banyak dan jangan kurang). Istirahat yang cukup pada malam hari sebelum jadwal menyelam. Tubuh yang sehat siap untuk menyelam.


Jika artikel ini bermanfaat, silahkan isikan alamat email Anda untuk berlangganan artikel scubadivingsurabaya.com secara gratis melalui email :


0 comments:

Posting Komentar

Komentar anda akan dimoderasi oleh admin.