Selasa, 17 April 2012

Tips Membeli dan Merawat Wetsuit

Peralatan Selam - Wetsuit adalah pakaian selam yang terbuat dari bahan neoprene yang berfungsi sebagai pelindung utama tubuh dari bahaya lingkungan bawah air seperti karang beracun, karang tajam, bulu babi, ubur-ubur, suhu yang dingin dsb. Wetsuit juga merupakan salah satu dari peralatan dasar selam yang sebaiknya dimiliki sendiri oleh penyelam pemula. Sangat penting untuk anda sebagai penyelam pemula yang baru mengikuti Program Sertifikasi Diving untuk mengetahui lebih dalam tentang wetsuit. Artikel berikut ini menjelaskan tentang tips memilih dan merawat wetsuit dengan benar.
Wetsuit / Pakaian Selam
Dasar - Dasar Wetsuit
Wetsuit Pendek
  1. Ketika di dalam air tubuh akan kehilangan panas hampir 25 kali lebih cepat daripada di darat walaupun di air yang suhunya relatif hangat. Wetsuit berfungsi untuk menjaga tubuh tetap hangat.
  2. Wetsuit atau pakaian selam berkerja dengan memperangkap air diantara tubuh dan neoprene. Air yang terperangkap tersebut akan menjadi hangat oleh panas tubuh penyelam. Semakin tebal neoprene, volume isolasi air semakin besar sehingga akan semakin hangat.
  3. Variasi wetsuit pada umumnya dibedakan oleh ketebalan. Ketebalan wetsuit paling umum adalah 0.5mm, 3mm, 5mm dan 7 milimeter. Untuk penyelaman di perairan hangat seperti perairan beriklim tropis sebaiknya menggunakan wetsuit dengan ketebalan 0.5mm atau 3mm.
  4. Beberapa wetsuit scuba menggunakan kombinasi ketebalan seperti 3/2 mm, 5/3 mm atau bahkan 7/5/3 mm. Wetsuit tersebut menggunakan bahan neopren tebal di bagian vital untuk menjaga kehangatan dan menggunakan bahan neoprene lebih tipis di lengan dan kaki untuk menjaga fleksibilitas gerakan penyelam.
  5. Seal/segel di bagian jahitan lingkaran luar pergelangan tangan, pergelangan kaki, leher dan resleting berguna untuk mencegah air dingin masuk kedalam wetsuit yang bisa membilas air hangat akibat panas tubuh penyelam.
  6. Wetsuit akan mengalami penyusutan dari waktu ke waktu. Setiap kali wetsuit digunakan untuk menyelam dikedalaman akan menghancurkan gelembung udara yang terkompresi di dalam neoprene. Oleh karena itulah menyelam dengan wetsuit baru akan membutuhkan pemberat relatif lebih banyak daripada menyelam dengan menggunakan wetsuit yang sudah lama.
Memilih Ukuran Wetsuit 
Wetsuit Panjang Perempuan
  1. Mintalah nasehat para penyelam berpengalaman di tempat komunitasi diving atau klub selam di kota anda sebelum membeli wetsuit scuba pertama anda. Pelayan toko alat selam dapat memberikan saran tipe wetsuit yang sesuai dengan ukuran tubuh anda.
  2. Ukuran wetsuit yang ideal adalah jika dipakai tidak boleh terlalu sulit dan harus pas, tetapi juga jika dipakai tidak cukup ketat untuk menjaga sirkulasi udara dan air serta kenyamanan bergerak ketika diving.
  3. Ritsleting wetsuit dapat ditutup dengan penuh namun tidak mengganggu anda menekuk tubuh untuk menyentuh jari kaki tanpa merasa penyempitan pada leher dan pinggang secara signifikan.

Perawatan Wetsuit 
Wetsuit Panjang Unisex
  1. Cuci pakaian selam secara menyeluruh, pembilasan bukan disiram tetapi dengan menggunakan bak yang terisi penuh dengan air segar dengan suhu normal udara sekitar. Lakukan pencucian setiap setelah menyelam dan jangan menggunakan sabun deterjen. Butiran sabun deterjen mudah terperangkap di pori-pori neoprene. Bila perlu pewangi gunakan shampo rambut yang tidak pekat (selain warna hitam) dan tanpa campuran conditioner .
  2. Keringkan wetsuit dengan menggantung di area yang tidak terkena sinar matahari secara langsung. Pastikan area penjemuran wetsuit memiliki sirkulasi udara yang baik. 
  3. Simpan dengan benar. Gantung wetsuit di dalam lemari dengan gantungan kayu yang berdiameter besar (gantungan besi yang kecil dapat merusak wetsuit bagian pundak). Alternatif lain adalah gulung wetsuit dengan diameter yang besar sehingga budelan wetsuit menjadi longgar untuk menghindari kusut atau tekukan akibat lipatan.
  4. Hindari menaruh wetsuit dengan melipat dan menumpuknya dibagian bawah. Bekas lipatan akan mempermudah neoprene sobek.
  5. Hindari penyimpanan wetsuit dekat dengan barang tajam yang bisa menyebabkan neoprene sobek.
Dimanakah tempat untuk mengenal lebih jauh tentang scuba diving. Untuk sekedar mencoba scuba diving di kolam renang kedalaman 5 meter, anda bisa mengikuti Program Belajar Diving di Surabaya atau langsung mengikuti Program Kursus Diving di Surabaya berstandart POSSI Nasional dan CMAS Internasional.


Jika artikel ini bermanfaat, silahkan isikan alamat email Anda untuk berlangganan artikel scubadivingsurabaya.com secara gratis melalui email :


1 comments:

Mbo Lilla mengatakan...

Bagaimana cara memperbaiki wetsuit neoprene yg sobek memanjang maupun sobek melebar? Dimana ada jasa perbaikan wetsuit (di jakarta / surabaya)?

Posting Komentar

Komentar anda akan dimoderasi oleh admin.