Selasa, 17 April 2012

10 Tips Memilih Merek Peralatan Selam Untuk Pemula

Tips dan Trik Diving - Saat ini ada beberapa merek alat selam yang beredar dipasaran. Tentu saja sebagai seorang penyelam pemula atau anda yang baru belajar selam atau anda yang mau mengikuti kursus selam akan bingung ketika memilih alat selam dengan merk apa yang bagus untuk saya beli? Artikel sebelumnya sudah pernah membahas tentang tips membeli masker atau tips memilih masker diving pertama anda, tips membeli snorkel, tips membeli fin, tips membeli peralatan dasar selam dengan murah, tips membeli wetsuit. Namun tetap saja anda pasti masih bingung untuk memilih merek apa yang harus dibeli? Artikel ini membahas tentang tips untuk memilih merek alat selam untuk pemula.

Estalase Salah Satu Toko Alat Selam
Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa anda praktekan ketika akan membeli alat selam pertama anda.

Tips Pertama : Datanglah ke toko alat selam yang ada di kota anda. Ini adalah tempat pertama yang bisa anda minta rekomendasi merek dan perbandingan harga dengan kemampuan finasial anda. Bertanyalah semua yang anda bingungkan kepada penjaga atau staf toko tersebut. Jika ternyata orang toko tersebut tidak dapat menjawab pertanyaan anda maka lanjutkan saja untuk bertanya harga tiap merek dari alat selam yang ingin anda beli.

Tips Kedua : Lihatlah merek-merek peralatan selam yang digunakan oleh instruktur selam anda. Instruktur selam yang berpengalaman telah bertahun-tahun mencoba berbagai model dan merek peralatan selam. Tidak usah sungkan untuk bertanya kepada mereka sebagai berikut :
1. Mengapa menggunakan alat selam dengan merek tersebut?
2. Apa keunggulan dari alat selam merek tersebut?
3. Berapa kisaran harga belinya dulu?
4. Dimana anda membeli alat selam dengan merek tersebut?
5. Sudah berapa tahun anda memiliki alat selam dengan merek tersebut?
dst...

Tips Ketiga : Beli peralatan yang tepat untuk level kemampuan anda. Memang benar peribahasa "ada harga ada kualitas" dan "ada merek juga ada kualitas", yang terpenting adalah pastikan anda mampu memaksimalkan peralatan tersebut.

Tip Keempat : Tetaplah pada merek yang sudah lama bergerak di industri scuba diving. Tentu saja produk dengan merek spesialis alat selam telah diuji secara ketat sebelum diluncurkan dipasaran, namun yang pasti merek spesialis alat selam telah berpengalaman memproduksi barang dengan daya tahan pemakaian di medan air laut. Plus, biasanya mereka menawarkan garansi, dan jika terjadi kerusakan tentu saja anda lebih mudah untuk membeli sparepart pengganti untuk memperbaikinya.

Tips Kelima : Cari pendapat tambahan. Datanglah ke klub selam atau komunitas selam di kota anda, bertanyalah kepada mereka seperti tips pertama.

Tips Keenam : Jika kebetulan ada pameran dunia industri selam di kota Jakarta atau Surabaya maka jangan sampai anda melewatkan untuk mengunjunginya. Contohnya seperti pameran Deep Extreme Indonesia 2012 yang diselenggarakan pada tanggal 29 Maret - 1 April 2012 di Jakarta. Berikut ini adalah foto-foto perwakilan dari para Diver Surabaya yang hadir di pameran Deep Extreme Indonesia 2012.

In Actions Bersama Nadine Chandrawinata, Diver & Miss Indonesia 2005 
In Action Bersama Miss Scuba Indonesia 2012
In Action Bersama Laura Bali Bubble
Foto selengkapnya silahkan klik Gallery Foto Komunitas Penyelam Surabaya

Tips Ketujuh : Browsing di Internet untuk melakukan perbandingan pendapat negatif dan pendapat positif dari para pengguna tipe dan merek alat selam yang anda pilih sementara. Tidak ada barang yang sempurna dan cocok untuk segala medan. Oleh karena itu perlu sekali anda mempelajari kelemahan dan kelebihan dari tipe dan merek alat selam yang akan anda pilih.

Tips Kedelapan : Jika kebetulan anda datang ke toko atau ke pameran alat selam maka pastikan anda bisa mencoba alat yang akan anda beli. Jika anda membeli secara online maka pastikan anda sudah pernah mencoba barang yang sama milik teman, instruktur atau operator dive center anda.

Tips Kesembilan : Jangan lupa memilih warna yang anda sukai agar anda percaya diri ketika action. Bila beli barang secara online maka mintalah foto barang yang anda pesan untuk di email terlebih dahulu sebelum anda melakukan transfer pembayaran. Jangan lupa cek kredibilitas toko online alat selam tersebut.

Tips Kesepuluh : Bila barang sudah ditangan maka jangan ragu untuk segera mencoba minimal di kolam renang. Pastikan semua peralatan yang baru anda beli bisa bekerja dengan sempurna sebelum lebih dari 7 hari setelah barang datang. Bila ada yang kurang pas segera konsultasikan kepada teman yang sudah berpengalaman atau kepada toko anda.

Ikuti Program Belajar Selam dan Sertifikasi Selam berstandart internasional di Surabaya. Jangan keburu beli alat selam, minimal lakukan riset dengan melakukan kesepuluh tips diatas terlebih dahulu. Pastikan alat selam pertama anda adalah yang terbaik untuk kemampuan anda saat ini.


Jika artikel ini bermanfaat, silahkan isikan alamat email Anda untuk berlangganan artikel scubadivingsurabaya.com secara gratis melalui email :


0 comments:

Posting Komentar

Komentar anda akan dimoderasi oleh admin.