Minggu, 13 November 2011

Panduan Membeli Alat Dasar Selam Dengan Murah

Peralatan Selam - Nah ini yang ditunggu - tunggu, setelah membahas tentang panduan membeli masker diving, snorkel dan fin diving sekarang saatnya membahas panduan cara membeli semua alat dasar selam dengan murah.  Artikel ini ditujukan bagi anda yang masih baru belajar diving atau baru memiliki sertifikat diving atau yang baru pertamakali mau beli alat dasar selam. Alat dasar selam terdiri dari masker diving, snorkel dan fin diving. Jika pada artikel sebelumnya anda, diberikan tips memilih dan membeli peralatan tersebut satu per-satu maka pada artikel ini anda akan diberikan tips membeli semua peralatan dasar selam tersebut dengan harga yang lebih murah lagi dan kualitas yang sama.

Saat ini sudah banyak toko alat selam yang menjual peralatan dasar selam atau peralatan snorkeling secara paket. Artinya peralatan dasar selam tersebut dijual dengan satu harga untuk ketiga alat (masker, snorkel dan fin) tersebut. Harga yang ditawarkan tentu saja lebih murah. Alasannya adalah dengan menjual alat secara paket, mereka akan lebih diuntungkan yaitu perputaran barang yang lebih cepat. Terjual 3 barang dan hasil penjualan bisa digunakan untuk mendatangkan stok 3 barang baru. Barang dagangan tidak terlalu lama tersimpan di gudang stok sehingga pemilik toko diuntungkan dengan dapat menjual barang baru dengan model yang tidak ketinggalan jaman. 

Pada artikel sebelumnya yang berjudul "Panduan Membeli Masker Diving Yang Sesuai Dengan Dompet Anda" disebutkan harga masker diving secara eceran adalah sekitar Rp. 400.000,- sedang lebih dari Rp. 1.000.000,-. Sedangkan pada artikel "Panduan Membeli Snorkel" disebutkan harga snorkel secara eceran sekitar Rp. 200.000,- hingga lebih dari Rp. 800.000,- dan pada artikel "Panduan Membeli Fin Diving" disebutkan harga fin diving secara eceran sekitar Rp. 350.000,- hingga Rp. 1.700.000,- untuk fin tipe FF sedangkan untuk fin tipe OH harga secara eceran adalah sekitar Rp. 450.000,- hingga Rp. 1.250.000,- belum termasuk booties. Sehingga jika kita membeli seluruh peralatan dasar selam secara eceran, minimal kita akan mengeluarkan uang sebesar Rp. 950.000 hingga Rp. 3.500.000. Namun bila kita membeli peralatan dasar selam tersebut secara paketan, maka kita hanya mengeluarkan uang sebesar Rp. 650.000,- sedang Rp. 1.900.000,- lengkap masker diving, snorkel dan fin FF atau fin OH termasuk booties. Gimana murah bukan?

Berikut ini adalah tips untuk memilih masker diving, snorkle dan fin diving secara paketan :
  1. Pilihlah beberapa paket peralatan dasar selam yang harganya sesuai dengan kondisi kantong anda. Rp. 500.000,- sampai Rp. 1.000.000,- atau Rp. 1.000.000,- sampai Rp. 2.000.000,- atau mungkin lebih dari Rp. 2.000.000,-
  2. Untuk pemula kami menyarankan belilah paket yang dibawah Rp. 1.000.000,-. Selain murah, paket dengan harga tersebut biasanya tipe Fin adalah FF (Full Foot/Close Foot) akan nyaman untuk anda gunakan berlatih di Kolam Renang.
  3. Bila dalam sebulan anda bisa lebih dari 2x menyelam di laut (atau lebih banyak di laut daripada berlatih di kolam renang) maka pilihlah paket yang tipe fin adalah OH (Open Heel/Open Foot). 
  4. Setelah memilih beberapa paket yang sesuai dengan kondisi keuangan anda dan frekuensi pemakaian maka berikutnya adalah memilih yang paling sesuai untuk anda. 

Tips Memilih Masker Diving, Fin dan terakhir adalah Snorkel :
  1. Pilih masker diving yang masker skirt terbuat dari silikon dan lunak dan sesuai dengan bentuk wajah anda.
  2. Tarik mask strap ke arah depan masker di atas lensa.
  3. Tempelkan masker ke wajah anda dengan menggunakan dua jari di tengah-tengah lensa.
  4. Bercerminlah untuk memastikan tidak ada celah kecil antara masker skirt dengan kulit wajah anda.
  5. Periksa saku hidung. Pastikan bagian bawah hidung anda tidak menyentuh bagian bawah dari saku hidung dan saku hidung harus tidak terlalu sempit untuk hidung anda.
  6. Periksa masker skirt antara hidung dan bibir atas anda. Jika terlalu panjang atau lebar akan menyebabkan ketidaknyamanan dan celah masuknya air ke dalam masker ketika anda tersenyum. 
  7. Tarik napas melalui hidung pelan dan sedikit saja, kemudian lepaskan dua jari anda yang menahan diantara lensa masker. Bernafaslah melalui mulut atau jangan buang napas melalui hidung. Pastikan masker tetap melekat ke wajah.
  8. Cobalah semua masker dan pilihlah paket yang memiliki masker nyaman pakai buat anda.
  9. Selanjutnya adalah memilih fin diving yang sesuai untuk kondisi air. Jika anda sudah memiliki kemampuan berenang diatas rata-rata sebaiknya pilihlah fin dengan model split, jika sebaliknya pilihlah fin dengan model paddle.
  10. Pilih sirip fin yang lebar dan kaku pada bagian, semakin lebar akan semakin baik digunakan di laut sedangkan semakin kaku akan semakin memberikan tenaga dorong yang besar.
  11. Pilihlah fin yang tidak bisa ditekuk pada bagian ruang kaki anda. Ada fin yang bisa ditekuk pada ruang kaki (seperti anda menekuk sepatu lari), beberapa orang mengatakan terasa sakit pada punggung telapak kaki ketika menggunakan jenis ini.
  12. Pilihlah fin yang sesuai dengan ukuran sepatu anda. Tidak terlalu sempit tapi juga tidak terlalu lebar.Jika anda memilih fin OH pastikan anda mencobanya sambil menggunakan booties.
  13. Jika anda memilih fin OH pastikan sisa strapt fin tidak terlalu panjang.
  14. Setelah mendapatkan paket dengan masker dan fin yang cocok saatnya memilih paket dengan snorkel yang nyaman untuk anda.
  15. Anda bisa saja tidak perlu memilih snorkel karena pada umumnya snorkel pada peralatan dasar selam secara paket sudah standart selam. Namun ada baiknya anda periksa pada bagian mouthpieces.
  16. Pilihlah mouthpieces yang bisa diganti apabila anda sering menggigit atau mengunyah karet mouthpieces ketika menyelam.
Jangan lupa pilihlah peralatan dengan merk yang sudah umum di dunia selam dan warna yang sesuai dengan selera anda. Salam diver!!!



Jika artikel ini bermanfaat, silahkan isikan alamat email Anda untuk berlangganan artikel scubadivingsurabaya.com secara gratis melalui email :


1 comments:

Anonim mengatakan...

thanks om

Poskan Komentar

Komentar anda akan dimoderasi oleh admin.