Selasa, 08 November 2011

Panduan Membeli Fin Diving

Peralatan Selam - Fin dipopulerkan oleh Owen Churchil pada akhir 1930'an. Fin diving adalah salah satu peralatan dasar scuba diving yang berbentuk seperti sirip ikan dan berfungsi untuk membantu gerak ketika didalam air. Kita dapat berenang tanpa menggunakan fin namun berenang dengan menggunakan fin akan lebih cepat, lebih mudah dan lebih hemat tenaga daripada berenang tanpa fin. Anda bisa membayangkan dengan menggunakan fin luas penampang kaki kita akan lebih luas sehingga kayuhan kaki akan memberikan tenaga dorong lebih besar daripada berenang tanpa menggunakan fin. Selain membantu kita ketika berenang, fin juga berfungsi untuk melindungi kaki dari benturan terhadap batu karang dengan tidak sengaja.

Fin Closed Foot vs Fin Open Foot

Berdasarkan jenisnya fin dibagi menjadi dua yaitu fin closed foot (fin full foot/FF) dan fin open foot (fin openheel/OH). Anda dapat melihat beda dua tipe fin tersebut seperti pada gambar di sebelah kiri. FF menutup semua kaki sedangkan OH bagian kaki terbuka dibagian belakang.

Keuntungan menggunakan FF adalah lebih murah dari pada OH. Mengapa demikian? karena untuk menggunakan fin FF kita tidak perlu menggunakan booties. Keuntungan kedua adalah lebih ringan. Tentu saja dengan berat yang ringan akan memudahkan membawa fin tersebut. Keuntungan ketiga adalah lebih efisien. Efisien artinya karena memiliki berat yang ringan maka kita tidak membutuhkan tenaga yang besar ketika mengayuh. Fin FF sangat cocok bagi para penyelam pemula dan penyelam bertubuh kecil. Namun fin ini juga memiliki kelemahan yaitu tidak cocok apabila digunakan pada penyelaman didaerah kedalaman yang ber-arus.

Alasan utama untuk menggunakan OH adalah memungkinkan untuk memakai sepatu selam/booties. Booties berguna untuk melindungi kaki pada penyelaman yang dimulai dari pantai (beach entry). Booties akan melindungi kaki dari batu karang ketika berjalan dari pantai. Booties juga berguna untuk menghangatkan kaki ketika menyelam. Perlu diingat bahwa fin OH didesain khusus untuk penyelam, karena aktifitas menyelam seringkali didaerah berarus kuat sehingga mereka membutuhkan tenaga kayuhan yang lebih besar.

Paddle Fin vs Split Fin

Baik fin FF maupun fin OH ada yang berbentuk paddle atau split. Perhatikan gambar disamping kiri tersebut. Gambar yang atas adalah fin klasik berbentuk dayung/paddle dan gambar yang bawah adalah fin modern berbentuk terpisah/split. Keduanya memiliki manfaat yang berbeda-beda namun yang paling penting adalah pilihlah yang anda rasa nyaman ketika dipakai diving.

Keuntungan Menggunakan Paddle Fin

Fin ini telah teruji puluhan tahun dengan berbagai kondisi. Manfaat dari paddle fin adalah memiliki tenaga dorong yang besar sehingga sedikit kayuhan akan menggerakan tubuh lebih cepat. Selain tenaga yang besar, paddle fin juga mudah untuk digunakan berenang dengan bermanuver ketika menyelam. Paddle fin sangat umum digunakan oleh para penyelam.

Keuntungan Menggunakan Split Fin 

Secara teori split fin (hasil pengujian dan laporan penyelam) adalah desain split fin akan mengarahkan air langsung ke belakang fin dari pada paddle fin yang condong mengayuh dengan melawan air. Penggunaan split fin dengan benar lebih menghemat tenaga dan dapat menyebabkan berenang maju lebih cepat daripada paddle fin.

Beberapa hal yang membuat orang tidak menyukai menggunakan split fin adalah akibat kayuhan split fin, tubuh tidak terasa langsung bergerak. Begitupun juga ketika melakukan gerakan kontrol posisi tubuh (seperti berbelok atau memutar badan) akan terasa lambat. Split fin sangat berguna untuk pergerakan maju.

Fins Yang Sebaiknya Anda Pilih

Kami merekomendasikan bagi anda sebagai penyelam fun-diving pemula untuk memiliki fin FF dengan bentuk paddle fin. Fin FF akan membantu anda belajar diving di kolam renang, namun apabila frekuensi menyelam dilaut anda sudah tinggi (lebih banyak menyelam di laut daripada menyelam di kolam renang setiap bulan) maka sebaiknya anda langsung membeli fin OH. Bagi anda yang sudah sangat mahir dalam berenang maka menggunakan split fin tidak akan menyulitkan ketika menyelam.

Kualitas Fin Sangat Penting Untuk Bentuk Split Fin

Lebih baik membeli paddle fin yang murah dari pada membeli split fin yang murah. Split fin yang murah seringkali lebih cepat rusak daripada paddle fin terutapa pada bagian pemisah sirip. Jadi bila kondisi kantong anda terbatas sebaiknya memilih paddle fin saja.

Kenyamanan Penggunaan Fin

Hal utama yang mendasari untuk membeli fin adalah kenyamanan. Anda tidak perlu memiliki fin yang mahal namun tidak nyaman digunakan. Apabila anda ragu memilih bentuk fin apa yang nyaman untuk anda, putuskan saja anda membeli fin dengan bentuk paddle. Mengapa demikian? karena sudah bisa dipastikan anda tidak perlu menyesuaikan diri ketika menggunakan paddle fin.

Ukuran Yang Pas

Pastikan anda membeli fin yang sesuai dengan ukuran kaki anda. Jangan terlalu besar tapi juga jangan terlalu kecil. Memilih ukuran fin sama dengan seperti memilih ukuran sepatu untuk kaki anda. Lebih baik menggunakan fin dengan ukuran yang agak ketat (tidak terlalu ketat) daripada menggunakan fin yang terlalu besar.

Harga Yang Sesuai Dengan Kantong Anda

Sama halnya dengan membeli masker diving dan snorkel, belilah fin yang sesuai dengan kantong anda. Harga fin FF berkisar antara Rp.350.000 hingga Rp.1.700.000 tergantung model, teknologi dan bahan fin tersebut. Sedangkan harga untuk fin OH berkisar antara Rp.450.000 hingga Rp.1.250.000 (belum termasuk booties). Hati - hati jangan keliru membeli fin untuk berlatih berenang di kolam renang. Fin untuk di kolam renang cenderung lebih lentur dan lebih lemes daripada fin untuk diving.

Sebelum membeli ada baiknya anda bertanya kepada instruktur belajar diving atau kursus diving di kota anda. Apabila anda tinggal di Surabaya, dapat mengikuti Program Belajar Diving Surabaya atau Program Kursus Diving Surabaya. Lalu bagaimana cara untuk lebih hemat dalam belanja alat dasar selam? Nantikan artikel kami selanjutnya yang membahas tentang "Tips Membeli Peralatan Dasar Selam Dengan Hemat". Selamat belanja dan salam diver!!!

Resources : http://www.scubadivingsurabaya.com/2011/11/panduan-membeli-fin-diving.html



Jika artikel ini bermanfaat, silahkan isikan alamat email Anda untuk berlangganan artikel scubadivingsurabaya.com secara gratis melalui email :


0 comments:

Posting Komentar

Komentar anda akan dimoderasi oleh admin.