Selasa, 08 November 2011

Panduan Membeli Snorkel

Peralatan Selam - Artikel ini membahas panduan untuk membeli snorkel yang baik untuk diving dan sesuai dengan kemampuan kantong anda. Ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan ketika membeli snorkel antara lain jenis mouthpiece, jenis mask strap clip, big person vs small person, snorkel ukuran anak, snorkel untuk snorkeling vs snorkel untuk diving, permasalahan dry snorkel dan harga snorkel. Mari kita bahas satu per satu.
Mouthpiece Dari Silikon 

Sama halnya dengan memilih masker untuk diving, sebaiknya anda memilih snorkel dengan mouthpiece yang berbahan silikon. Mouthpiece dengan bahan silikon memiliki keunggulan lebih nyaman dalam penggunaannya, lebih fleksibel (tidak kaku) dan lebih tahan lama dari pada mouthpiece yang terbuat dari plastik (mudah pecah).

Removable/Replaceable Mouthpiece

Sebenarnya kita tidak perlu mengganti mouthpiece, namun ada beberapa orang yang memiliki kebiasaan buruk yaitu menggigit mouthpiece dengan kuat atau bahkan ada yang mengunyah mouthpiece tersebut. Jika anda salah satu orang yang memiliki kebiasaan tersebut sebaiknya pilihlah snorkel dengan mouthpiece yang dapat diganti dengan yang baru.

Mask Strap Clips

Ada beberapa jenis model mask strap clip, ada yang terbuat dari plastik dan ada juga yang terbuat dari silikon atau karet. Namun saat ini sudah ada model terbaru yang sangat memudahkan pemasangan dan pelepasan snorkel dari masker strap. Model ini terdiri dari dua bagian yaitu bagian pertama terpasang pada snorkel dan bagian lainnya terpasang pada masker strap. Untuk memasangnya hanya dengan memadukan kedua bagian tersebut. Seperti yang ditunjukan pada gambar dibawah ini.


Big Person vs. Small Person

Orang bertubuh besar menghirup udara relatif lebih banyak dari orang bertubuh kecil. Oleh karena itu bagi anda yang bertubuh besar pastikan menggunakan snorkel dengan tabung yang berdiameter besar. Jika anda menggunakan snorkel dengan tabung berdiameter kecil maka anda akan merasakan ketidak nyamanan ketika mengghirup udara melalui snorkel (terasa kurang lega). Begitupun sebaliknya jika anda bertubuh kecil pilihlah snorkel dengan diameter tabung yang kecil. Jika anda menggunakan snorkel berdiameter besar, anda akan kesulitan pada saat melakukan pembersihan tabung snorkel.

Snorkel Ukuran Anak

Untuk parameter yang satu ini digunakan apabila anda akan membeli snorkel untuk anak anda. Pilihlah snorkel khusus untuk anak. Namun terkadang ada anak yang tidak mendapatkan masalah ketika menggunakan snorkel orang dewasa. Hanya saja logikanya snorkel dewasa memiliki ukuran diameter lebih besar dan tabung snorkel yang lebih panjang tentu saja akan menyulitkan bagi anak anda yang memiliki ukuran mulut kecil.

Snorkel Untuk Snorkeling vs Snorkel Untuk Diving

Seorang penyelam lebih menyukai snorkel yang kecil, ringan dan lebih pendek dari pada snorkel untuk snorkeling. Alasannya adalah penyelam hanya menggunakan snorkel ketika berenang dipermukaan (backturtle) atau mencari lokasi untuk diving. Selebihnya (ketika diving) snorkel tidak digunakan. Bagaimana dengan freediving dan skindiving

Freediving Menggunakan Dry Snorkel

Penggunaan dry snorkel ketika freediving dapat menyebabkan flex tube snorkel menjadi gepeng/penyet. Kondisi ini biasa terjadi, anda tidak perlu panik. Hal ini dikarenakan dry snorkel memiliki splash snorkel yang cukup kuat untuk menahan masuknya air kedalam tabung sehingga tabung snorkel masih tetap kering dan berisi sedikit udara (jangan pernah berpikir dapat menggunakan udara ini untuk bernafas). Tabung yang tertutup rapat dikedalaman 4,5 - 6 meter dan terkena tekanan dari luar yang lebih besar daripada didalam tabung menyebabkan volume udara didalam tabung akan mengecil sehingga flex tube akan penyet/gepeng. Namun ketika kita naik kepermukaan flex tube akan kembali ke kondisi semula. Kondisi ini mirip dengan botol air mineral pada artikel resiko diving. Tentu saja kondisi ini akan mengurangi daya tahan pada flex tube snorkel anda.

Pilihlah Snorkel Yang Sesuai Dengan Kondisi Dompet Anda

Harga snorkel diving dipasaran sangatlah bervariasi, mulai dari Rp.200.000,- hingga lebih dari Rp.800.000,-. Pilihlah snorkel memiliki ukuran standart (kecuali bila ukuran tubuh anda melebih ukuran orang normal di Indonesia). Bila tubuh anda terlalu besar atau terlalu kecil (sedikit padanannya untuk ukuran orang Indonesia) barulah anda menggunakan parameter ukuran snorkel yang cocok untuk anda. Tidak perlu anda membeli dry snorkel bila anda sudah bisa menggunakan semi dry snorkel atau bahkan classic snorkel (baca artikel Snorkel Diving). Masalah terbesar kebanyakan orang menggunakan snorkel adalah mereka kurang rileks ketika bernafas, bukan pada kualitas atau jenis snorkel kurang baik. Tetapi jika anda bernafas dengan rileks ketika menggunakan snorkel, maka apapun jenis snorkel yang anda gunakan tidak akan bermasalah.

Sebelum membeli ada baiknya anda bertanya kepada instruktur belajar diving atau kursus diving di kota anda. Apabila anda tinggal di Surabaya, dapat mengikuti Program Belajar Diving Surabaya atau Program Kursus Diving Surabaya. Lalu bagaimana cara untuk memilih fins atau alat selam dasar yang lain? Nantikan artikel kami selanjutnya yang membahas tentang "Tips Memilih Fins" dan "Tips Memilih Peralatan Dasar Selam". Selamat belanja dan salam diver!!!

Resource : http://www.scubadivingsurabaya.com/2011/11/panduan-membeli-snorkel.html



Jika artikel ini bermanfaat, silahkan isikan alamat email Anda untuk berlangganan artikel scubadivingsurabaya.com secara gratis melalui email :


0 comments:

Posting Komentar

Komentar anda akan dimoderasi oleh admin.