Rabu, 09 November 2011

10 Manfaat Scuba Diving


Scuba Diving - Menyelam dengan peralatan scuba adalah berolahraga sambil berekreasi dan berpetualang. Artinya dengan melakukan aktifitas scuba diving, kita akan merasakan manfaat berolahraga yaitu menjadikan tubuh sehat, manfaat berekrasi yaitu mendapatkan kesenangan dan hiburan serta manfaat berpetualang yaitu pengalaman yang tak terlupakan. Berikut ini adalah 10 (sepuluh) manfaat scuba diving yaitu :
#1 Melatih Kelenturan dan Kekuatan Otot

Ketika menyelam, kita akan mengerak seluruh otot tubuh kita namun tidak menyebabkan kelelahan karena tubuh kita mendapatkan daya apung dari air. Ketika kita berenang atau bergerak di dalam air, otot-otot akan berkerja dengan keras dan konstan yang artinya tidak ada gerakan yang menghentak sehingga dapat melatih kelenturan dan kekuatan otot dengan baik. Sama halnya dengan berenang, diving juga melatih seluruh otot pada tubuh dibandigkan olahraga lain yang masih memungkinkan ada otot tubuh tidak terlatih.

#2 Melatih Kelincahan Gerakan Tubuh


Dengan mengayuh secara konstan, akan melatih kelincahan gerakan, terutama di daerah kaki. Perlu diketahui kita tidak akan pernah bisa berenang dengan gerakan kaku maupun patah-patah ataupun juga dengan gerakan menghentak biarpun dengan tenaga yang kuat. Seluruh gerakan berenang mengandalkan kelenturan dan kelincahan.

#3 Melancarkan Sirkulasi Darah


Ketika menyelam seluruh otot akan berkerja secara bersamaan dan konstan. Pergerakan otot secara bersama dan konstan akan membuat sistem kardiovaskular berkerja dengan penuh untuk menyuplai oksigen melalui darah dalam jumlah besar. Oleh karena itu, menyelam dapat dikatakan olahraga yang baik untuk sistem kardiovaskular kita.

#4 Melancarkan Sistem Pernafasan


Scuba diving tidak hanya melatih jatung tapi juga membuat organ paru menjadi sehat. Selama menyelam kita cenderung menghirup udara sebanyak mungkin secara konstan sehingga akan melatih otot-otot pada paru kita.

#5 Menurunkan Tekanan Darah


Sirkulasi darah dan sistem pernafasan yang baik akan dapat membantu menurunkan tekanan darah. Ada studi melaporkan bahwa orang yang menyelam secara teratur jarang/hampir tidak terkena serangan jantung maupun stroke.

#6 Meningkatkan Konsentrasi/Fokus


Aktifitas scuba diving mampu meningkatkan kesadaran dan konsentrasi. Ketika menyelam, kita akan terus-menerus menjaga keseimbangan dengan cara mengkoordinasikan kaki dan gerakan tangan. Selain menjaga keseimbangan tentu saja kita juga terfokus untuk tidak merusak karang, ikan, dan kehidupan laut disekitar kita saat menjelajahi dunia bawah air. Dengan menyelam, kita akan belajar untuk mengontrol otot-otot tubuh tanpa kehilangan konsentrasi pada kondisi lingkungan sekitar.

#7 Menurunkan Stres


Fakta membuktikan bahwa memperhatikan air tenang maupun mengalir dapat mengurangi stres. Peredaran darah yang lancar dan sistem pernafasan yang teratur dapat membuat kita rileks. Ketika menyelam, tubuh  akan serasa melayang dan memberikan rasa damai dan tenang. Demikian juga pada pikiran kita, ketika berada di dalam laut seluruh beban kerja dan kehidupan akan terlupakan dan pikiran kita hanya terfokus pada lingkungan dibawah laut sekitar kita.

#8 Mendekatkan Diri Pada Tuhan YME Dengan Menghargai Keindahan Alam 


Banyak tempat diving (diving spot) yang memiliki pemandangan yang indah di dasar laut. Kita akan menemukan tumbuhan yang belum pernah kita lihat sebelumnya seperti sebuah kebun yang luas hanya saja di dalam laut dan kehidupan binatang (ikan, terumbu karang, penyu dll) disekitarnya membentuk sebuah kehidupan yang harmonis. Dengan menyelam, kita akan merasa lebih dekat dengan alam dan belajar untuk menghargai diri kita dan lingkungan sekitar lebih dari sebelumnya.

#9 Melatih Keterampilan


Aktifitas scuba diving akan menambah kemampuan dan keterampilan yang belum pernah kita miliki sebelumnya. Tentu saja ketrampilan baru akan diikuti dengan knowledge yang baru juga. Ketika kita memutuskan mengikuti program belajar diving hingga program kursus diving, kita akan berkesempatan untuk mempelajari teknik berenang, teknik pencarian bawah air, teknik penyelamatan dan teknik fotografi bawah air serta mendapatkan knowledge tentang kondisi laut dan dunia bawah air.

#10 Keuntungan Sosial


Dengan bergabung pada kelas scuba diving atau klub diving di kota anda, maka anda akan berkesempatan untuk bertemu berbagai orang dan menjalin pertemanan. Ketika anda menyelam bersama mereka hal yang anda rasakan adalah tidak hanya menjadi sekedar teman tapi akan melekat pada pikiran anda menjadi teman seumur hidup. Karena di dalam laut anda akan saling membantu, saling mengingatkan dan saling melindungi satu sama lain. Tentu saja hubungan pertemanan yang baik dapat berdampak ke hubungan karir yang baik pula.

Bagaimana cara anda belajar scuba diving?

Anda dapat mengikuti program kursus diving yang diadakan oleh klub selam di kota anda. Apabila anda berada di kota Surabaya dan sekitar, anda dapat mengikuti Program Belajar Diving Surabaya dan Program Kursus Diving Surabaya di www.scubadivingsurabaya.com. Salam Diver!!!



Jika artikel ini bermanfaat, silahkan isikan alamat email Anda untuk berlangganan artikel scubadivingsurabaya.com secara gratis melalui email :


0 comments:

Posting Komentar

Komentar anda akan dimoderasi oleh admin.