Sabtu, 05 November 2011

Panduan Membeli Masker Diving Yang Sesuai Dengan Dompet Anda

Peralatan Selam - Kali ini kami akan membahas sedikit tentang panduan untuk membeli masker diving yang baik dan sesuai dengan kondisi kantong anda. Sebelum membaca artikel ini, pastikan bahwa anda telah membaca artikel kami yang sebelumnya berjudul "Masker Diving".

Tips #1 - Kenali Bentuk dan Ukuran Wajah Anda

Pertama kali yang perlu anda lakukan adalah perhatikan wajah anda di depan cermin dengan seksama. Apakah bentuk wajah anda sempit atau lebar? Apakah jarak kedua mata anda dekat atau jauh? Apakah hidung anda besar (mancung) atau kecil (pesek)? Apakah di bagian bawah hidung dan di atas bibir memiliki banyak ruang? Setelah anda mengenali bentuk wajah anda maka cobalah untuk memilih masker diving berdasarkan. Bila bentuk hidung anda besar atau mancung pastikan anda memilih masker yang memiliki saku  hidung cukup besar. Masker dengan saku hidung yang besar biasanya pada model masker dengan dua lensa atau pada masker dengan lensa depan yang terpisah. Untuk bentuk wajah yang bulat atau lebar dengan jarak kedua mata yang jauh, biasanya akan terasa nyaman bila menggunakan masker diving dengan model satu lensa atau pada masker dengan lensa depan yang menjadi satu. Bagaimana bila bentuk wajah bulat, jarak kedua mata jauh dan hidung besar? Mungkin anda akan lebih nyaman dengan menggunakan masker 4 lensa yang relatif memiliki saku hidung yang besar dan volume masker yang besar.

Petunjuk Untuk Diver Laki-Laki - Jangan lupa untuk mencukur kumis sebelum anda pergi untuk membeli masker diving. Kumis yang tebal akan menyulitkan anda ketika mencoba masker diving.

Tips 2# - Pilih Masker Yang Akan Dicoba

Setelah anda berada di toko alat selam hal pertama yang perlu anda lakukan adalah mencoba masker. Anda harus mencoba masker dengan model satu lensa dan model dua lensa untuk memastikan seberapa ruang saku hidung yang cocok untuk hidung anda. Tempelkan masker tersebut dengan rileks pada wajah anda (tanpa strap) dan perhatikan didepan cermin. Rasakan apakah terasa terlalu sempit di daerah sekitar mata dan tidak terasa sakit pada daerah pertemuan hidung dan mata. Perhatikan mask skirt, apakah semua menempel pada seluruh bagian wajah anda tanpa harus anda tekan dengan kuat pada bagian tertentu? Bila ada bagian yang tidak nempel dengan wajah anda mungkin dikarenakan model masker yang tidak sesuai dengan bentuk wajah anda atau mask skirt pada masker tersebut yang kurang bagus. Pertanyaannya bagaimana bila anda membeli masker diving melalui online? Sebelum membeli cobalah anda memilih bentuk dan model masker di persewaan alat selam di kota anda. mengikuti program belajar diving atau program kursus diving anda bisa mencoba masker diving yang disediakan

Tips 3# - Menguji Mask Skirt Pada Masker

Kembali anda tempelkan masker pada wajah anda sambil menunduk tanpa memasang strap pada belakang kepala anda. Tekan masker dengan rileks kemudian sedikit tarik nafas melalui hidung, dan melepaskan tangan anda. Masker diving yang baik harus tetap menempel pada wajah anda tanpa harus terus menghirup udara dari hidung. Setelah memastikan masker tidak jatuh, coba gerakan kepala anda dengan menoleh ke-kiri, ke kanan dan ke atas. Masker diving yang cocok dengan bentuk wajah anda tetap tidak akan jatuh. Terakhir cobalah untuk sedikit tersenyum, apakah masker tidak terjatuh? Seringkali ketika tersenyum didalam laut, air akan masuk kedalam masker melalui bagian bawah hidung.

Tips #4 - Pakailah Masker Tersebut Dengan Benar

Perhatikan bahwa masker telah menempel dengan hanya sedikit tarik nafas melalui hidung anda kemudian pasangkan tali masker (strap) di belakang kepala anda. Masker harus tetap dalam kondisi kedap udara dengan ikatan tali yang ringan/tidak ketat. Jika Anda harus menarik tali terlalu ketat untuk mendapatkan kondisi kedap udara, maka ketika diving kulit wajah anda akan memerah atau bahkan anda akan merasa kesakitan. Hal ini dikarenakan ketika dibawah laut, tekanan air akan membuat masker makin menekan pada wajah anda. Setelah itu cobalah dengan mencubit hidung anda (pressure equalize), pastikan masker tetap pada kondisi kedap udara.

Tips #5 - Cobalah Untuk Mengendorkan Dan Mengetatkan Strap Masker

Pakailah masker tersebut dengan benar (seperti pada tips #4). Cobalah untuk mengendorkan dan mengetatkan strap masker melalui gesper di sisi kiri dan kanan masker secara bersamaan. Cara kerja gasper harus memudahkan anda untuk melakukan penyetelan keketatan strap tanpa harus melepas masker. Hal ini akan sangat berguna ketika anda harus mengendorkan dan mengetatkan strap masker ketika sedang diving. Pada saat melakukan ini, biasanya akan terjadi kebocoran pada mask skirt, namun yang terpenting adalah anda tidak perlu melepas masker ketika harus mengetatkan atau mengendorkan strap masker tersebut.

Tips #6 - Cobalah Pasang Snorkel Pada Masker

Pasangkan snorkel pada masker dan kemudian pakailah masker tersebut dengan benar (seperti pada tips #4). Kemudian gerakan snorkel kearah mulut anda (seolah-olah akan anda masukkan ke mulut). Ketika anda menggerakan snorkel rasakan kelonggaran mask skirt ada di bagian mana. Jarang sekali orang mencoba teknik ini namun seringkali bergeraknya snorkel akibat arus air akan menyebabkan masuknya air pada masker anda.

Tips #7 - Pilihlah Masker Dengan Bahan Yang Bagus

Dalam kondisi baru mask skirt dari bahan plastik juga menunjukan kualitas yang bagus namun setelah beberapa waktu mask skirt tersebut akan bocor. Oleh karena itu pilihlah masker dengan mask skirt yang terbuat dari silikon. Lensa kaca ada yang terbuat dari plastik dan ada juga yang terbuat dari kaca. Lensa yang terbuat dari kaca tidak mudah lecet namun rawan pecah. Lebih baik anda membeli masker dengan lensa dari kaca.

Tips #8 - Pilihlah Masker Dengan Harga Yang Sesuai Kondisi Dompet Anda

Harga masker diving dipasaran sangatlah bervariasi, mulai dari Rp. 400.000,- hingga lebih dari Rp. 1.000.000,-. Pilihlah masker yang sesuai dengan bentuk wajah dan kondisi keuangan anda. Tidak perlu anda membeli masker yang sangat mahal bila anda tidak nyaman ketika menggunakannya. Untuk menambah kenyamanan ketika menggunakan masker, anda dapat membeli aksesoris masker strap cover. Masker strap cover berguna untuk memudahkan pemasangan strap ke belakang kepada dan mencegah rasa sakit akibat tertariknya rambut ketika memasang maupun melepas strap di belakang kepala anda. Harga masker straps cover mulai dari Rp. 50.000 hingga Rp. 75.000,-. Lalu bagaimana cara untuk memilih snorkel atau alat selam dasar yang lain? Nantikan artikel kami selanjutnya yang membahas tentang "Tips Memilih Snorkel" dan "Tips Memilih Peralatan Dasar Selam". Selamat belanja dan salam diver!!!

Resources : http://www.scubadivingsurabaya.com/2011/11/panduan-membeli-masker-diving-yang.html



Jika artikel ini bermanfaat, silahkan isikan alamat email Anda untuk berlangganan artikel scubadivingsurabaya.com secara gratis melalui email :


0 comments:

Poskan Komentar

Komentar anda akan dimoderasi oleh admin.