Senin, 07 November 2011

Buddy System Membuat Fun-Diving Menjadi Aman Seperti Bersepeda

Tips dan Trik Diving - Beberapa artikel membahas tentang lebih aman melakukan solo diving daripada diving berpasangan (diving with buddy). Alasan utamanya adalah penyelam yang melakukan solo diving selalu dilengkapi dengan peralatan yang sangat memadai dan memiliki skill diving lebih baik daripada peselam yang lain. Hal ini mungkin saja benar, karena peralatan tersebut lebih siap untuk digunakan daripada mengandalkan kemampuan penyelam lain yang memiliki batas kemampuan dalam menangani resiko didalam laut. Namun alasan ini juga memiliki kelemahan yaitu banyak fakta mengatakan kecelakaan selalu terjadi secara mendadak dan tentu saja tidak mudah di prediksi dan di tangani oleh peralatan yang tersedia. Oleh karena itu menyelam berpasangan tentu saja dapat mencegah terjadinya segala resiko yang tidak diinginkan.

Buddy System

Buddy System adalah sistem berpasangan yang diterapkan didalam kegiatan penyelaman yang berguna untuk mencegah terjadinya resiko dalam kegiatan diving. buddy system juga semacam SOP yang diterapkan untuk saling membantu, mengontrol setiap pasangan dari mulai persiapan penyelaman, selama penyelaman hingga selesainya kegiatan penyelaman. Buddy System dilakukan dengan saling berpasangan berdua atau bertiga (bila jumlah penyelam ganjil).


Berikut ini adalah kegiatan Buddy System pada kegiatan penyelaman:
  1. Suiting Up antara lain menyiapkan, menyetel, dan memakai peralatan SCUBA.
  2. Pengecekan peralatan antara lain saling mengecek fungsi-fungsi dari peralatan SCUBA dan pemakaian peralatan yang benar dan nyaman.
  3. Sebelum terjun ke air, dilakukan pemeriksaan terakhir yaitu ABC Check (Air, Buckle dan Compensator).
  4. Ketika didalam air, seorang penyelam memiliki tanggungjawab untuk saling mengingatkan mitra selamnya antara lain waktu bottom time, kedalaman saat penyelaman, kondisi udara.
  5. Selain saling mengingatkan seorang penyelam juga memiliki tanggungjawab saling membantu bila mitra mengalami gangguan ketika menyelam.
  6. Seorang penyelam selalu menyelam berdekatan dengan mitranya. Jarak antara penyelam dengan mitranya tidak terlalu jauh (sekitar 1 - 2 x panjang lengan). Hal ini akan mempermudah penyelam dengan mitranya untuk saling berkomunikasi dan membantu ketika terjadi gangguan dibawah air.
  7. Setelah kegiatan penyelaman, setiap penyelam dan mitranya saling membantu untuk melakukan perawatan terhadap peralatan dan perlengkapan selam yang habis digunakan.
Buddy System Membuat Diving Se-aman Bersepeda

Beberapa resiko penyelaman yang dapat dicegah dengan Buddy System adalah 
  1. Sumber Daya Tambahan - Setiap penyelam selalu memiliki pasokan udara dalam tabung scuba yang dapat digunakan oleh mitranya dengan menggunakan octopus. Sehingga apabila terjadi gangguan pada pasokan udara yang disebabkan oleh (rusaknya mouth piece, regulator dsb), penyelam tersebut dapat memanfaatkan pasokan udara dari octopus mitranya.
  2. Terjebak - Mitra dapat membantu melepaskan diri ketika kita tersangkut tali pancing, jala nelayan atau tersangkut pada penyelaman di daerah kapal karam.
  3. Gangguan Otot - Terjadi kram pada otot di perut, kaki atau bagian tubuh yang lain. Dengan adanya mitra menyelam maka kita tidak perlu panik. Mitra dapat membantu kita melakukan peregangan otot seketika di dalam air atau membantu kita untuk berenang kepermukaan.
  4. Kehilangan Peralatan - Sebuah kejadian memungkinkan menyebabkan terlepasnya fin dari kaki kita. Mitra dapat membantu untuk mengambilkan dan memasangkan fin tersebut ke kaki kita. Namun apabila fin tersebut jatuh dan tidak memungkinkan untuk diambil kembali maka mitra selam dapat membantu kita untuk berenang kepermukaan.
  5. Gangguan Predator - Resiko akibat gangguan predator (seperti hiu) hampir bisa dipastikan mendekati 0%. Bahaya serangan ikan hiu hanya kita jumpai di film saja. Namun dengan adanya mitra akan membantu kita dalam melihat kondisi disekitar zona penyelaman. Terutama bagi para pecinta fotografi bawah laut. 
  6. Berpikir Bersama - Tentu saja berpikir bersama akan lebih baik daripada berpikir sendirian.
  7. dsb
Oleh karena itu pada kegiatan fun-diving selalu menggunakan buddy system (sistem berpasangan) dan jarang sekali fun-diving hanya dilakukan berdua saja. Seringkali kegiatan fun-diving dilakukan secara berkelompok sekitar 5 - 10 orang, tentu saja akan lebih aman bukan?. Buddy System akan dijelaskan secara detail ketika kita mengikuti program belajar diving dan program kursus diving. Dengan cara mengetahui dan mempelajarinya serta melakukannya dengan hati-hati, displin sesuai dengan SOP maka kita dapat mencegah terjadinya resiko diving. Sama bukan dengan bersepeda dijalan raya, jika tidak dilakukan dengan benar tentu akan menyebabkan munculnya resiko.  Salam Diver!!!

Resources : http://www.scubadivingsurabaya.com/2011/11/buddy-system-membuat-fun-diving-menjadi.html



Jika artikel ini bermanfaat, silahkan isikan alamat email Anda untuk berlangganan artikel scubadivingsurabaya.com secara gratis melalui email :


0 comments:

Posting Komentar

Komentar anda akan dimoderasi oleh admin.