Jumat, 04 November 2011

Masker Diving

Peralatan Selam - Masker Diving adalah bagian paling penting dari peralatan snorkeling maupun diving oleh karena itu jika anda akan membeli masker pilihlah dengan benar dan sesuai dengan bentuk wajah anda. Jika masker anda bocor, terlalu ketat, atau menyakitkan digunakan dengan cara apapun, hal ini akan mengganggu waktu diving anda bahkan mungkin berbahaya jika anda tidak bisa mengatasi permasalahan ini ketika didalam air. Masker yang baik terbuat dari material yang lebih baik sehingga memiliki daya tahan yang lama.


Bagaimana masker melindungi wajah dan hidung anda ketika didalam air?

Masker yang baik adalah masker yang dapat menutup secara ketat di bawah hidung, di sekitar dahi, dan di sisi kiri kanan wajah anda sehingga air tidak dapat masuk. Jika masker terlalu lebar atau terlalu tinggi untuk wajah anda maka tidak akan melindungi wajah dan hidung anda dari air.

Mask Skirt

Mask Skirt atau biasa disebut dengan karet masker adalah bagian paling penting dari masker. Mask Skirt berfungsi untuk mencegah masuknya air ke dalam masker anda. Mask Skirt terbuat dari yang fleksibel, lunak namun terbuat dari bahan yang kuat mengelilingi seluruh masker.

Bahan Mask Skirt - Plastik vs Silikon

Masker dengan mask skirt yang terbuat dari plastik harganya relatif sangat murah (masker lama terbuat dari neoprene) namun memiliki kelemahan kurang fleksibel, sering bocor dan tidak tahan lama. Sebaiknya jika anda membeli masker pastikan anda memilih masker dengan mask skirt yang terbuat dari silikon. Silikon adalah bahan yang jauh lebih tahan lama daripada plastik dan mampu mencegah masuknya air kedalam masker anda dan bisa bertahan hingga lebih dari sepuluh tahun dengan perawatan yang mudah. Kebanyakan setiap masker yang disewakan di persewaan alat selam maupun yang dijual di toko alat selam sudah memiliki mask skirt yang terbuat dari silikon, tetapi jika anda membeli di toko alat renang, pastikan tertulis terbuat dari silikon.

Warna Mask Skirt Silikon - Hitam vs Transparan

Mayoritas warna mask skirt pada masker yang dipasaran adalah transparan. Tapi Anda juga bisa mendapatkan masker dengan mask skirt berwarna hitam. Masker dengan warna mask skirt hitam banyak digunakan oleh para diver yang menggeluti bidang fotografi bawah laut. Mask skirt warna hitam dapat mencegah kilau cahaya dari blitz kamera, sehingga akan menyulitkan untuk fokus ketika membidik sasaran foto atau melihat layar kamera. Masker dengan mask skirt hitam cenderung terasa lebih sempit pada pemakaiannya, dan sedikit mengurangi jarak pandang penyelam.

Memilih Lensa Masker

Sebuah masker berkualitas baik akan memiliki lensa yang terbuat dari kaca yang tahan pecah, bukan plastik. Tentunya ada berbagai bentuk model lensa masker dipasaran, anda dapat memilih yang sesuai dengan bentuk wajah dan model yang anda sukai. Jumlah lensa masker mempengaruhi jarak pandang penyelam tentu saja akan mempengaruhi kenyamanan ketika menggunakannya. Jadi sebaiknya pilihlah masker yang nyaman dipakai. Di pasaran anda juga dapat menemui masker dengan bentuk lensa yang berbeda-beda seperti pada gambar.

Masker Dengan Lensa Tunggal
Masker dengan lensa tunggal memiliki saku hidung yang dapat  menghalangi pandangan penyelam ke arah depan dan volume masker yang lebih besar. Permasalahan utama dengan masker jenis ini adalah ruang saku hidung yang sempit sehingga akan menyebabkan ketidaknyamanan bagi anda yang memiliki hidung besar (maaf).

Masker Dengan Dua Lensa
Masker dengan dua lensa yang terpisah memberikan ruang saku hidung yang lebih luas dan volume masker yang lebih kecil. Masker dengan dua lensa tidak menghalangi pandangan ke arah depan sepertu yang terjadi pada masker dengan satu lensa.

Masker Dengan Lensa Tiga / Empat
Pilihan selanjutnya adalah masker dengan penambahan lensa pada sis samping. Masker ini akan memberikan jarak penglihatan yang lebih baik dan memungkinkan lebih banyak cahaya yang menerangi jarak pandang penyelam dan volume masker yang lebih luas memberikan rasa lega ketika menggunakannya. Masker ini memungkinkan penyelam melihat lingkungan sekitar tanpa menggerakan kepala (cukup dengan melirik).

Frameless Masker
Frameless Masker adalah masker tanpa bingkai. Keuntungan dari masker ini adalah sangat ringan dan cenderung jauh lebih fleksibel. Namun bagi kebanyakan penyelam fleksibilitas masker ini menyebabkan masalah yaitu sulit untuk mencegah dari kebocoran air ketika menyelam (mungkin karena kurang cocok dengan bentuk wajah penyelam).

Masker Lensa Minus
Salah satu pertimbangan ketika membeli masker adalah sama dengan ketika anda akan membeli kacamata. Anda perlu  memastikan bahwa lensa sudah sesuai kondisi mata anda. Bagi anda yang memiliki mata dengan penglihatan minus (harus menggunakan kacamata) umumnya harus memesan masker dua lensa langsung ke toko selam di kota anda.

Volume Masker - Besar vs Kecil

Volume masker besar atau luas memberikan jarak lensa dengan wajah anda lebih jauh sehingga memiliki lebih banyak udara di dalamnya, dan memiliki daya apung lebih positif (lebih mengapung). Tidak ada yang lebih baik antara volume masker lebih besar atau lebih kecil. Tentu saja jika air masuk ke dalam masker maka akan lebih mudah membersihkan air didalam masker dengan volume kecil daripada masker dengan volume besar. Namun visibilitas (kemampuan/jarak pandang) akan lebih baik menggunakan masker dengan volume besar.

Straps & Buckles Strap

Kebanyakan tali masker terbuat dari silikon dan memiliki gesper untuk menyesuaikan kerapatan ketika menggunakan masker. Desain straps dan buckles strap sangatlah penting oleh karena itu pilihlah masker dengan gesper tali yang mudah untuk digunakan. Hal ini akan menguntungkan ketika anda harus melakukan penyesuaian kerapatan masker ketika diving.

Masker - Purge Valve vs No Purge Valve

Purge valve adalah katup pembersi di bawah saku hidung. Hal ini memungkinkan anda untuk membersihkan air yang masuk kedalam masker (teknik mask clearing) dengan cara memegang masker pada wajah anda dan meniup ringan dari hidung. Hal ini dapat membersihkan air tanpa membuka masker anda. Namun meskipun masker dengan purge valve dapat membantu para penyelam ketika melakukan teknik mask clearing, kebanyakan para diver tidak memiliki masalah melakukan hal yang sama menggunakan masker tanpa purge valve. Teknik mask clearing akan diajarkan pada program belajar diving maupun pada program kursus diving. Penyelam cukup memegang bagian atas masker kemudian meniup udara dari hidung dan air akan keluar dari bagian bawah mask skirt kemudian mask skirt akan menutup kembali. Untuk masker dengan purge valve terkadang akan mengalami kerusakan pada katup tersebut sehingga malah akan menyusahkan ketika sedang diving. Oleh karena itu banyak penyelam lebih menyukai masker tanpa purge valve. Lalu bagaimana cara untuk memilih masker diving yang tepat dan berapa harganya? Kami akan segera membahasnya di artikel "Tips Memilih Masker Diving" dan "Tips Memilih Peralatan Dasar Selam". Salam Diver!!!

Resources : http://www.scubadivingsurabaya.com/2011/11/tips-membeli-masker-diving.html



Jika artikel ini bermanfaat, silahkan isikan alamat email Anda untuk berlangganan artikel scubadivingsurabaya.com secara gratis melalui email :


0 comments:

Posting Komentar

Komentar anda akan dimoderasi oleh admin.