Kamis, 03 November 2011

Mahalkah Peralatan Diving?

Diving Equipment - Seringkali orang umum bertanya-tanya "Mahalkah peralatan selam itu?" atau bahkan ekstrimnya mereka sudah menyimpulkan sendiri bahwa selam adalah olahraga mahal. Namun yang jelas murah dan mahal itu tergantung dari seberapa antusias orang tersebut menekuni olahraga atau hobby tersebut. Biasanya seorang pecandu diving akan menghabiskan uangnya untuk belanja peralatan selam lengkap (scuba gear) kisaran Rp.10.000.000,- hingga Rp.15.000.000,-. Peralatan selam lengkap terdiri dari perlengkapan dasar selam dan peralatan scuba diving atau biasa disebut dengan scuba gear.

Tentu saja anda dapat memiliki seluruh diving equipments itu secara bertahap (buy one by one). Dimulai dengan memiliki perlengkapan dasar selam (masker, snorkel dan fins) terlebih dahulu. Setelah memiliki masker, snorkel dan fins selanjutnya anda dapat memiliki wetsuit (baju selam). Harga wetsuit relatif mahal, untuk pemula kami sarankan anda untuk menyewa di persewaan alat selam atau sebagai alternatif lain anda dapat menggunakan baju renang yang panjang. Namun baju renang hanya dapat melindungi kulit anda dari kontak langsung dengan ubur-ubur tetapi tidak dapat melindungi anda dari bulu babi / landak laut. Bulu babi tumbuh di atas dan celah karang atau diantara terumbu karang oleh karena itu bahaya bulu babi dapat anda hindari dengan diving tidak terlalu dekat dengan celah karang maupun terumbu karang.

Setelah memiliki perlengkapan dasar selam dengan lengkap, selanjutnya anda dapat memilih yaitu melengkapi scuba gear atau membeli kamera untuk fotografi bawah laut. Perlengkapan scuba gear memang perlu anda miliki, namun saat ini sudah banyak usaha persewaan alat selam baik di kota besar maupun di dive resort yang akan anda kunjungi. Berbeda dengan kamera bawah laut yang hingga saat ini masih jarang dimiliki oleh persewaan alat selam, hal ini tentu saja akan menyulitkan anda untuk mendokumentasikan aktifitas anda di bawah laut jika anda tidak memiliki kamera bawah laut.

Berikut ini adalah perlengkapan dasar selam dan peralatan scuba gear serta alternatif (dalam tanda kurung) yang dapat anda miliki berdasarkan urutannya :
  1. Masker Diving, Snorkel dan Fins Full Foot.
  2. Wetsuit (baju renang panjang).
  3. Dive Comp (US Navy Dive Table + Jam Tangan Sport yang water resistance lebih dari 30m).
  4. Gloves (sarung tangan tebal).
  5. Fins Open Heel + Coral Boot/Booties (Fins Full Foot).
  6. Knife.
  7. Sabuk Pemberat.
  8. Flashlight Diving / Senter Selam (optional - hanya untuk night diving).
  9. Camera Diving / Kamera Bawah Laut (optional - bila dibutuhkan).
  10. BCD.
  11. Regulator Scuba.
  12. Tabung Scuba.
  13. Aksesoris lainnya.
Jika anda masih dalam tahapan belajar diving sebaiknya kami sarankan untuk sewa alat selam saja. Setelah anda memiliki sertifikat diving atau telah mengikuti program kursus diving, anda dapat mulai melengkapi perlengkapan dasar dan peralatan scuba diving anda. Tentu saja pelajari terlebih dahulu tentang tips dan trik memilih alat selam. Bertanyalah pada instruktur anda tentang merk alat selam apa yang baik dan memiliki daya tahan yang lama. Selain merk dan kualitas alat selam tentu saja anda juga harus memilih model atau tipe yang cocok untuk anda. Pelajari tentang cara perawatan alat selam untuk mencegah kerusakan pada alat selam anda. Salam Divers!!!



Jika artikel ini bermanfaat, silahkan isikan alamat email Anda untuk berlangganan artikel scubadivingsurabaya.com secara gratis melalui email :


0 comments:

Posting Komentar

Komentar anda akan dimoderasi oleh admin.