Jumat, 13 April 2012

Tips Memiliki Masker Scuba Pertama Anda

Peralatan Selam - Masker Scuba adalah bagian terpenting dari semua peralatan scuba. Masker Scuba juga merupakan salah satu alat yang harus anda miliki sendiri daripada menyewa di rental alat selam, bahkan bisa dibilang Masker Scuba adalah alat pertama yang harus anda miliki sendiri di awal mengikuti program sertifikasi scuba diving anda sebelum menyelam di laut untuk yang pertama kalinya. Penyelam berpengalaman paling sering menghabiskan waktu untuk mencari dan memilih masker yang cocok dan sesuai dengan bentuk wajah mereka sendiri. Tidak heran jika masker adalah peralatan yang paling disayang oleh para penyelam. Jadi jika anda sudah memiliki keinginan untuk belajar scuba diving atau mengikuti program sertifikasi diving maka sebaiknya segeralah memiliki masker scuba sendiri terlebih dahulu. Artikel ini akan membahas beberapa tips yang perlu anda perhatikan dan lakukan untuk memiliki dan merawat masker pertama anda.

Masker Scuba Diving

Ketika membeli masker diving, yang paling penting untuk memperhatikan adalah silikon yang ada di bibir masker. Bentuk dari bibir silikon pada masker harus sesuai dengan bentuk wajah anda sehingga akan nyaman untuk anda gunakan (tidak mudah bocor). Kualitas silikon juga harus baik, silikon dengan kualitas yang baik biasanya ditemukan di tipe masker dengan harga yang mahal (soft silicone) dan akan terasa lebih lembut serta lebih lentur daripada silikon pada tipe masker yang lebih murah.
Masker Dengan Black Silicone
Pertimbangan penting saat memilih masker adalah bentuk dan ukuran saku hidung. Berbagai jenis masker memiliki ruang saku hidung yang volumenya berbeda-beda dengan bentuk yang berbeda juga. Saku hidung yang nyaman adalah bila dipakai silikon saku hidung bagian dalam tidak menyentuh langsung atau menekan hidung anda. Selisih ruang saku dengan hidung anda adalah ruang sempit yang sangat membantu anda untuk menyamakan tekanan udara dalam masker dengan tekanan udara diluar serta untuk mempermudah keluar air ketika melakukan pemasangan ulang masker ketika menyelam di dalam air atau melakukan teknik mask clearing.
Masker Dengan Silikon Transparan
Masker baru biasanya pada lensa tertinggal lapisan silikon akibat proses manufaktur. Lapisan silikon tersebut dapat menyebabkan lensa mudah mengembun terus-menerus. Jadi, hal pertama yang harus anda lakukan untuk masker baru adalah menghilangkan bekas lapisan silikon tersebut sebelum menggunakannya untuk  penyelaman pertama di laut. Cara termudah adalah dengan menggosok permukaan lensa bagian dalam dan luar dengan pasta gigi menggunakan jari telunjuk anda kemudian biarkan semalam dan seka dengan kain lembut atau bilas dengan air tawar.

Cara favorit yang sering kami gunakan untuk menghilangkan kabut dengan mudah dan efektif sebelum menyelam di laut adalah menggunakan obat shampo bayi. Caranya dengan teteskan sedikit saja shampo bayi  ke permukaan lensa bagian dalam dan luar lalu langsung gosok secara merata dengan telunjuk anda, setelah itu langsung bilas hingga bersih. Lakukan cara ini beberapa jam sebelum jadwal anda menyelam di laut. Mengapa menggunakan shampo bayi? Mengapa bukan shampo orang dewasa? Alasan pertama shampoo bayi tidak menyebabkan perih di mata dan formulanya hipo-alergi serta jika pembilasan yang anda lakukan tidak 100% bersih maka shampo yang tersisa tidak akan menyakiti mata anda. Alasan kedua adalah shampo bayi juga mudah terurai dan umumnya ramah terhadap lingkungan. Alasan terakhir adalah tidak menimbulkan bau wangi yang menyengat tapi meninggalkan bau yang segar pada masker anda.

Jika anda masih sering mengalami masalah masker mengembun/berkabut walaupun sudah melakukan teknik perawatan lensa masker yang sudah dijelaskan diatas maka perhatikan dengan gaya bernapas anda. Mungkin saja secara tidak sengaja anda cenderung sering menghembuskan sedikit nafas melalui hidung sebelum anda mengeluarkan udara dari mulut. Ketika anda mengeluarkan udara melalui hidung, walupun hanya sedikit, udara hangat dari tubuh anda akan menciptakan kondensasi atau kabut di bagian dalam masker anda. Keluarkan semua udara nafas dari mulut anda akan membantu lensa masker anda tetap jernih. Perbaiki teknik pernapasan anda untuk menghindari napas keluar dari hidung, kecuali jika anda melakukan teknik "mask clearing" atau menyamakan tekanan udara dalam masker dengan tekanan udara di luar masker.

Salah satu hal yang paling penting untuk merawat masker anda bertahan lama (umur rata-rata masker adalah tahunan) yaitu dengan memastikan tidak kontak langsung dengan sinar matahari dalam waktu yang lama seperti di jemur. Sinar matahari yang panas terutama pada siang hari dapat merusak karet atau silikon masker. Silikon yang lembut akan menjadi keras dan menguning sehingga mmenyebabkan tidak bisa melekat sempurna pada kulit wajah anda akhirnya menyebabkan kebocoran masker. Selalu simpan masker anda di tempat yang gelap dan dingin tetapi tidak lembab. Jika Anda memiliki silika gel atau bahan pengering udara, letakan di dalam masker anda untuk menjaga kadar kelembaban ketika menyimpan di dalam tas.

Anda bisa langsung menuju ke toko selam yang ada di kota anda atau anda bisa membeli alat selam melalui online. Akan lebih mudah membeli masker dengan langsung datang ke toko alat selam, karena disana anda bisa langsung mencoba masker yang sesuai dengan bentuk wajah anda. Atau cara lainnya anda bisa membeli melalui online namun pastikan anda telah mencoba jenis masker yang sama sebelum membeli secara online. Pilihlah dive center yang memiliki banyak alternatif bentuk masker, cobalah semua kemungkinan bentuk masker yang mereka miliki ketika anda belajar diving atau mengikuti program kursus diving bersama mereka. Pilihlah masker yang paling nyaman untuk anda gunakan.


Jika artikel ini bermanfaat, silahkan isikan alamat email Anda untuk berlangganan artikel scubadivingsurabaya.com secara gratis melalui email :


0 comments:

Posting Komentar

Komentar anda akan dimoderasi oleh admin.