Jumat, 13 April 2012

Trik Perawatan Masker Agar Tidak Mudah Mengembun

Tips dan Trik Diving - Tidak ada yang dapat mengganggu kenyamanan menyelam lebih dari pada gangguan dari lensa masker yang selalu mengembun atau berkabut. Masker scuba yang mudah mengembun sering menjadi penyebab bagi para penyelam untuk frustrasi, terutama jika masker diving anda adalah baru anda gunakan pertama kali untuk menyelam di laut. Mungkin anda sudah menguasai teknik mask clearing ketika mengikuti program kursus sertifikasi diving, tapi kalau tiap menit harus melakukan mask clearing tentu saja akan mengganggu kenyamaan anda menyelam. Artikel ini membahas tentang trik perawatan masker baru atau masker lama agar tidak mudah mengembun ketika menyelam.

Contoh Masker Yang Mengembun
Masker diving baru anda biasanya tertinggal lapisan silikon pada lensa akibat dari proses manufaktur. Lapisan silikon tersebut dapat menyebabkan lensa mudah mengembun secara terus-menerus. Hal pertama yang harus anda lakukan pada masker baru adalah menghilangkan bekas lapisan silikon tersebut sebelum menggunakannya untuk  penyelaman pertama di laut. Berikut ini beberapa trik untuk mencegah masker mudah mengembun yang bisa anda gunakan pada masker baru maupun masker lama anda.

Pasta gigi - Oleskan pasta gigi dengan jari telunjuk anda untuk melapisi permukaan lensa bagian dalam dan luar kemudian diamkan semalam sebelum menyeka dengan kain lembut atau membilas lensa masker dengan air tawar. Cara ini ampuh  bekerja untuk menghapus lapisan silikon yang tersisa pada lensa masker baru anda. Orang sering menggunakan pasta gigi bahkan merupakan aktifitas rutin sebelum melakukan penyelaman. Pasta gigi sangat ampuh untuk mencegah masker mengembun terus menerus dan akan meninggalkan bau mint yang segar pada masker anda.

Trik api - Pada kasus masker yang baru, anda dapat membakar sisa lapisan silikon pada lensa dengan menggunakan ujung api. Tapi sebelum kita melangkah lebih jauh, berhati-hatilah menggunakan trik ini. Jangan pernah mencoba trik ini pada lensa yang terbuat dari plastik (lensa akan leleh). Gunakan ujung api pada lilin untuk membakar sisa lapisan silikon dan lensa akan menjadi hitam. Berhati-hatilah jangan sampai api mengenai silikon masker. Jangan biarkan kaca menjadi terlalu panas. Tunggu masker untuk dingin dan kemudian hapus warna hitam pada kaca lensa dengan kain lembut. Ulangi lagi hingga kaca lensa tidak lagi mudah menjadi hitam. Mungkin butuh 2 hingga 3 kali pemanasan untuk menghilangkan sisa lapisan silikon secara permanen.

Shampoo Bayi - Penggunaan shambo bayi adalah cara yang lebih favorit daripada cara sebelumnya untuk mencegah masker mudah mengembun. Beberapa tetes shampo bayi digosok ke seluruh permukaan lensa dan bilas sebelum menyelam. Mengapa shampo bayi? Mengapa bukan shampo orang dewasa? Alasan pertama shampoo bayi tidak menyebabkan perih di mata dan formulanya hipo-alergi serta jika pembilasan yang anda lakukan tidak 100% bersih maka shampo yang tersisa tidak akan membuat mata anda perih. Alasan kedua adalah shampo bayi juga mudah terurai dan umumnya ramah terhadap lingkungan. Alasan terakhir adalah tidak menimbulkan bau wangi yang menyengat tapi meninggalkan bau yang segar pada masker anda.

Gliserin - Terserah dalam bentuk asli seperti yang tersedia di apotek atau dalam bentuk sabun gliserin atau obat cuci piring yang bisa anda gunakan dengan metode yang sama seperti cara menggunakan shampo bayi. Tetes sedikit di bagian dalam masker, gosok secara merata dan bilas. Namun, Kelemahan dari cara ini adalah jika membilas masker anda tidak 100% bersih maka akan menyebabkan mata anda perih ketika penyelaman.

Obat anti-fog yang tersedia di toko alat selam - Sebagian besar toko alat selam selalu menjual cairan anti-fog untuk masker diving. Semprotkan pada bagian dalam lensa masker dan gosok secara merata dengan jari telunjuk. Biarkan beberapa saat supaya mengering dahulu sebelum anda gunakan. Hasilnya juga sangat beragam masih banyak perdebatan tentang keampuhan cara ini. Jadi pastikan anda tidak menghabiskan uang untuk membeli dan membandingkan berbagai merek pada produk ini.

Daun Pepaya - Sekilas terasa konyol untuk mencoba cara ini, namun ternyata sangat ampuh juga. Tumbuk daun pepaya dan gosokan getah daun pepaya pada permukaan lensa masker anda maka dijamin lensa masker anda tidak mudah mengembun.

Gunakan cara yang paling anda sukai dan jangan biarkan lensa masker anda mudah mengembun pada penyelaman anda. Hal utama untuk mengantisipasi pengembunan pada lensa masker adalah dengan menguasai teknik mask clearing. Walaupun kita sudah menggunakan pasta gigi, shampo bayi maupun obat anti-fog maupun getah daun pepaya masih memungkinkan terjadi pengembunan lensa masker ketika menyelam. Oleh karena itu pastikan anda menguasai teknik mask clearing yang merupakan salah satu teknik utama scuba diving yang harus anda kuasai ketika mengikuti program kursus diving. Jika anda belum yakin dengan kemampuan anda maka anda bisa mencoba lebih dahulu program belajar diving yang kami adakan di Surabaya.


Jika artikel ini bermanfaat, silahkan isikan alamat email Anda untuk berlangganan artikel scubadivingsurabaya.com secara gratis melalui email :


0 comments:

Posting Komentar

Komentar anda akan dimoderasi oleh admin.