Minggu, 15 April 2012

10 Tips Equalisasi Sempurna Untuk Diver Pemula

Teknik Diving - Teknik pertama yang anda pelajari ketika mengikuti program belajar scuba diving atau sertifikasi diving adalah menyamakan tekanan udara pada telinga Anda (equalisasi). Equalisasi adalah membuka ujung saluran eustachio sehingga udara masuk ke rongga telinga anda untuk melawan tekanan udara dari luar ketika anda menyelam lebih dalam. Cara yang paling umum untuk equalisasi yang diajarkan kepada anda sebelum menyelam pertama dikenal sebagai metode valsava. Metode valsava adalah menutup dua lubang hidung dengan mencubit menggunakan jari telunjuk dan ibu jari kemudian hembuskan udara melalui hidung yang tertutup tadi, sehingga udara tidak bisa keluar lewat lubang hidung kemudian memaksa udara mengalir ke dalam rongga telinga, sehingga terjadi penyamaan tekanan udara di dalam rongga telinga dengan tekanan udara diluar. Ketika melakukan equalisasi yang sempurna akan terdengar suara pop/plop atau klik dan efek utamanya adalah terhindar rasa sakit/nyeri pada telinga anda. Ada banyak teknik equalisasi yang bisa anda gunakan dan artikel ini akan membahas 10 tips equalisasi sempurna untuk penyelam pemula.

Equalisasi Valsava
  1. Lakukan equalisasi sebelum anda masuk ke dalam air. Dengarkan suara pop dan klik ketika anda masih berada di perahu atau sebelum menyelam. Lakukan dengan menelan ludah atau dengan menggunakan metode valsava secara perlahan-lahan. Pra-equaliasasi akan mempermudah equalisasi anda ketika mulai menyelam.
  2. Menyelam secara perlahan-lahan. Jika anda menyelam dengan posisi tubuh kepala dibawah dan kaki diatas maka akan membutuhkan usaha untuk equalisasi 50% lebih banyak daripada ketika anda menyelam dengan posisi tubuh berdiri atau kepala di atas dan kaki dibawah. Kepala lebih dekat dengan permukaan akan lebih mudah untuk melakukan equalisasi daripada kepala lebih dekat dengan dasar laut.
  3. Lakukan equalisasi sebelum anda merasa perlu melakukannya. Sebelum anda merasakan sakit pada telinga maka lakukan equalisasi lebih dahulu. Semakin menyelam lebih dalam tanpa melakukan equalisasi maka akan semakin sulit untuk melakukannya. Gunakan teknik Valsava dengan menelan ludah sejak pertama kali anda mulai masuk kedalam air.
  4. Perhatikan indikator kedalaman. Cara ini memungkinkan anda untuk turun secara teratur dan lebih terkontrol dan jika anda merasakan kesulitan equalisasi, maka anda dapat bertahan pada kedalaman tersebut untuk sementara hingga anda berhasil melakukan equalisasi beberapa kali.
  5. Naik sedikit jika anda gagal equalisasi. Jika anda mengalami kesulitan equalisasi maka sebaiknya anda naik sedikit pada kedalaman yang lebih rendah  untuk mempermudah equalisasi, kemudian setelah berhasil melakukan equalisasi anda bisa melanjutkan untuk mencoba menyelam lebih dalam lagi.
  6. Bersihkan masker dari air. Air di dalam masker bisa mengiritasi selaput lendir pada hidung anda dan menyebabkan menyumbat rongga hidung dan sinus. Hal ini akan mengganggu proses equalisasi menjadi lebih sulit.
  7. Jangan pernah menyelam dengan kondisi sakit flu. Penyakit pilek dapat membuat equalisasi menjadi sangat sulit atau bahkan tidak mungkin dilakukan.
  8. Hindari makanan alkohol dan rokok. Tembakau dan alkohol dapat mengiritasi selaput lendir anda dan menyebabkan penyumbatan pada saluran eustachio.
  9. Cobalah teknik equalisasi dengan metode lain. Misalnya mencoba dengan mencubit lubang hidung (metode valsava), menelan ludah dengan hidung tertutup (metode Toynbee) atau menggerakan tulang rahang kearah depan, kiri dan kanan (metode Voluntary Tubal Opening/hands free) untuk melonggarkan saluran eustachio anda dan masih banyak lagi. 
  10. Jangan pernah melawan equalisasi. Jika anda gagal melakukan equalisasi maka jangan menyelam lebih dalam lagi. Naik sedikit dan coba lakukan equalisasi. Memaksakan diri menyelam lebih dalam dengan  dengan menahan sakit pada telingan akibat equalisasi yang gagal bisa beresiko tinggi kerusakan pada telinga anda, jadi jangan pernah bermain-main dengan hal ini ketika menyelam.
Ikutilah Program Belajar Diving Surabaya dan Kursus Diving Surabaya berstandar internasional dengan instruktur yang sudah berpengalaman bertahun-tahun di dunia diving. Pelajari dan kuasai dengan sempurna seluruh teknik equalisasi bersama instruktur hebat kami. Salam Diver!!!


Jika artikel ini bermanfaat, silahkan isikan alamat email Anda untuk berlangganan artikel scubadivingsurabaya.com secara gratis melalui email :


0 comments:

Posting Komentar

Komentar anda akan dimoderasi oleh admin.