Senin, 14 Maret 2016

Clownfish Superstar Dunia Bawah Laut

Hari ini siapa yang tidak tahu si superstar Nemo? Nemo adalah nama karakter di film Finding Nemo tahun 2003 buatan Pixar. Di dunia bawah laut si Nemo memiliki nama Clown Anemonefish (ikan anemon) atau Clownfish (ikan badut). Clownfish sering disimpan sebagai hewan peliharaan tetapi mereka dapat bertahan hidup hanya 3 sampai 5 tahun di akuarium tetapi bisa lebih lama hingga 10 tahun jika hidup di alam liar hingga ukuran 11 cm. Ada sekitar 30 spesies dari anemonefish ini, yang sebagian besar hidup di perairan dangkal di Samudera Hindia, Laut Merah, dan Laut Pasifik bagian Barat. Clownfish tidak ditemukan di Karibia, Mediterania, atau Samudera Atlantik. Dengan populasi yang besar dan stabil maka tidak pernah susah menemukan ikan ini di kedalaman laut 5-8 meter.

Ocellaris Clownfish
Photographer Deddy Winarsono - Sumber Instagram @deddysw
Diberi nama Anemonefish dikarenakan sehari-harinya ikan ini bersimbiosis mutualisme dengan anemon. Clownfish adalah karnivora yang memakan sisa makanan anemon (misalnya potongan ikan) dan tentakel anemon yang sudah mati. Anemon memiliki tentakel berbisa untuk melindungi diri dari berbagai predator. Anemone menggunakan clownfish untuk menghilangkan tentakel mati dan meningkatkan sirkulasi air (gerakan cepat dari sirip meningkatkan aerasi air dan jumlah makanan yang tersedia). Clownfish kebal terhadap racun anemon dikarenakan memiliki lapisan tebal berupa lendir di seluruh permukaan tubuh. Sedangkan disebut sebagai Clownfish (ikan badut) dikarenakan memiliki warna dan corak yang bagus serta memiliki gaya percula clownfish.


Clarkii Clownfish
Photographer Deddy Winarsono - Sumber Instagram @deddysw
Percula clownfish adalah jenis tarian clownfish untuk memperkenalkan dirinya ke anemon yang biasanya dilakukan ketika clownfish memilih sebuah anemon menjadi rumahnya. Selain tentakel mati dan sisa makanan anemon, clownfish juga makan berbagai ganggang dan plankton. Meskipun anemon memberikan perlindungan terhadap predator, clownfish sering dimangsa oleh predator ikan yang lebih besar, seperti eel dan hiu.

Skunk Anemonefish
Photographer Rully Hendrawan - Sumber Instagram @ruhendrawan
Fakta menarik tentang clownfish adalah bahwa semua telur menetas sebagai pejantan. Ketika betina dalam sebuah kelompok mati, maka pejantan yang paling dominan akan mengalami perubahan jenis kelamin menjadi betina. Betina mampu bertelur beberapa ratus hingga ribuan telur (tergantung pada spesies) ketika bulan purnama. Telur ditempelkan di bebatuan. Clownfish jantan mengurus telur sampai menetas dengan masa inkubasi berlangsung antara 6 sampai 10 hari dan biasanya menetas 2 jam setelah senja. Hampir semua telur yang dibuahi akan menetas dan mencapai dewasa. Karena itu, jumlah clownfish tinggi dan populasi mereka stabil.

Clownfish dan Anemon Crabs
Photographer Steven Sutanto - Sumber Instagram @StevenSilvanoSutanto
Clownfish adalah hewan teritorial yang akan mempertahankan rumahnya (anemon) terhadap clownfish lainnya. Mereka memiliki gaya akan menyerang penyelam jika penyelam mencoba untuk mendekati anemon rumah mereka. Hal ini membuat clownfish mudah dipakai untuk obyek belajar fotografi bawah air bagi pemula dan selalu menjadi superstar pertama setiap peserta Dive Course di Surabaya yang baru pertama kali menyelam di laut karena seolah-olah ikan ini menyapa "Hi diver!".

Model Masud - Photographer Deddy Winarsono

Photographer Deddy Winarsono - Sumber Instagram @deddysw

Photographer Deddy Winarsono - Sumber Instagram @deddysw

Model Aldiansyah
Photographer Deddy Winarsono - Sumber Instagram @deddysw

Model Nanda Juwita
Photographer Deddy Winarsono - Sumber Instagram @deddysw

#BeDiver
Twitter Follow us @ScubaSby
Facebook Page Belajar Diving Surabaya 
Invite Us Pin BB 2A57D6F7

Jika artikel ini bermanfaat, silahkan isikan alamat email Anda untuk berlangganan artikel scubadivingsurabaya.com secara gratis melalui email :

0 comments:

Posting Komentar

Komentar anda akan dimoderasi oleh admin.