Minggu, 13 Maret 2016

Moray Eel Si Penggigit Jari Penyelam

Moray eel (belut moray) adalah salah satu penghuni dunia bawah laut yang paling sering ditemui oleh para Penyelam Scuba selain lionfish. Bentuknya seperti ular tetapi dia adalah ikan dan bukan reptile, masuk dalam golongan belut (eel). Ukurannya terbesar diantara eel laut panjangnya bisa hingga 4 meter. Ada 200 species moray eel di dunia ini mulai yang hidup di air tawar, air laut dan air payau dengan ukuran dan corak kulit yang bervariasi. Moray Eel lebih suka air hangat (perairan tropis) dan sering ditemukan di kedalaman dangkal, dekat terumbu karang dan jika siang hari sering bersembunyi di celah atau lubang batu karang atau goa kecil.

Moray Eel
Photographer Deddy Winarsono - Sumber : Instagram @deddysw
Cara bernafas si moray eel adalah dengan membuka dan menutup mulut untuk memindahkan air ke insang. Namun hal ini sering ditafsirkan salah oleh para penyelam sebagai perilaku untuk menghadapi ancaman ketika didekati mereka.

Moray Eel Polkadot
Photographer Deddy Winarsono - Sumber : Instagram @deddysw
Biarpun moray eel memiliki mata yang besar tapi kemampuan melihatnya buruk sehingga penyelam bisa mendekatinya hingga beberapa centimeter untuk menggambil foto secara close up. Termasuk ikan predator yang berburu mangsanya pada malam hari dengan mengandalkan indera penciuman untuk mencari ikan kecil, bangsa crustasea, octopus (gurita) and squid (cumi-cumi). Moray eel menghabiskan sebagian besar waktunya sembunyi di gua-gua dan celah-celah batu di dasar laut. Cara berburunya seperti predator penyergap yang menunggu mangsanya muncul. Tidak seperti belut lainnya, moray eel memiliki dua set gigi tajam. set pertama terletak di rahang dan lainnya di tenggorokan. Gigi yang terletak di tenggorokan digunakan untuk memecah makanan dan untuk pencernaan difasilitasi. Gigi miring ke dalam sehingga mampu menancap dan mencegah mangsa yang berkulit licin untuk melarikan diri. Salah satu predator sebagai penyeimbang populasi lionfish di sekitar tempat huninya.

Moray Eel
Photographer Deddy Winarsono - Sumber Instagram @deddysw
Moray eel termasuk predator puncak pada rantai makanan dunia bawah laut yang sering diburu oleh predator besar lainnya seperti hiu dan baracuda. Namun bukan termasuk ikan yang berbahaya bagi para penyelam scuba. Ada beberapa artikel di internet yang menceritakan bahwa moray eel adalah penggigit jari penyelam namun ini terjadi bila penyelam tersebut memberi makan dengan roti yang dijulurkan dengan tangan. Oleh karena itu untuk menghindari resiko tersebut sebaiknya tidak perlu melakukan aktifitas memberi mereka makan roti/lainya ketika menyelam. Mungkin faktor dari penglihatan yang buruk, penciuman yang tajam dan gaya memangsa dengan menyergap cepat menyebabkan moray eel sering meleset dari roti yang dipegang penyelam :)

Berikut ini adalah gambar hand signal yang digunakan untuk memberitahu penyelam lain jika anda menemukan moray eel sbb :
Hand Signal Moray Eel
#BeDiver 
Twitter Follow us @ScubaSby
Facebook Page Belajar Diving Surabaya 
Invite Us Pin BB 2A57D6F7

Jika artikel ini bermanfaat, silahkan isikan alamat email Anda untuk berlangganan artikel scubadivingsurabaya.com secara gratis melalui email :

0 comments:

Posting Komentar

Komentar anda akan dimoderasi oleh admin.