Kamis, 01 Juni 2017

6 Alasan Memiliki Dive Computer Sendiri

Tips untuk pemula - Pentingnya Dive Computer, apakah Anda adalah Certified Diver atau sedang mengikuti program PADI Open Water Diver Course dan saat ini anda membaca artikel ini karena sedang ingin mencari tahu tentang alat selam (dive gear) apa yang sebaiknya dimiliki lebih dahulu sebagai pemula? Jika Anda berada  dalam fase ini maka untuk pertama kalinya adalah katakan selamat kepada diri sendiri, Selamat Datang di kehidupan diver (diver life), kehidupan para petualang di dunia bawah air (underwater world). Anda tidak perlu heran, karena semua diver pemula yang di training dengan baik pasti berada di fase ini.

Ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan saat memutuskan memiliki peralatan selam sendiri atau menyewa saja di lokasi penyelaman (dive spot). Ada banyak keuntungan memiliki dive gears sendiri, tapi pertanyaan sebenarnya adalah "Apa yang harus di beli lebih dulu?". Jawaban yang terbaik adalah memiliki dive computer (atau biasa disebut dengan dive comp). Alasan utamanya untuk keamanan dan keselamatan diri dari resiko terkena decompression illness adalah hal yang paling utama (safety first) dalam penyelaman. Kami tahu dan paham bahwa dive comp adalah salah satu dive gear yang mahal untuk diinvestasikan, namun kami memiliki beberapa alasan tepat mengapa harus memiliki dive computer sendiri.

Dive Computer Untuk Pemula
Salah satu dive computer tipe wrist (jam tangan)
PERTAMA : Terbatas / Jarang disediakan
Banyak dive center di lokasi yang tidak menyewakan dive comp, kebanyakan mereka menyediakan semua dive gears tapi banyak yang tidak menyediakan dive comp. sehingga jumlah dive comp yang bisa disewa di lokasi sangat terbatas. Hal ini karena pada umumnya orang berpikiran bahwa kita tidak bisa diving tanpa dive gears tapi kita tetap bisa diving dengan dive gears lengkap tanpa dive comp. Kebanyakan dive comp disewakan oleh Dive Center dengan label PADI 5 stars standart dan pelayanan yang terbaik tentu biaya lebih mahal.

Saat ini makin banyak dive operator atau dive center bahkan dive master handal yang mulai mengharuskan diver tamunya menggunakan dive comp jika menggunakan jasa penyelaman mereka sehingga jangan sampai liburan diving Anda batal hanya dikarenakan tidak memakai dive comp. Jadi jika anda adalah diver pecinta jalur backpacker maka dive comp adalah dive gear pertama yang wajib dimiliki lebih dulu.

KEDUA : Akurasi NDL untuk Multilevel Diving
Perhitungan No Deco Limit (NDL) dengan dive comp jauh lebih akurat daripada dengan menggunakan dive table (RDP Table). Hal ini dikarenakan sulit untuk mencatat waktu dan kedalaman secara akurat dengan continue saat diving, sehingga membuat perhitungan NDL yang dilakukan ketika perencanaan menyelam (dive planning) dengan menggunakan dive table menjadi tidak sesuai. Dive Comp mencatat lama waktu di tiap kedalaman dari menit ke menit sehingga memberikan hasil perhitungan NDL atau No Stop Time secara lebih akurat.

Dive table hanya menghitung NDL di kedalaman yang terdalam saja. Artinya dive table mengasumsikan menyelam di kedalaman yang sama untuk keseluruhan penyelaman. Sehingga waktu penyelaman tanpa decompressi (bottom time) akan lebih lama jika melakukan multilevel diving dengan menggunakan dive comp. Kita bisa menyelam (dive time) selama lebih dari 60 menit (selama air supply mencukupi dan penyelam tidak kedinginan) dengan max depth hingga 20-25 meter sedangkan jika menggunakan dive table maka dive time hanya sekitar 30 menit saja.

KETIGA : Perencanaan Mudah dan Diving Aman
Kondisi cuaca panas dan banyak dive gear yang harus dipersiapkan, hingga medan yang berat dan bahkan butuh waktu cukup lama untuk foto-foto narsis di pantai bisa membuat kita lalai atau terburu-buru dalam perencanaan diving sehingga berpotensi menyebabkan kesalahan perhitungan (Human Error).

- No more dive table error on calculations -

Banyak diver mengalami kesulitan bagaimana menggunakan dive table. Dive comp mempermudah dan melakukan semua perhitungan waktu dan status penyelaman tanpa/dekompresi secara otomatis. Dive comp secara terus-menerus mencatat kedalaman, waktu menyelam dan menghitung waktu sisa NDL. Bahkan dive comp menghitung waktu decompression stop dan menentukan batas kedalamannya yang diperbolehkan jika diver secara tidak sengaja melewati batas waktu NDL yang diperbolehkan. Sehingga penggunaan dive comp ketika diving mempermudah kita mengambil keputusan jika terjadi perubahan profile penyelaman dari perencanaan yang telah dibuat sebelumnya.

Ketika di permukaan, dive comp menghitung waktu surface interval dan secara otomatis menghitung batas waktu NDL untuk disesuaikan pada penyelaman berikutnya (repetitive dives). Perhitungan ini semua dilakukan secara otomatis dan continue didasarkan pada profil penyelaman (dive profile) dari diver yang menggunakan dive comp tersebut.

KEEMPAT : Fitur Dive Comp Untuk Meningkatkan Standart Keamanan Diving

- Ascent rate indicator
Semua diver mempelajari prosedur naik kepermukaan (ascending) dengan kecepatan sekitar 18m/menit (ascent rates). Melebihi ascent rates yang telah ditentukan berpotensi menimbulkan decompression illness. Semua dive comp memiliki fitur ascent rate monitors dan alarm peringatan jika diver naik dengan kecepatan melebihi yang diperbolehkan. Ascent rate indicator adalah fitur yang sangat penting ketika melakukan ascending.

- Accurate depth/time recording
Salah satu tantangan terbesar yang dihadapi seorang penyelam adalah mencatat kedalaman dan waktu di kedalaman (bottom time) secara akurat. Kedalaman aktual (actual depth) dan waktu aktual (actual bottom time) sering dicatat secara tidak akurat. Ketidakakuratan ini membuat perhitungan dengan menggunakan dive table menjadi tidak akurat juga. Dive comp mencatat semuanya secara real time dan menyimpan dalam memory setiap profile penyelaman yang bisa kita review kapanpun setelah diving.

- Decompression Rates Automatically
Beberapa alasan yang sudah ditulis di atas, menggunakan dive comp ketika menyelam akan membuat penyelaman menjadi lebih aman jika digunakan dengan benar. Dive comp mengurangi  risiko kesalahan manusia yang mungkin terjadi di perhitungan manual dan bagi diver pemula dive comp menghilangkan ketergantungan dengan orang lain untuk melakukan perhitungan tersebut. NDL akan dihitung secara otomatis ketika diver berubah kedalaman, jika lebih dalam NDL akan berkurang secara otomatis dan jika lebih dangkal maka NDL akan bertambah secara otomatis juga. Dive comp bisa saja salah/error bahkan mati secara tiba-tiba ketika menyelam tapi jika Anda dan buddy masing-masing memiliki minimal 1 dive comp maka masalah itu hampir tidak perlu diperdebatkan. Anda berdua memiliki dive comp sehingga sangat kecil kemungkinan kedua dive comp tersebut salah/error pada saat bersamaan.

- No Flight Interval
Fitur ini memberikan informasi kepada diver kapan waktu tercepat bisa terbang naik pesawat atau pergi naik mobil ke dataran tinggi dari waktu selesai dive terakhir. Sehingga diver lebih mudah memprediksi dan memutuskan tiket pesawat yang aman di beli hari esoknya.

- Dive Mode Nitrox
Jika Anda adalah PADI Advanced Open Water Diver dan sedang belajar foto bawah air (Underwater Photography) akan lebih maksimal jika Anda mengambil nitrox diver course juga. Seorang AOW Diver atau Nitrox Diver sangat diharuskan memiliki dive comp sendiri.

Perhitungan dive comp menjadi lebih penting lagi untuk penyelaman dengan menggunakan nitrox. Kebanyakan dive comp sudah memiliki fitur "dive mode nitrox", sehingga diver dapat dengan cepat menghitung dan membandingkan persentase oksigen (O2) dengan batas kedalaman maksimum untuk penyelaman yang aman untuk dilakukan.

Semua diver yang mengambil nitrox diver course (EAN Diver Course) benar-benar paham bagaimana mudahnya melakukan perencanaan diving menggunakan nitrox dengan dive comp. Dive comp akan memberikan informasi batas maksimum kedalaman berdasarkan campuran nitrox yang digunakan dan secara otomatis akan menghasilkan perhitungan NDL. Pernahkah Anda melihat semua dive tabel yang dibutuhkan untuk menyelam dengan Nitrox? Jika Anda merasa dive table penyelaman rekreasi sudah membingungkan, maka sudah tidak perlu Anda browsing untuk mencari Nitrox Dive Table!

- Fitur Optional : Air - integration 
Fitur ini adalah fitur tambahan dive comp di kelas menengah hingga pro yang tujuannya untuk keamanan ganda (double safety) untuk mempermudah memonitor persediaan udara (air supply) di tangki scuba (scuba tank) ketika Anda menyelam. Tentunya fitur ini dibutuhkan alat tambahan yang dikenal dengan transmitter air supply yang di pasang di bagian 1st stage regulator (terjual terpisah dengan dive comp).

Biasanya diver memonitor tekanan udara tersisa dalam tabung menggunakan Submersible Pressure Gauge (atau di kenal dengan SPG). Kelemahannya adalah si diver harus aktif memonitor SPG, tapi dive comp dengan fitur ini akan memberikan alarm berupa suara atau lampu berkedip di dive comp bahkan transmitter paling modern memberikan signal lampu berkedip sehingga buddy di belakang kita juga tahu ketika sisa tekanan udara dalam tabung Anda tinggal setengah dari full (100 bar / 1500 PSI) atau hampir habis 50 bar / 500 PSI.

KELIMA : Dives Log
Semua dive comp baru yang dijual saat ini juga memiliki fitur memory/history profile penyelaman atau disebut dengan dive log. Profile penyelaman akan disimpan dalam memory dengan batasan 35 log hingga 100 log. Semuanya bisa dihubungkan dengan PC untuk di download informasi profile penyelaman sehingga bisa digunakan untuk menganalisa kebiasaan konsumsi udara Anda. Terdiri dari informasi tanggal, jam, kedalaman max yang dicapai, lama di tiap kedalaman, rata-rata kedalaman yang dilakukan, suhu air, lama menyelam, dan lama waktu surface interval. Informasi profile penyelaman bisa ditampilkan dalam mode angka ataupun grafik untuk mempermudah analisa.

KEENAM : Mudah dibawa dan Biaya terjangkau
Ukurannya kecil hanya sebesar jam tangan (tipe wrist) sehingga mudah dibawa, sudah bukan alasan ribet dan berat untuk dimiliki. Seiring dengan pesatnya perkembangan teknologi, sebenarnya harga dive comp saat ini terbilang sudah terjangkau, jauh dari harga 5-10 tahun dulu. Meskipun ada beberapa model yang masih cukup mahal karena brand yang sudah cukup terkenal, tapi kebutuhan dasarnya adalah yang bisa memberikan Anda informasi kedalaman dan informasi NDL untuk mode udara normal atau nitrox. Saat ini Anda sudah bisa mendapatkan dive comp baru yang modis dan memenuhi semua kebutuhan dasar yang tertulis di atas dengan harga mulai dari $250 atau sekitar 3 juta'an dengan mudah.

Words of Caution :
Dive comp tidak sempurna. Tujuan dive comp adalah untuk membantu diver agar tidak terlalu dibingungkan dengan perhitungan dalam perencanaan penyelaman tanpa dekompresi. Tetapi dive comp tidak bisa memperhitungkan faktor tambahan dari resiko Decompression Sickness (DCS) seperti kondisi fisiologi diver yaitu berat badan, usia, tingkat dehidrasi, dan mungkin kondisi lelah tubuh akibat pesta berlebihan di malam sebelumnya. Dive comp tidak mengetahui kondisi kesehatan tubuh si diver secara spesifik. Oleh karena itu, dive comp harus dilihat sebagai tidak lebih dari sebuah alat seperti dive gear yang lain. Diver harus mengerti bagaimana menggunakannya sebelum dipakai diving. Ikuti dive course yang memenuhi standart internasional seperti program PADI Diver Course di Surabaya. Pelajari dive tabel dengan benar, pahami sains di balik dive tabel tersebut dan  kemudian baru gunakan dive comp untuk membantu memfasilitasi penyelaman tanpa dekompresi dengan cara yang aman.

Rekomendasi :
Bagi saya pribadi, dive comp adalah bagian penting dari dive gear yang saya miliki dan menurut pendapat saya yang tidak begitu rendah hati, "sebenarnya tidak ada alasan seorang certified diver untuk tidak memiliki dive comp sendiri apapun license-nya. Pilihlah dive computer sesuai dengan kebutuhan dan budget Anda."

Are you diver? buy minimum one dive computer and let's rock in your first dive trip!!!

Artikel Lanjutan : Memilih dive computer pertama Anda!

#BeDiver
Twitter Follow us @ScubaSby
Facebook Page Belajar Diving Surabaya 
Instagram @ScubaDivingSurabaya

Jika artikel ini bermanfaat, silahkan isikan alamat email Anda untuk berlangganan artikel scubadivingsurabaya.com secara gratis melalui email :


0 comments:

Posting Komentar

Komentar anda akan dimoderasi oleh admin.