Senin, 05 Juni 2017

Panduan Memilih Dive Computer Pertama Untuk Pemula

Tips untuk pemula - Panduan untuk memilih dive computer pertama Anda. Jika anda adalah Certified Scuba Diver dan masih ragu untuk memiliki dive computer sendiri maka sebaiknya baca lebih dahulu artikel sebelumnya tentang 6 alasan memiliki dive computer sendiri. Artikel ini menjelaskan fitur apa saja yang menjadi kebutuhan utama bagi diver pemula atau yang sedang mengambil kursus diving.

Penulis mendefinisikan diver pemula adalah para certified diver yang baru lulus kursus diving berlisensi internasional yang setara dengan level PADI Open Water Diver atau yang akan mengambil jenjang berikutnya yaitu setara dengan PADI Advanced Open Water Diver atau yang pengalaman menyelam (dive log) masih di bawah 50 log.

Dive Comp Mares Smart 
Berikut ini adalah beberapa fitur utama yang harus ada untuk dive computer pertama Anda,

- Mudah Dibaca dan Mudah Digunakan Ketika Diving
Bagi Anda yang menggunakan kacamata baca atau silinder perlu memperhatikan kemudahan membaca angka di layar dive comp. Pastikan Anda bisa membaca angka dan tulisan yang tertera di layar dive comp dengan mudah dan jelas. Dive Comp yang cocok adalah yang model jam tangan (wrist) dengan layar besar contohnya seperti Suunto Zoop Novo dan Aqualung i300 atau yang setara.

- Ascent Rate Monitor
Kegunaan fitur ini adalah untuk menghindari bahaya resiko decompression sickness ketika proses naik kepermukaan (ascending). Naik kepermukaan dengan kecepatan melebihi ascent rates yang telah ditentukan berpotensi menimbulkan decompression sickness. Semua dive comp memiliki fitur ascent rate monitors dan alarm peringatan jika diver naik dengan kecepatan melebihi yang diperbolehkan. Dive comp yang direkomendasikan untuk diver pemula yang ada saat artikel ini ditulis seperti Suunto Zoop Novo, Aqualung i300, Mares Smart, Deepblue Cosmiq dan Suunto D4i Novo memiliki fitur Ascent Rate Monitor yang mudah untuk dibaca dan bekerja secara otomatis ketika diver naik kepermukaan.

- Nitrox 
Semua dive comp yang direkomendasikan saat artikel ini ditulis telah memiliki fitur mode Nitrox (Enriched Air Nitrox) dari 21% hingga 50% nitrox. Untuk keperluan recreational divers adalah cukup sampai 40% Nitrox saja. Ada beberapa dive comp yang menyediakan fitur 100% Nitrox dan campuran gas lainnya (gas blends) untuk diver profesional. Berikut ini adalah dive comp untuk pemula yang sudah dilengkapi dengan fitur Nitrox yaitu Suunto Zoop (Nitrox 50%), Mares Smart (Nitrox 99%), Aqualung i300 (Nitrox 50%), Deepblu Cosmiq (Nitrox 40%) dan Suunto D4i (Nitrox 50%).

- Dive Log 
Apakah anda memiliki logbook (buku dive log) dan pernah mengisi logbook? fitur dive log berfungsi sama dengan logbook. Dive comp akan menyimpan semua data dari profil penyelaman di dalam memory yang mampu mencatat sejumlah 25 log hingga 100 log lebih. Data dive log bisa di download ke laptop atau PC dengan menggunakan kabel data khusus (terjual terpisah dengan dive comp) untuk dianalisa lebih detail. Logbook tersedia pada Dive comp Suunto Zoop  (140 Jam), Mares Smart (35 jam), Aqualung i300 (24 jam), Deepblue Cosmiq (25 jam) dan Suunto D4i (35 jam dengan data transmitter hingga 140 logs tanpa data transmitter).

* Optional Fitur :
Ada 2 fitur tambahan yang bisa menjadi pertimbangan pembelian yaitu
- Mode Jam
Mode jam adalah layar dive comp akan menampilkan informasi waktu yaitu terdiri dari tanggal dan jam saat ini. Fitur ini sangat berguna ketika kita berpergian trip tidak perlu lagi membawa jam tangan biasa sebagai penunjuk waktu selama kita perjalanan. Ciri khas dari dive comp yang memiliki fitur ini adalah bentuknya modis dan kecil seperti jam tangan. Dive comp yang direkomendasikan untuk pemula dan memiliki mode jam adalah Deepblu Cosmiq, Mares Smart dan Suunto D4i Novo.

Dive comp yang tidak memiliki mode jam secara otomatis akan mati (turn off) jika tidak digunakan dan akan nyala lagi jika salah satu tombol di tekan atau secara otomatis akan menyala jika terkena air. Contohnya yaitu Dive Comp Suunto Zoop Novo dan Aqualung i300. Dive comp ini sebenernya sangat cocok untuk dive comp kedua atau dive comp backup, untuk lebih jelasnya bisa baca artikel lanjutan tentang 3 dive comp pilihan utama untuk pemula.

- Air-Integrated
Dive comp dengan fitur Air-Integrated adalah ketika menyelam dive comp bisa menampilkan sisa tekanan udara dalam tabung scuba dan dapat memprediksi lama waktu tersisa berdasarkan sisa tekanan udara, rata-rata konsumsi udara di kedalaman diver saat itu. Fitur ini baru bisa berfungsi jika Anda membeli transmitter (terjual terpisah) dan dipasang di regulator 1st stage di bagian High Pressure (HP) dan terkoneksi dengan dive comp menggunakan bluetooth. Contoh dive comp yang direkomendasikan dan memiliki fitur ini adalah Sunnto D4i Novo. Hal yang perlu dipastikan jika Anda membeli dive comp dengan fitur Air Integrated adalah
1. Anda memiliki budget tambahan untuk membeli transmitter.
2. Anda sudah memiliki regulator sendiri.
3. Regulator Anda memiliki lubang HP di 1st stage lebih dari 1.

- Pilihlah Dive Comp Sesuai Dengan Budget 
Banyak dive comp yang ditawarkan saat ini mulai dari yang barang baru dengan garansi resmi atau tanpa garansi hingga dive comp bekas. Mengingat dive comp adalah barang elektronik maka atas pertimbangan penggunaan untuk jangka panjang sebaiknya belilah dive comp baru dengan garansi resmi dan sesuai dengan budget Anda. Cek serial number dive comp yang akan dibeli ke distributor resmi sebelum membeli secara online. Semua dive comp yang disebut di artikel ini sudah sangat cocok untuk diver pemula bahkan bisa dipakai hingga menjadi diver profesional di jenjang Dive Master maupun hingga Scuba Instructor. Baca artikel berikutnya tentang 3 dive comp sebagai pilihan utama diver pemula.

Artikel Lanjutan : 3 Dive Computer Pilihan Utama Untuk Pemula

#BeDiver
Twitter Follow us @ScubaSby
Facebook Page Belajar Diving Surabaya 
Instagram @ScubaDivingSurabaya

Jika artikel ini bermanfaat, silahkan isikan alamat email Anda untuk berlangganan artikel scubadivingsurabaya.com secara gratis melalui email :

0 comments:

Posting Komentar

Komentar anda akan dimoderasi oleh admin.