Senin, 05 Juni 2017

3 Dive Computer Pilihan Utama Untuk Pemula

Tips Untuk Pemula - 3 Dive Computer Pilihan Utama Untuk Pemula terdiri dari Suunto Zoop Novo, Mares Smart dan Suunto D4i Novo yang tersedia dipasaran saat artikel ini ditulis. Jika Anda merasa masih ragu untuk berinvestasi membeli dive computer maka sebaiknya Anda membaca artikel sebelumnya tentang 6 alasan memiliki dive computer sendiri dan artikel lain panduan memilih dive computer untuk pemula akan menjelaskan beberapa fitur dasar yang penting untuk dive computer pertama Anda.

Rekomendasi PERTAMA adalah Suunto Zoop Novo, dive computer ini memiliki semua fitur dasar yang sudah dijelaskan pada artikel sebelumnya. Keunggulan dari dive computer ini adalah dari sisi warna-nya menarik ada hitam, orange, yellow, biru tusca dan hijau lime. Layar besar sehingga angka dan tulisan pada layar mudah dibaca, harga terjangkau kisaran 4 juta dan decompression model menggunakan algorithm the reduced gradient bubble model - Wienke (RGBM). Suunto Zoop Novo akan mati secara otomatis jika tidak digunakan pada rentang waktu tertentu sehingga lebih hemat batteray.

Suunto Zoop Novo
Suunto Zoop Novo juga bisa dipasang di rubber housing SPG merk suntoo sehingga jika suatu saat anda memutuskan membeli dive comp yang lebih canggih (D6i novo atau lainnya) maka suunto zoop novo lama Anda bisa di pasang di housing SPG menggantikan "depth meter" (lihat gambar Suunto Zoop dipasang di SPG). Cara ini akan menjadikan suunto zoop novo sebagai dive computer backup atau dive comp kedua.

Suunto Zoop dan SPG
Kekurangan dari suunto zoop novo adalah sebagai dive comp tipe wrist memiliki body yang relatif besar sehingga kurang nyaman untuk dipakai di pergelangan tangan bagi diver yang memiliki tangan yang relatif kecil. Dive comp ini sangat cocok untuk para pemula dengan budget dibawah 4,5 juta atau butuh kenyamanan dan kemudahan membaca dengan layar yang lebar.

Rekomendasi KEDUA adalah Mares Smart, dive computer ini juga memiliki semua fitur dasar yang telah dijelaskan pada artikel sebelumnya dengan decompression model menggunakan algoritma RGBM Mares - Wienke (10 tissues). Harga juga relatif sama dengan Suunto zoop novo yaitu kisaran 4 juta. Dive comp mares smart adalah tipe wrist (jam tangan) dengan ukuran body-nya relatif kecil seperti jam tangan digital dan secara otomatis akan berubah ke mode jam jika pada rentang tertentu tidak dipakai (tidak kena air dan tidak ada interaksi tombol).

Dive Comp Mares Smart - ScubaLab Best Buy 2014
Selain memiliki mode jam, dive comp ini memiliki 6 pilihan warna yang modis sehingga bisa Anda pakai sehari-hari selama dive trip. Dengan memiliki dive comp mares smart maka anda sudah tidak perlu lagi membawa jam tangan biasa ketika sedang berpergian dive trip, cukup menggunakan dive comp smart yang bisa berfungsi sebagai jam tangan dan ketika diving berubah menjadi dive comp secara otomatis.

Keunggulan dari fitur dasar yang paling berbeda dengan 2 dive comp merk suunto yang di rekomendasikan di artikel ini adalah Mares Smart memiliki fitur Nitrox dari 21% hingga 99% sehingga sangat cocok bagi Anda yang ingin membeli dive comp pertama yang bisa digunakan hingga ke jenjang profesional.

Biaya maintenance juga lebih murah dibanding 2 dive comp yang lainnya karena mudah untuk mengganti batteray-nya (CR-2450) sendiri tanpa harus melalui distributor resminya. Dive computer Mares Smart ini sangat cocok bagi Anda yang suka dive trip dengan backpacker, harga terjangkau, maintenance murah, model modis dan fitur dasar complete.

Rekomendasi KETIGA adalah Suunto D4i Novo. Dive computer ini adalah dive comp dengan model yang terkinian atau termodis. Tersedia pilihan 9 warna yang keren untuk gaya. Kelebihan utama pada fitur dasar dibandigkan 2 dive comp sebelumnya adalah jumlah dive log yang bisa mencatat hingga 140 jam. Decompression model dari Dive computer ini juga menggunakan algoritma RGBM - Wienke.

Dive Computer D4i Novo
Dive Computer D4i Novo Warna Terbaru
Dive comp Suunto D4i Novo memiliki fitur tambahan yang tidak dimiliki oleh 2 dive comp sebelumnya yaitu air-integrated seperti yang telah dijelaskan pada artikel sebelumnya (baca ulang 6 alasan memiliki dive computer sendiri). Namun untuk menggunakan fitur air-integrated ini ada alat tambahan yaitu transmitter (terjual terpisah) yang dipasang di 1st stage di regulator Anda (baca ulang panduan memilih dive computer pertama untuk pemula). Jadi untuk menggunakan fitur ini anda harus merogoh saku hingga sekitar 10 juta'an yaitu 7 juta'an untuk dive comp Suunto D4i Novo dan 3,5 juta untuk Suunto transmitter. Dive comp ini sangat cocok buat Anda yang menginginkan double safety untuk memonitor sisa tekanan udara dalam tabung.

Transmitter Suunto Terpasang di 1st Stage Regulator Apeks
#BeDiver
Twitter Follow us @ScubaSby
Facebook Page Belajar Diving Surabaya 
Instagram @ScubaDivingSurabaya

Jika artikel ini bermanfaat, silahkan isikan alamat email Anda untuk berlangganan artikel scubadivingsurabaya.com secara gratis melalui email :

0 comments:

Posting Komentar

Komentar anda akan dimoderasi oleh admin.