Senin, 31 Desember 2012

Aku Tidak Suka Menunggumu Buddy

Tips Dan Trip Diving - Tidak ada satu orang-pun yang suka bila disuruh menunggu, apalagi jika harus menunggu sambil mengambang dipermukaan laut sementara ombak mengombang-ambingkan tubuh kita. Buddy Anda bisa mual sebelum diving jika Anda terlalu lambat ketika melakukan persiapan menyelam. Jangan jadi orang seperti itu !!! Mungkin artikel ini sedikit membahas tentang etika diving.

Persiapan Sebelum Penyelaman
Ketika diving dari boat pastikan Anda telah mempersiapkan semua kebutuhan menyelam Anda sebelum Buddy Anda melakukan entry. Seringkali ketika naik boat, kita lupa mempersiapkan peralatan menyelam. Kita sibuk bercanda dan menikmati pemandangan perjalanan ke dive site tujuan. Memang sebenarnya ada kru kapal atau DM yang akan membantu mempersiapkan peralatan scuba (scuba gear) kita, tapi sebaiknya kita tetap harus melakukan cek ulang sendiri semua peralatan yang akan kita gunakan menyelam. Ingat orang lain bisa saja teledor dan itu manusiawi !!!

Keamanan penyelaman adalah tanggung jawab pribadi setiap diver. DM hanya membantu kita dalam mempersiapkan peralatan dan memandu perjalanan diving kita. Jangan menjadi penyelam yang naif dengan menyerahkan tanggung jawab keamanan penyelaman kita kepada DM atau Buddy kita.

Sering kali para diver mulai melakukan persiapan peralatan penyelaman ketika kapal sudah sampai di dive site tujuan. Sebaiknya jangan lakukan semua persiapan ketika salah satu diver sudah melakukan entry, karena hal itu akan membuat rekan kita yang sudah melakukan entry akan menunggu Anda sambil didera ombak. Oleh karena itu cicilah persiapan peralatan ketika boat dive sedang perjalanan menuju dive site tujuan.

Apa yang harus kita lakukan ketika sudah berada diatas kapal? 
Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa kita lakukan ketika berada diatas kapal sambil bercanda dan menikmati pemandangan. Point - point berikut ini tidak menyebutkan urutan langkah tapi mulailah dari yang bisa Anda lakukan sesuai dengan kondisi diatas kapal.
  1. Gunakan sunblock.
  2. Sesuaikan masker strap dengan kebutuhan hingga Anda merasa nyaman ketika menggunakan masker. Jangan terlalu kencang dan juga jangan terlalu longgar.
  3. Pasang snorkel di masker strap dan sesuaikan posisinya sehingga nyaman ketika Anda gunakan.
  4. Oleskan cairan anti-fog di kaca masker dan diamkan beberapa saat.
  5. Kedorkan fin-strap jika Anda menggunakan fin jenis open-heel.
  6. Cari mouthpiece regulator yang akan Anda gunakan, hirup udara hingga 10x dan pastikan Anda tidak pusing. Jika merasa pusing, mintalah ganti tabung ke DM bertugas membantu Anda.
  7. Jika ruang yang tersedia di kapal memungkinkan, Anda bisa cek pemasangan BCD, Regulator dan Tabung.
  8. Lakukan persiapan pada ekstra gear seperti kamera, pisau, dan peralatan ekstra lainnya.
Tolong jangan selalu menunggu dibantu oleh diver lain. Jadilah diver yang memiliki motivasi dan selalu berinisiatif untuk mempersiapkan diri sedini mungkin serta suka membantu buddy Anda. Jika Anda diving bersama saya dan selalu menunggu bantuan orang lain, mungkin 99% saya akan mendorong Anda langsung terjun dari atas kapal hahahahha... 

Salam Diver.

#BeDiver
Twitter Follow us @ScubaSby
Facebook Page Belajar Diving Surabaya 
Invite Us Pin BB 2A57D6F7

Jika artikel ini bermanfaat, silahkan isikan alamat email Anda untuk berlangganan artikel scubadivingsurabaya.com secara gratis melalui email :

0 comments:

Posting Komentar

Komentar anda akan dimoderasi oleh admin.