Rabu, 13 Februari 2013

Bahaya Akibat Tombol Inflator BCD Macet

Resiko Diving - Kendala mendadak bisa saja terjadi ketika menyelam dan tentunya jika permasalahan tersebut tiba-tiba terjadi maka sebagai penyelam berlisensi harus siap dengan teknik penanganannya. Pada artikel ini akan dijelaskan resiko diving yang mungkin terjadi akibat macetnya tombol inflator BCD ketika menyelam.

Hindari Tubuh Naik  Kepermukaan Dengan Cepat Tak Terkendali
Sering kali kita harus mengatur ulang bouyancy ketika sudah dikedalaman lebih dari 10m. Caranya adalah dengan menekan tombol inflator pada BCD untuk membuka katub sehingga udara didalam tabung akan mengalir ke dalam BCD. Penekanan tombol inflator harus dilakukan secara perlahan-lahan sehingga volume udara yang masuk ke BCD juga tidak langsung banyak. Bagaimana jika yang terjadi adalah tombol inflator macet (tidak kembali ke posisi semula setelah dipencet) sehingga udara mengalir ke BCD secara terus menerus? Maka yang terjadi adalah tubuh Anda akan naik kepermukaan dengan sangat cepat dan ini adalah situasi berbahaya yang beresiko tinggi.

Resiko berbahayanya adalah tubuh Anda akan naik dengan cepat dan tak terkendali seperti peluru torpedo. Naik kepermukaan dengan cepat bisa menyebabkan cedera akibat perubahan tekanan secara mendadak sehingga pembuluh darah bisa pecah akibat emboli udara.

Kemungkinan penyebab yang paling umum terjadinya tombol inflator BCD macet adalah dikarenakan perawatan BCD yang jelek. Tidak semua peralatan yang disediakan oleh dive operator dalam kondisi yang baik. Butiran garam, pasir atau lumpur mungkin saja masuk ketika penyelaman. Jika proses pencucian BCD tidak dilakukan dengan sempurna maka partikel-partikel tersebut bisa terakumulasi pada peer katub dan kemudian menyebabkan tombol jadi seret serta berpotensi macet.

Tombol Power Inflator
Pencegahannya adalah penyimpanan BCD ditempat yang bebas debu dan kotoran serta pencucian BCD secara bersih setelah digunakan menyelam. Cuci BCD dengan direndam air tawar untuk melarutkan kristal garam dan menghilangkan pasir, lumpur atau partikel kecil yang mungkin tersangkut di BCD. Ada beberapa alat tambahan untuk mempermudah mencuci bagian dalam BCD. Jika Anda menyewa BCD di dive operator, coba pencet berulang kali tombol inflator untuk memilih BCD. Pastikan tombol tersebut tidak seret dan mudah kembali ke posisi semula setelah Anda pencet.

Dump Valves BCD
Penanganan pertama jika terjadi masalah ini adalah lakukan pencegahan tubuh naik ke permukaan dengan cepat tak terkendali dengan cara tarik tali dump valve BCD untuk mengeluarkan udara yang masuk ke BCD secara berlebihan atau dengan berpegangan pada benda stationer seperti jangkar kapal atau batu karang. Kemudian lepas selang tekanan rendah (hose low pressure regulator) yang terhubung ke BCD. Hal ini akan lebih mudah dengan bantuan buddy Anda.

Lepas Selang Tekanan Rendah Sambil Menyelam
Lakukan simulasi skenario ini di kolam renang atau di perairan dangkal (kedalaman tidak lebih dari 5m) hingga Anda mampu langsung melepas selang tekanan rendah dengan cepat ketika menyelam secara mandiri.

#BeDiver
Twitter Follow us @ScubaSby
Facebook Page Belajar Diving Surabaya 
Invite Us Pin BB 2A57D6F7

Jika artikel ini bermanfaat, silahkan isikan alamat email Anda untuk berlangganan artikel scubadivingsurabaya.com secara gratis melalui email :

0 comments:

Posting Komentar

Komentar anda akan dimoderasi oleh admin.