Kamis, 14 Februari 2013

Inflator BCD Tidak Berfungsi

Resiko Diving - Pada artikel ini akan dibahas tentang skenario permasalahan tombol inflator pada BCD tidak berfungsi ketika diving. Penyebab permasalahan ini seringkali terjadi karena faktor ketidaktelitian penyelam pada tahap persiapan peralatan Scuba.


Resiko bahaya dari tidak berfungsi inflator BCD adalah Anda akan kehilangan kontrol bouyancy, dalam kondisi bouyancy negatif maka tubuh akan cenderung tenggelam dan memungkinkan penyelaman melebihi batas kedalaman yang aman (40m). Berbeda pada artikel sebelumnya tentang Bahaya Akibat Tombol Inlfator BCD Macet, resiko dari permasalahan ini tidak terlalu berbahaya namun jika penyelam tidak terbiasa dengan kondisi ini maka panik atau ketidaknyamanan ketika diving bisa meningkatkan potensi resiko cedera.

Beberapa penyebab yang paling banyak terjadi pada permasalahan ini sebagai berikut :
  1. Selang tekanan rendah regulator tidak terpasang dengan benar pada BCD.
  2. Kerusakan mekanik pada katub atau tombol inflator BCD.
  3. Kehabisan udara pada tabung.

Upaya untuk mencegah terjadinya permasalahan ini dari penyebab nomer 1 adalah penyelam dan buddy-nya masing-masing wajib saling mengecek kondisi peralatan dan kesempurnaan pemasangan peralatan Scuba sebelum menyelam. Jika kita menyelam dengan menyewa jasa dive operator sering kali perakitan alat dilakukan oleh Dive Master dan para Asistennya. Sebagai penyelam yang sudah berlisensi sebaiknya tetap melakukan prosedur tetap buddy system pengecekan alat yang sudah dipelajari ketika mengikuti kursus diving. Untuk menghindari penyebab nomer 2 adalah perawatan BCD secara berkala pada service center atau toko peralatan selam, pencucian bersih BCD dengan air tawar setelah kegiatan penyelaman, dan penyimpanan ditempat yang bersih (bebas debu).

Manual Inflator Pada BCD
Lalu bagaimana jika permasalahan ini terjadi ketika kita diving? Jika penyebabnya adalah nomer 1 maka langsung pasang selang tekanan rendah regulator pada inflator BCD maka problem solved. Jika inflator tidak berfungsi dikarenakan kerusakan mekanik katup inflator BCD, maka tiup BCD melalui "manual inflator" dengan menggunakan mulut.

Manual inflate mudah sekali bila dilakukan ketika dipermukaan, tetapi tentu saja kita perlu sedikit berlatih atau membiasakan diri ketika melakukannya sambil menyelam. Hal pertama yang perlu dilakukan adalah pertahankan kedalaman Anda. Kayuh fin dan sesuaikan kayuhan supaya tubuh tidak terus tenggelam. Jika penyelaman dilokasi yang berarus (horizontal currents) maka gunakan hook untuk menahan laju tubuh Anda akibat arus. Langkah kedua adalah isi udara ke dalam BCD dengan menggunakan manual inflator. Tarik nafas - tahan nafas - lepas mouthfish dari mulut - masukan lubang manual inflator kedalam mulut - tekan tombol "deflator" (bukan tombol inflator) - tiup dengan kuat sambil menekan tombol deflator - kemudian kembali gunakan mouthfish. Langkah terakhir adalah lakukan pengaturan bouyancy. Jika bouyancy masih terlalu negatif maka ulang langkah kedua.

Sekilas tampaknya mudah melakukan hal ini sambil berdiri di dasar laut yang berpasir namun bagaimana jika trouble diving ini terjadi ketika di dive spot lautan dalam (dasar laut tidak kelihatan dengan kedalaman > 40m) dan berarus? Lakukan simulasi skenario ini di kolam renang atau di perairan dangkal (kedalaman tidak lebih dari 5m) hingga Anda menguasai teknik pengaturan neutral bouyancy dengan manual inflator secara cepat.

#BeDiver
Twitter Follow us @ScubaSby
Facebook Page Belajar Diving Surabaya 
Invite Us Pin BB 2A57D6F7

Jika artikel ini bermanfaat, silahkan isikan alamat email Anda untuk berlangganan artikel scubadivingsurabaya.com secara gratis melalui email :

0 comments:

Posting Komentar

Komentar anda akan dimoderasi oleh admin.