Selasa, 22 November 2011

Teknik Entry Scuba Diving

Scuba Diving - Teknik entry scuba diving adalah salah satu teknik dasar yang harus dikuasai bagi anda yang ingin belajar diving. Tentu saja anda berpikir bagaimana caranya masuk ke dalam air dengan menggunakan alat selam? Ada 4 teknik dasar yang sering digunakan oleh para diver ketika masuk ke dalam air yaitu wading, seated, giant-stride dan back roll. Setiap teknik tersebut memiliki prosedur standar yang harus kita pelajari terlebih dahulu di kolam renang sebelum mencoba di perairan terbuka. Tujuan utama dari menggunakan teknik entry dalam scuba diving adalah masuk kedalam air dengan peralatan scuba secara mudah dan nyaman serta terhindar dari cedera atau kehilangan salah satu peralatan scuba ketika masuk kedalam air. Keempat teknik tersebut digunakan berdasarkan tempat anda memulai diving, apakah itu dari pantai, kapal boat, ataupun dari pesawat.

#1. Teknik Wading Entry
Teknik wading entry adalah teknik masuk kedalam air dengan berjalan dari tepi pantai. Sekilas tampak mudah menggunakan teknik ini, namun jangan lupa anda telah menggunakan peralatan scuba mulai dari BCD, regulator, tabung, masker diving, snorkel, fin dan pemberat. Pastikan seluruh peralatan scuba mulai dari BCD, regulator dan tabung telah terpasang pada tubuh anda dan berkerja dengan sempurna. Jangan lupa gunakan masker diving dan snorkel juga dengan benar. Isilah BCD dengan udara secukupnya untuk memastikan anda tetap mengapung ketika berjalan ke arah tengah laut. Jika anda menggunakan fin pastikan anda berjalan mundur ke arah tengah laut atau anda dapat menggunakan booties terlebih dahulu dan mengikatkan fin pada tali BCD anda. Berjalanlah perlahan-lahan ke arah tengah laut. Tidak usah takut jika tiba-tiba anda tenggelam. BCD akan menjaga anda tetap mengapung. Setelah anda berada ditengah laut dimana kaki anda sudah tidak menyentuh dasar laut, gunakan fin anda dan berenanglah ke arah tengah laut dengan menggunakan gaya back-turtle (seperti gaya punggung dengan tabung berada di bawah). Setelah mencapai koordinat yang tepat maka lepas snorkel anda dan ganti dengan mouthpiece anda. Pastikan semua alat selam anda tetap terpasang ditubuh anda dengan benar dan berfungsi dengan sempurna. Jika tidak ada masalah berilah kode clear kepada buddy anda dan mulailah kurangi udara dalam BCD supaya secara perlahan-lahan.

#2. Teknik Seated Entry
Teknik Seated Entry biasa dikenal dengan teknik masuk air dengan duduk. Teknik ini biasa digunakan ketika anda belajar diving di kolam renang atau ketika anda diving dengan awal entry dari kapal boat. Teknik ini sangat sederhana sekali yaitu dengan duduk di pinggir kolam/boat dengan kaki masuk air terlebih dahulu. Kemudian masuklah ke dalam air secara perlahan-lahan dengan menaruh tumpuan badan pada kedua tangan anda di tembok kolam atau pinggir boat. Setelah masuk kedalam air isilah BCD dengan udara secukupnya untuk memastikan anda tetap mengapung tanpa perlu mengayuhkan kaki. Pastikan semua alat scuba anda tetap terpasang ditubuh dengan benar dan berfungsi dengan sempurna. Jika tidak ada masalah berilah kode clear kepada buddy anda dan mulailah kurangi udara dalam BCD supaya secara perlahan-lahan.

#3. Teknik Giant Stride
Teknik giant stride yaitu masuk kedalam air dengan cara seperti melangkah mengawang diatas air. Teknik ini bisa digunakan ketika belajar diving di kolam renang atau penyelaman dari atas kapal boat maupun kapal pesiar dan dari atas pesawat terbang. Pastikan semua peralatan scuba telah terpasang di badan anda dengan dan berkerja dengan benar. Gunakan masker diving, mouthpieces dan fin. berdirilah di tepi kolam renang atau di kapal boat. Tangan kanan menekan masker untuk menghindari air masuk pada masker ketika anda menyentuh permukaan air. bila perlu gigitlah mouthpieces anda untuk mencegah ikut terlepas. Kepala menunduk melihat fin anda, cara untuk menghindari terlepasnya masker ketika anda menyentuh permukaan air. Tangan kiri memegang tabung dibelakang punggung. Kemudian kaki kanan melangkah ke atas air dan langsung tarik kaki kiri anda untuk sejajar dengan kaki kanan anda. Pastikan anda masuk dengan posisi berdiri dengan kedua kaki sejajar. Setelah anda masuk kedalam air tetap tenang dan kayuhlah kaki anda kepermukaan air. Kemudian isilah BCD dengan udara secukupnya untuk memastikan anda tetap mengapung. Kontrol dan cek semua peralatan scuba anda apakah tetap terpasang pada tubuh anda dengan benar dan tetap dapat berkerja dengan sempurna. Jika semua dalam kondisi baik maka berilah kode clear kepada buddy anda dan mulailah menyelam dengan mengurangi udara dalam BCD secara perlahan-lahan.

#4. Teknik Back-Roll Entry
Teknik back roll adalah teknik favorit yang sering digunakan para penyelam ketika menyelam dari atas kapal boat. Cara melakukan teknik ini adalah gunakan seluruh peralatan scuba dengan benar. Pasang masker dan mouthpieces anda. Duduk di tepi kolam atau kapal boat dengan membelakangi air. Seperti giant-stride, tangan kanan menekan masker untuk mencegah air masuk ke masker ketika anda menyentuh air, tangan kiri memegang tabung untuk mencegah tabung terlepas dari BCD dan kepala menunduk melihat fin. Setelah semua siap maka lemparkan kaki anda ke atas seperti anda melakukan gerakan koprol Pastikan tabung berada di bawah anda dan menyentuh permukaan air terlebihdahulu (pastikan kepala anda tetap menunduk) dan kaki tetap berada diatas. Setelah masuk kedalam air diamlah sejenak kemudian putarlah tubuh anda kesamping atau ke atas (seperti gerakan salto ke depan) untuk memposisikan kaki anda dibawah tubuh anda. kayuhlah kaki anda supaya anda kembali kepermukaan air. Isilah BCD dengan udara secukupnya untuk memastikan anda tetap mengapung tanpa mengayuhkan kaki. Kontrol dan cek semua peralatan scuba anda apakah tetap terpasang pada tubuh anda dengan benar dan tetap dapat berkerja dengan sempurna. Jika semua dalam kondisi baik maka berilah kode clear kepada buddy anda dan mulailah menyelam dengan mengurangi udara dalam BCD secara perlahan-lahan.

Masih banyak teknik-teknik entry yang dapat anda pelajari pada program Belajar Diving Surabaya maupun pada Program Kursus Diving Surabaya. Tentu saja sebelum mempraktekan teknik-teknik entry di perairan terbuka sebelumnya perlu dilakukan latihan khusus di kolam renang. Teknik entry mana yang harus anda pilih? Pilihlah teknik entry yang membuat anda nyaman.



Jika artikel ini bermanfaat, silahkan isikan alamat email Anda untuk berlangganan artikel scubadivingsurabaya.com secara gratis melalui email :


0 comments:

Posting Komentar

Komentar anda akan dimoderasi oleh admin.