Scuba Diving Surabaya - Apakah anda sedang mencari hobi baru yang menyenangkan? Kalau iya, jadikan Scuba Diving sebagai pertimbangkan pertama. Scuba Diving adalah salah satu cara yang aman untuk melihat dan mengenal dunia yang jarang dikunjungi yaitu dunia bawah air. Scuba diving mampu membuat anda dapat lebih dekat mengamati kehidupan di dunia bawah air seperti mimpi yang terwujud menjadi kenyataan.


Langkah pertama untuk menjadi seorang penyelam scuba (scuba diver) adalah mengikuti kursus diving untuk mendapatkan sertifikasi diving berstandart internasional (internasional diving license). Manfaat mengikuti kursus diving adalah untuk mendapatkan pelatihan terpadu sehingga mampu menghindari dan mengenali situasi yang  berbahaya. Banyak badan sertifikasi diving berstandart internasional, salah satu yang terkenal di Indonesia adalah CMAS yang dipegang oleh POSSI (Persatuan Olahraga Selam Seluruh Indonesia). Kursus diving dengan instruktur yang sudah berpengalaman puluhan tahun akan mengajari anda tentang bagaimana menjadi seorang penyelam scuba yang handal, serta bagaimana cara mengenali, dan menghindari, serta memecahkan masalah-masalah yang ada di bawah air. Program sertifikasi diving juga akan mengenalkan Anda dengan peralatan selam (scuba gear). Ada beberapa tingkatan untuk sertifikasi scuba diving (level of scuba diving certification), namun tidak perduli apakah anda seorang pemula atau seorang instruktur yang berpengalaman, yang pasti aktifitas menyelam di laut tetap akan memberikan pengalaman yang sangat berharga.

Beberapa peralatan selam standart yang diperlukan untuk penyelam scuba yaitu tabung udara, regulator, Buoyancy Compensator Device (BCD), pemberat, dan peralatan snorkeling. Biasanya barang-barang tersebut sudah tersedia untuk disewa di persewaan alat selam sekitar dive spot. Pastikan untuk memeriksa kondisi peralatan selam tersebut telah berjalan dengan baik sebelum melakukan penyelaman.

Untuk pakaian selam tergantung pada iklim wilayah dive spot, wetsuit adalah pilihan terbaik untuk pakaian selam di perairan laut hangat. Wetsuit berfungsi untuk memberikan perlindungan seluruh tubuh dari sengatan panas matahari, tertusuk batu karang yang tajam hingga kontak dengan organisme bawah laut yang beracun seperti bulu babi, ubur-ubur dan lain-lain. Pilihan pakaian selam lainnya adalah drysuit, biasanya digunakan untuk penyelaman di wilayah dive spot dengan iklim yang dingin dan membutuhkan pelatihan dan sertifikasi khusus untuk kegiatan penyelaman ini.

Scuba diving bisa menjadi pilihan hobi baru terutama bagi yang suka kegiatan wisata pantai sekaligus untuk mengisi liburan akhir pekan. Bagi anda yang tinggal di Surabaya dan sekitarnya dan belum bisa berenang, ada baiknya untuk mengikuti Program Belajar Diving Surabaya terlebih dahulu. Program ini berguna untuk pengenalan dunia scuba diving di kolam renang dan memastikan anda mampu menjadi seorang penyelam scuba. Setelah anda mengikuti program belajar diving pastikan juga langsung mengikuti Program Kursus Diving Surabaya untuk menjadi seorang penyelam scuba.