Senin, 27 Februari 2012

Tips Menyelam Dengan Jarak Pandang Yang Pendek

Tips dan Trik Diving - "Kehilangan Buddy" adalah permasalahan yang umun terjadi dan sering terjadi pada penyelam baru. Dalam kebanyakan kasus, sering kali disebabkan karena penyelam tidak sengaja memisahkan diri dari buddy dan kelompok penyelaman. Biasanya terpisahnya ini dikarenakan penyelam terpesona dengan keindahan pemandangan di bawah laut. Tapi kehilangan buddy bisa juga dikarenakan menyelam dengan visibilitas yang jelek di lokasi penyelaman sehingga menyebabkan susah untuk melacak posisi buddy. Jika menyelam di daerah dengan visibilitas terbatas, sebaiknya penyelam mengambil beberapa tindakan pencegahan ekstra untuk memastikan tidak kehilangan buddy.


Menyelam Dengan Berdampingan
Sebisa mungkin, setiap kali menyelam, cobalah untuk tetap berada di sebelah buddy adalah bagian dari prosedur buddy system. Ini adalah cara terbaik untuk menjaga jarak pandang dengan buddy sehingga dapat memudahkan komunikasi ketika penyelaman. Jika terjadi permasalahan di salah satu penyelam maka buddy-nya dapat dengan cepat mengetahui, membantu dan menangani dengan cepat.

Membuat Keributan Suara
Penyangkalan: tidak direkomendasikan untuk membuat kegaduhan suara dengan mengetuk-ngetuk tangki scuba atau membuat kegaduhan dari sumber suara yang lain. Mencari posisi penyelam dengan mengandalkan pendengaran untuk mencari lokasi sumber suara bukan suatu hal yang mudah ketika dibawah air. Selain itu kebisingan suara di bawah air juga akan mengganggu kehidupan dibawah laut juga, jadi cobalah untuk tidak panik dan tidak menggunakan metode ini untuk mencari buddy.

Menggunakan Cahaya Senter Selam
Senter selam adalah aksesori yang dipasang di BCD, dan sangat berguna tidak hanya pada penyelaman malam. Bahkan juga sangat berguna pada penyelaman siang hari di lokasi dengan visibilitas (jarak pandang) yang rendah seperti dikarenakan air keruh. Cahaya lampu senter selam juga dapat digunakan untuk membantu melihat obyek-obyek bawah air dan juga sebagai tanda yang sangat mencolok untuk buddy sehingga tetap perhatian pada posisi penyelam lainnya.

Saling Berpegangan Tangan
Dalam kasus yang parah yaitu menyelam di lokasi dengan visibilitas yang sangat rendah, saling berpegangan atau bergandengan tangan dengan buddy, atau menggunakan garis menyelam yang terbuat dari tali merupakan solusi terbaik. Pastikan jika menggunakan tali sebagai garis menyelam tidak terjerat atau terbelit hingga merusak terumbu karang atau biota laut lainnya. Namun sebaiknya tidak memancing timbulnya situasi darurat dengan tetap memaksa menyelam atau bertahan dalam air yang makin keruh. Ingat doktrin penyelam SCUBA, mengutamakan tanggung jawab keselamatan diri sendiri, teman penyelaman, dan menjaga kelestarian dunia bawah laut.

Prosedur Buddy System akan dipelajari ketika mengikuti Program Kursus Diving Surabaya dan bagi anda yang masih belum bisa renang tapi ingin sekedar mencoba bisa mengikuti Program Belajar Diving Surabaya.


Jika artikel ini bermanfaat, silahkan isikan alamat email Anda untuk berlangganan artikel scubadivingsurabaya.com secara gratis melalui email :


0 comments:

Posting Komentar

Komentar anda akan dimoderasi oleh admin.