Selasa, 25 September 2012

Belajar Diving Lebih Mudah Dari Belajar Berenang

Scuba Diving - Belajar diving tidak sesukar belajar berenang. Jika anda sudah pernah ikut kursus berenang, anda pasti tahu berapa lama waktu yang dibutuhkan orang untuk bisa berenang. Rata - rata orang bisa berenang setelah belajar sekitar 1 - 3 bulan dengan waktu pertemuan seminggu 1 - 2x tatap muka di kolam renang. Berapa lama waktu yang diperlukan untuk belajar diving? Anda bisa mempelajari dalam waktu 1  - 2 jam saja yaitu belajar teknik tenggelam dengan baik dan benar sehingga tidak menyebabkan rasa sakit di tubuh anda.

Trial Scuba Diving
Hal pertama yang perlu anda pahami ketika belajar diving adalah manusia tidak diciptakan untuk hidup di dalam air. Oleh karena itu diperlukan alat bantu khusus supaya bisa menyelam. Peralatan selam tersebut dikenal dengan sebutan dive gear yaitu terdiri dari BCD, regulator dan tabung udara serta snorkeler gear yang terdiri dari masker, snorkel dan fin untuk memudahkan penyelam bergerak di bawah air. Dengan kedua set peralatan tersebut orang bisa menyelam dengan aman.

Hal kedua yang perlu diketahui adalah ketika menyelam tubuh kita mendapat tekanan udara di bawah air sebesar 1 atm per kedalaman 10m. Pernahkah anda mencoba mengambil kacamata renang (google swim) di dasar kolam renang dengan kedalaman 2m? Telinga akan terasa seperti tersumbat (rasanya hampir sama seperti ketika naik pesawat). Hal tersebut dikarenakan tekanan udara di likungan luar tubuh kita lebih besar daripada di rongga telinga kita. Jika tekanan udara tersebut mendekati 0,5 atm maka telinga kita akan terasa sakit. Untuk menghindari rasa sakit tersebut, anda perlu melakukan teknik equalisasi. Penguasaan teknik equalisasi akan membuat penyelaman anda menjadi penuh kenyamanan.

Hal ketiga yang perlu dilakukan adalah tubuh kita tidak dirancang untuk menerima perubahan tekanan udara secara drastis sehingga berpotensi memunculkan resiko diving. Perubahan tekanan udara terjadi ketika kita turun tenggelam dan naik ke permukaan. Oleh karena itu ketika tenggelam sebaiknya dilakukan secara perlahan - lahan dengan diimbangi teknik equalisasi yang sempurna. Begitupun sebaliknya ketika naik kepermukaan juga harus secara bertahap dan perlahan - lahan bahkan ada istilah "jangan mendahului gelembung udara anda".

Hal keempat yang perlu dipelajari adalah ketika menyelam sering kali anda bermasalah dengan kaca masker mengembun atau masker kemasukan air. Permasalahan tersebut paling sering menyebabkan kepanikan bagi para pemula. Anda akan diajari teknik masker clearing yaitu teknik untuk menghilangkan embun kaca masker dengan cara memasukan air ke dalam masker dan mengeluarkan air kembali.

Hal kelima yang terpenting adalah mengendalikan kepanikan diri dengan tetap bernafas secara teratur (bernafas dengan irama normal) ketika mendapatkan masalah. Stay cool, keep breathing, thinking before act, do it slowly.

Kelima hal tersebut bisa anda pelajari hanya dalam waktu 1 - 2 jam saja. Mudah bukan belajar diving? Jika anda sudah penasaran, tunggu apalagi segera mulai belajar diving untuk memulai petualangan diving anda. Jika anda tinggal di Surabaya dan sekitar bisa join di Program Trial Diving di kolam renang atau langsung join Program Pasir Putih Situbondo Adventure dan dapatkan harga yang terjangkau untuk rombongan.


Jika artikel ini bermanfaat, silahkan isikan alamat email Anda untuk berlangganan artikel scubadivingsurabaya.com secara gratis melalui email :

0 comments:

Posting Komentar

Komentar anda akan dimoderasi oleh admin.