Kamis, 07 Juni 2012

Budget Menekuni Hobi Diving Untuk Pemula

Diver's Storyboard - Berawal dari percakapan Bowo dan Iwan pada artikel sebelumnya yang membahas tentang "Pertimbangan Ikut Sertifikasi Scuba Diving". Bowo mengatakan kepada Iwan bahwa biaya yang wajar untuk menjadi seorang scuba diver adalah 5 juta rupiah. Sebenarnya kalau boleh jujur, besarnya biaya untuk menjadi diver itu relatif terhadap besarnya motivasi tiap orang untuk menekuni hobi diving ini. Saat artikel ini ditulis, ada orang yang hanya butuh 2 juta rupiah bahkan ada yang freak membelanjakan uangnya hingga mencapai 17 juta rupiah ketika baru menekuni hobi diving. Lalu berapa budget untuk menekuni hobi diving yang cocok untuk pemula? Tidak ada angka pasti, yang jelas artikel ini hanya membahas apa saja biaya awal yang harus anda keluarkan untuk menekuni hobi diving.

Thinking About Scuba Diving
Biaya Pertama adalah segala biaya yang harus dikeluarkan untuk kebutuhan kursus diving hingga sertifikasi openwater. Beberapa dive center membedakan antara kursus diving dengan sertifikasi openwater. Dimanakah perbedaannya? Sebagian dive center menampilkan harga kursus diving yang exclude dengan biaya sertifikasi openwater. Ada juga yang memberikan harga kursus diving hingga sertifikasi openwater tapi exclude akomodasi peserta. Nah disinilah yang anda harus jeli ketika memilih dive center sebagai tempat kursus diving hingga sertifikasi openwater pertama anda. Simak berikut ini ya, untuk menjadi seorang scuba diver dengan lisensi diving internasional, peserta harus lengkap mengikuti 3 kegiatan yaitu class room, class pool dan class open water.

Class Room adalah sesi teori (Pengetahuan Akademik Penyelam) yang dilaksanakan di kelas atau ruangan. Lama waktunya juga beraneka macam ada yang 1 hari bahkan ada yang 3 hari. Beberapa hal yang perlu anda ketahui adalah berapa jam lama per sesi pertemuan, dimana lokasinya, dan apa fasilitasnya. Pada sesi class room ini pertimbangkan kenyamanan anda belajar. Ketika anda merasa nyaman maka materi akan mudah diterima dan diingat.

Class Pool adalah sesi latihan di kolam (Latihan Keterampilan Kolam). Semua teknik yang sudah jelaskan pada sesi class room akan dipraktek pada sesi class pool. Lama sesi class pool juga bermacam-macam, semakin banyak pertemuan class pool maka peserta akan semakin diuntungkan karena semakin banyak kesempatan untuk penguasaan teknik penyelaman. Penguasaan teknik penyelaman bukan hanya di level bisa saja, tapi sebaiknya peserta mampu melakukan teknik scuba diving dengan nyaman. Ingat kita tidak diciptakan untuk hidup di dalam air, karena itu kuasai segala teknik scuba diving hingga level terbiasa dan nyaman untuk melakukannya. Beberapa hal yang perlu anda perhatikan untuk class pool ini adalah biaya sudah termasuk tiket masuk kolam renang, peralatan selam untuk latihan (masker, snorke, fin, BCD, regulator, weigth belt dan tabung scuba), dan instruktur yang melatih. Jika ketiga hal ini ada yang tidak termasuk maka hitung berapa ekstra biaya yang harus anda keluarkan untuk memenuhi ketiga variabel tersebut selama mengikuti class pool.

Class Open Water adalah sesi latihan di perairan terbuka alias laut atau biasa dikenal dengan istilah sertifikasi open water. Anda langsung dilatih untuk menyelam pertama kali di laut hingga kedalaman 18 meter dengan didampingi penyelam dengan lisensi instruktur. Sesi ini yang menyebabkan beraneka macam perbedaan biaya sertifikasi. Tidak semua dive center membandrol harganya include dengan biaya akomodasi peserta dan kebutuhan peserta selama mengikuti class open water. Beberapa hal yang perlu anda ketahui terkait biaya untuk mengikuti class open water adalah :
  1. Apa biaya sudah termasuk penginapan di lokasi sesi class open water?
  2. Apa biaya sudah termasuk sewa alat di lokasi untuk class open water?
  3. Apa biaya sudah termasuk sewa tabung scuba untuk class open water?
  4. Apa biaya sudah termasuk sewa kapal untuk diving (boat entry)?
  5. Apa biaya sudah termasuk konsumsi selama sesi class open water?
  6. Berapa kali jumlah dive dan biaya apa saja yang dipengaruhi dari jumlah dive? 
  7. Dimana lokasi meeting point antara instruktur dengan para peserta?
  8. Apakah biaya sudah termasuk transportasi peserta ke meeting point?
Untuk mengetahui jawaban beberapa pertanyaan diatas dapat ditanyakan ke dive center masing-masing. Setiap dive center memiliki standar harga sendiri. Nah sekarang anda sudah bisa menghitung berapa biaya sebenarnya yang anda butuhkan untuk ikut kursus diving mulai dari class room, class pool hingga class open water untuk mendapatkan sertifikat internasional diving. Ingat hukum dagang bicara, "Beda Harga - Beda Fasilitas - Beda Layanan".


Biaya Kedua adalah untuk kebutuhan peralatan untuk menyelam. Dive center selalu menyediakan semua kebutuhan alat selama anda mengikuti kursus diving. Tetapi akan lebih baik jika peserta memiliki alat dasar yang terdiri dari masker, snorkel, fin dan wetsuit sendiri. Masing-masing orang memiliki kenyamanan dan kecocokan yang berbeda-beda terhadap keempat alat dasar ini. Contohnya model masker bergantung pada bentuk wajah, fin bergantung pada ukuran kaki dan wetsuit bergantung pada ukuran badan. Bahkan jika anda termasuk orang yang menggunakan kacamata dengan ukuran minus yang besar maka sebaiknya membeli masker sendiri dengan correction lens yang sesuai. Untuk masker, snorkel dan fin bisa didapatkan mulai dari harga 700 ribu hingga 3 juta rupiah (baca panduan membeli alat dasar dengan murah). Untuk harga wetsuit ada dikisaran 650 ribu hingga 3 juta rupiah Silahkan pilih yang sesuai dengan budget anda

Bagaimana dengan scuba gear/alat selam? Kalau anda termasuk orang yang memiliki budget lebih maka bisa juga langsung membeli satu set lengkap peralatan selam/scuba gear yang terdiri dari satu BCD, satu Regulator termasuk octopus, weight belt, tabung scuba dan dive comp. Untuk satu set BCD dan Regulator harga yang ada di pasaran berkisar 5 juta hingga 9 juta rupiah. Harga tabung dipasaran berkisar 2 juta hingga 3 juta rupiah. Harga weight belt atau sabuk pemberat dipasaran berkisar 50 ribu per kilogram (minimal 10% berat tubuh penyelam). Sedangkan terakhir untuk harga dive comp dipasaran ada di kisaran 2,5 juta hingga 6 juta rupiah. Semuanya tergantung tipe dan merk alat tersebut.

Lalu apakah untuk pemula harus memiliki semua peralatan selam tersebut? Jawaban terideal adalah sebagai diver newbie (penyelam pemula) sebaiknya minimal memiliki satu set peralatan dasar terlebih dahulu (masker, snorkel, dan fin). Alat dasar ini akan membantu anda berlatih selama pra maupun pasca class open water. Alat ini akan berguna untuk berlatih ketrampilan dasar di kolam renang secara mandiri. Bagaimana jika dana masih terbatas dan hanya untuk sertifikasi diving saja? tidak ada masalah untuk menunda membeli satupun peralatan selam karena di dive spot selalu ada yang menyewakan semua jenis peralatan dasar dan peralatan selam. Harga sewa alat dasar di dive spot berkisar 50 ribu hingga 150 ribu. Sedangkan harga sewa alat selam di dive spot berkisar 150 ribu hingga 300 ribu. Harga tersebut ada yang hitungannya per dive atau ada juga yang hitungannya per hari (2-3 dive), tergantung kebiasaan di dive spot masing-masing.


Biaya Ketiga adalah biaya trip terdekat dari kota anda. Setelah anda dinyatakan lulus kursus diving dan mendapatkan international diving license maka pertanyaan selanjutnya adalah "Mau menyelam dimana selanjutnya?" Semua orang pasti langsung segera ingin diving lagi. Persiapkan anggaran untuk dive trip pertama anda setelah menjadi Scuba Diver.

Nah dari uraian diatas tentunya anda sudah bisa menyimpulkan sendiri alasan dari si Bowo mengatakan kepada Iwan bahwa 5 juta adalah angka yang wajar untuk menjadi seorang diver. Hitung dengan cermat berapa budget yang harus anda siapkan untuk menjadi seorang Scuba Diver Indonesia. Jika pendapatan anda saat ini masih terbatas maka kuatkan tekad dan tumbuhkan motivasi untuk menjadi seorang scuba diver. Hobi bukanlah beban hidup tapi hobi adalah motivasi hidup untuk menjadi lebih baik.

Bagi anda yang sudah memiliki tekad kuat untuk menjadi seorang scuba diver indonesia bisa langsung ikut program kursus diving hingga sertifikasi openwater (all in). Jika anda masih merasa belum cukup kuat motivasi dan tekad yang ada saat ini maka ikutilah program belajar diving terlebih dahulu untuk merasakan sensasi menjadi seorang scuba diver. Salam Diver!!!


Jika artikel ini bermanfaat, silahkan isikan alamat email Anda untuk berlangganan artikel scubadivingsurabaya.com secara gratis melalui email :


0 comments:

Poskan Komentar

Komentar anda akan dimoderasi oleh admin.